19 Kata atau Istilah yang Paling Sensitif untuk Para Fans KPOP

Posted on
  1. Plagiarism/ Plagiat/ Penjiplakan/ Copy/ Ikut-ikutan
plagiat kpop, kpop plagiarism, kpop copy
Via: https://www.youtube.com/watch?v=4JrOnnst1X4

Plagiarisme dalam karya memang jadi perkara besar , penting, nan serius. Masalahnya, fenomena ini berkaitan erat dengan hak cipta. Karya yang populer dan laris manis bisa sangat ternoda apabila diterpa isu plagiat, lebih lagi kalau isu tersebut disertai bukti yang kuat dan absah. Idol bisa terancam kehilangan kepercayaan. Penjiplakan sendiri bisa dialamatkan karena adanya kesamaan atau kemiripan kostum, konsep, nada, video klip, isi lirik, dsb.

  1. Sasaeng
sasaeng, sasaeng fans, sasaeng adalah, sasaeng korea adalah
Via: blog.kpopchart.net

Singkatnya, sasaeng adalah fans yang terlalu terobsesi. Mereka bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan perhatian idola, atau untuk mengetahui sisi terdalam pujaannya. Ada yang sampai stalking tempat tinggal idola, tidur di depan pintu gerbang dorm atau asrama idola, nge-hack akun medsos idola, membuntuti ke mana pun idola pergi, dan melakukan aksi lain yang terlalu menerobos privasi, sehingga idolanya sendiri merasa terganggu dan takut.

Ulah mereka kadang berimbas pada penggemar lainnya. Pihak manajemen bisa jadi menambah personil bodyguard-nya, melarang fans untuk mengirim paket atau surat, mempersulit keinginan fans untuk poto bareng atau meminta tanda tangan, dsb.

  1. Military Service/ Wajib Militer
wamil kpop, wajib militer adalah, artis kpop wajib militer
Via: Hellokpop.com

Oppa yang sudah memenuhi syarat memang harus melaksanakan wamil alias wajib militer. Kewajiban Korsel ini ‘memaksa’ mereka harus berpisah dengan gemerlapnya dunia hiburan selama 2 sampai 2,5 tahunan. Mereka harus fokus. Fans pun pasti terkena dampaknya. Apa lagi kalau bukan kangen berat?

  1. Ideal type
ideal type adalah, kpop ideal type
Via: Soompi.com

Kalau ada judul berita tentang ideal type atau tipe idealnya para idola, fans pasti tak mau ketinggalan. Mereka sangat kepo akan kategori atau kriteria yang disukai idola favoritnya. Bagi mereka, info ini sangat penting.

  1. Role Model
role model, role models, role model kpop, role model rookie korea
Via: koreaboo.com

Penggemar akan memasang telinga ketika idola ditanya soal role model atau sosok yang menjadi panutannya. Mereka kerap penasaran, siapa figur berpengaruh di balik sepak terjang idolanya sendiri. Kalau kebetulan role model-nya adalah idolanya juga, penggemar pasti langsung ceria.

  1. All-Kill
all kill adalah, apa itu all kill, all kill kpop adalah, arti all kill, makna all kill
Via: sbs.com.au

Fenomena keren yang satu ini pasti menyita banyak pihak. All-Kill sendiri terjadi kalau lagu atau album idol bertengger di puncak tangga lagu Korea ternama. Sebut saja MelOn, Mnet, Genie, Bugs, dan Soribada.

  1. Triple crown
triple crowns, triple crowns kpop, triple crowns adalah, arti triple crowns
Via: allkpop.com

Selain All-Kill, istilah ini juga menunjukkan prestasi dan popularits idol beserta karyanya. Dengan mendapatkan triple-crown, berarti karya itu sukses menjadi ranking #1 di tiga acara musik terkemuka Korea. Acara itu tak lain adalah Music Bank, MCountdown, dan Inkigayo. Kalau ada yang berhasil merebut gelar ini, biasanya mereka tak lagi dipandang sebagai rookie, junior, atau newbie lagi. Posisi mereka seakan langsung sejajar dengan para seniornya.

  1. The Daesang Award
daesang, daesang adalah, exo daesang, exo menang daesang, arti daesang
Via: Allkpop.com

Salah-satu impian mayoritas idols pasti ingin menggenggam penghargaan Daesang. Bagaimana pun, Daesang menjadi pencapaian tertinggi bagi seorang penyanyi atau grup musisi. Daesang memang fokus pada pencapaian karya yang terjual, baik itu digital atau fisik. Daesang ini biasa dianugerahkan dalam ajang Seoul Music Awards dan Golden Disk Awards.

  1. Gayo
gayo, gayo adalah, gayo kpop, arti gayo
Via: Soompi.com

Tiga perusahaan broadcasting atau penyiaran Korea, KBS-SBS-MBC, akan mengadakan acara khusus akhir tahun yang sama-sama menggunakan istilah Gayo. Ada KBS Gayo Daechukje, SBS Gayo Daejun, dan ada juga MBC Gayo Daejejun. Acara ini biasanya mengundang antuasiasme penggemar. Setiap pertunjukan kerap menyajikan performa yang spesial. Misalnya dengan menghadirkan kolaborasi yang tidak disangka-sangka atau yang langka.

  1. KCON
kcon, kcon adalah, kcon 2017, kcon 2017 australia
Via: koreaboo.com

Acara tahunan ini sangat menjungjung konvensi musik dan budaya khusus Korea yang digelar di luar negeri Korea, dan biasanya diadakan tiap summer atau musim panas. Begitu ada agenda KCON, maka para idols akan berbondong-bondong terbang dari Seoul ke tempat acara. Berbagai kegiatan menarik pun digelar, dan tentu fans sangat menanti-nanti momen ini.

Hmm… sepertinya masih banyak kata atau istilah sensitif lain yang terlewat, ya. 19 Kata atau Istilah yang Paling Sensitif untuk Para Fans KPOP. #RD

6 thoughts on “19 Kata atau Istilah yang Paling Sensitif untuk Para Fans KPOP

  1. Saya bukan penggemar KPOP yg sampai ngefans banget gtu.
    Cuma suka merhatiin kalau lagi nonton tipi.
    Hehe, iya sih ya bener jg, kalau tau artikel2 dgn judul kyk gtu biasanya penggemarnya langsung ngeh 😀

    1. Kita mirip, Mbak, fans yang musiman. Hehe…
      Nah begitulah, ada beberapa kata atau istilah yang bikin fans langsung “terpicu” untuk mencari tahu. Hehehe

    1. “fans Kpop pada gampang baperan…” hmm bisa jadi ide tulisan nih, Mas Imam. 😀
      Kalau yang sajaegi itu lebih ke main curang agar artis Koreanya mendadak ngehits. Misalnya dengan memborong karyanya sendiri, menyuap penyelenggara tangga lagu, atau “kenakalan” lain yang bikin dia cepat melejit. Kurang lebih begitu.. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =