5 Alasan Utama Kenapa Fans Kpop atau Drama Korea itu Rentan Baper

Posted on
alasan kenapa fans kpop itu rentan baper, fans kpop, fans kpop alay, fakta anak kpop, fans wanna one, fans kpop berlebihan, fangirl wanna one, wanna one indonesia
Via: @WannaOne_twt

Ada yang berani meremehkan fans Kpop atau drama Korea?

Bagi yang belum tahu Kpop atau hiburan Korea sama-sekali, kamu pasti akan sedikit risih dengan tingkah para penggemarnya.  Sebagian memandang kalau mereka itu lebay atau berlebihan.

Sebagaimana yang kita tahu, Kpop atau drama-film Korea memang sudah mendunia. Tak perlu jauh ke luar negeri, orang-orang Indonesia juga doyan dengan segala hal berbau Korea. Entah dunia musiknya, drama atau filmnya, bahasanya, budayanya, makanannya, dsb.

Fans Kpop itu bukan sekadar orang-orang yang memakai wallpaper idolanya, menjadi followers media sosialnya, berteriak histeris ketika melihat wajah idolnya, dsb. Lebih dari itu.

fans bts, fans bts muslim, bts selfie dengan fans, fans kpop mudah baper, fans kpop rentan baper, fakta anak kpop
Via: @owlnuna

Kita mungkin sampai mendengar kabar tentang harga tiket pertunjukan artis Korea yang sangat mahal tapi tetap ditebus, tentang fans yang mengoleksi segala benda yang berkaitan dengan idolanya (album + photocard, lightstick, majalah, poster, sarung bantal, produk kecantikan, animasi emoticon, kaus, jaket, dsb), tentang fans yang mengorbankan kuota internet demi streaming video klip terbaru idolanya agar views di Youtube terus naik, atau tentang fans yang menjelma menjadi sasaeng karena sudah melakukan hal-hal gila demi di-notice oleh idolanya, dsb. Ada yang sampai stalking ke asramanya, ngehack akun medsosnya, terus menelponnya, mengirimkan (maaf) darah haidh-nya, dsb.

[Baca Juga: 8 Cara Supaya Kita Tidak Kepo atau Tergoda untuk Stalking Orang Lain]

Padahal fans Kpop atau drama itu rentang baper, loh. Daku menyadari hal ini setelah salah-satu pembaca blog, Mas Imam, menyatakannya via kolom komentar. Terima kasih sudah menjadi inspirasi di balik lahirnya postingan ini ya, Mas.

Nah, kenapa bisa baper begitu? Berikut ini alasannya, jom!

  1. Berharap Terlalu Tinggi/ Mengkhayal Terlalu Jauh/ Delusi/ Delusional
meme bts, meme bts lucu, fangirl bts, alasan kenapa fans kpop itu rentan baper, fans kpop, fans kpop alay, fakta anak kpop, fans wanna one, fans kpop berlebihan,
Via: Pinterest

Sejauh ini, kita tak dilarang untuk berharap dan berkhayal. Namun kita patut hati-hati, sebab harapan yang terlampau tinggi atau delusional justru bisa menyiksa diri. Lebih lagi ketika harapan dan khayalan itu memiliki kemungkinan terwujud yang amat sangat kecil. Hal ini yang kerap menjadi pemicu bapernya para fans Kpop.

Sudah jadi rahasia umum kalau fans Kpop berharap idolanya itu single abadi, tidak pernah digosipkan dengan siapa pun, idolanya itu tak pernah hiatus dan berkarya sepanjang masa, idolanya itu tidak menua, karya idolanya itu all-kill selamanya, idolanya terus menerima penghargaan, bisa menjadi pacar idola, menikah dan berkeluarga dengan idola, idola menjalin hubungan spesial dengan orang yang kita inginkan, berharap agar fanfics kesukaan bisa jadi kenyataan,  dsb.

Semua harapan itu memang indah. Tetapi mohon maaf, ekspektasi seringkali tak sejalan dengan realita.

Well, kalau sejauh ini ada kemungkinan untuk bertemu, mungkin ada beberapa harapan kecil dan sederhana yang bisa terwujud. Misalnya harapan untuk bertatap muka langsung, bersalaman, mencubit pipinya, selfie dengannya, dsb. Itu pun kalau kita ada rencana ke Korea Selatan, menghadiri fan meeting, datang ke konser dengan tikel super spesial, dsb.

[Baca Juga: 19 Kata atau Istilah yang Paling Sensitif untuk Para Fans KPOP]

  1. Terlalu Peka atau Perasa
mina aoa fan meeting, mina aoa menangis, kpop menangis, fans kpop menangis, fakta fans kpop, terobsesi kpop, fans kpop berlebihan
Via: netizenbuzz.blogspot.com

Poin yang satu ini rentan dirasakan oleh para fangirls. Kalau cewek sudah ngefans atau kagum sama idol, biasanya mereka akan total mengekspresikan segenap perasaannya. Mereka akan menumpahkan wujud cintanya pada sang idola, sampai rela “amnesia” untuk menumpahkan cinta pada dirinya sendiri.

Mereka akan mudah marah dan sakit hati maksimal jika idolanya mengalami kejadian nahas. Misalnya kecelakaan, diperlakukan tidak adil oleh agensi, karyanya flop alias kurang laris, dikritisi atau dihujat haters, dilaporkan seseorang, dsb. Bisa jadi mereka akan nangis sesenggukan. Mereka juga tak akan segan-segan berubah menjadi “monster” yang menabuhkan peperangan, walau itu di dunia maya.

  1. Terlalu Percaya/ Mudah Terperangkap Rayuan Gombal
hyungwon, hyungwon monsta x, hyungwon menangis, hyungwon sad, fans kpop menangis, fakta fans kpop, terobsesi kpop, fans kpop berlebihan
Via: Kpopmap.com

Sudah berapa idola yang mengatakan ‘boyband atau girlband ini untuk selamanya’, atau  ‘kami mencintai kalian dan tak meninggalkan kalian’. Lalu pada akhirnya beberapa dari member mereka mulai ke luar, tidak melanjutkan kontrak, atau justru grupnya sendiri malah disband alias bubar. Mereka seakan lupa pernah menyatakan janji manis untuk terus bersama-sama. Padahal semua ‘rayuan’ itu sempat sukses besar membuat fans luluh klepek-klepek.

Fans pun harus menanggung rasa kecewa mendalam, sebab sudah begitu mudah percaya atas apa pun janji madu yang disampaikan. Mereka dibutakan oleh rasa suka, cinta, dan kagum terhadap idolanya. Padahal ketika petaka itu terjadi, mereka butuh waktu lama untuk move on dan legawa pada kenyataan yang ada.

  1. Cemburu Buta
sasaeng, sasaeng fans, sasaeng fans bts, sasaeng itu apa, sasaeng adalah, terobsesi kpop, fans kpop alay, fans kpop berlebihan
Via: seoulbeats.com

Dari segi status, idola bukanlah kekasih atau pasangan resmi kita. Kita hanya cemburu sebagai fans. Tetapi itu pun sakitnya tak terkira. Tidak berdarah tapi nyelekit juga.

Misalnya ketika idola “tidak memberi kabar” dengan jarang update status atau postingan di medsos, kita langsung berpikiran kalau mereka sedang sibuk pacaran diam-diam. Ketika idola digosipkan dengan orang lain, kita tegas menyatakan tidak terima dan berharap semua itu hoax belaka.

Ketika idola melakukan kissing scene atau adegan mesra di video klip, photoshoot, dan drama, kita harus rela merasakan momen patah hati. Ketika idola berpoto dengan orang lain, kita langsung menudingnya sudah mengkhianati perasaan penggemar. Ketika fans lain berhasil swafoto dengan idola, darah kita mendadak mendidih. Banyak momen yang bisa membangkitkan kecemburuan berlebihan fans.

  1. Sangat Terobsesi
taeyeon, fans taeyeon indonesia, obsesi fans kpop, fans kpop terlalu terobsesi, fakta fans kpop, terobsesi kpop, fans kpop berlebihan
Via: pbs.twimg.com/media/DHczS2yVYAEhrna.jpg

Kalau sudah terobsesi memang parah. Siang, malam, ketika sedang belajar, sedang bersama teman, pokoknya dalam keadaan apa pun, pikiran kita akan tetap bertengger ke idola. Kita memikirkan mereka sedang apa, bersama siapa, sudah istirahat atau belum, dsb. Padahal jangan nama, eksistensi kita di dunia pun tak benar-benar diketahui oleh sang idola. Huft!

Saking terobsesinya… ada fans yang berusaha meniru apa pun gaya idola, mengoleksi poto atau videonya sampai memori smartphone jadi padat, rela kesiangan bahkan bolos demi menonton VLive atau momen dirilisnya karya terbaru idola, membuntutinya sampai ke mana pun, mengirim ancaman pembunuhan dan bom agar idolanya tak pernah pacaran dengan siapa pun, menyakiti diri sendiri karena idola sudah mengkonfirmasi hubungannya dengan yang lain, dsb.

Intinya para fans Kpop atau drama harus melakukan upaya ekstra untuk melindungi hati dari rasa sakit dan kecewa. Salah-satu tips ampuhnya; jangan keterlaluan.

Latih diri sendiri untuk tidak terlalu berharap/ mengkhayal, segala sesuatunya tak perlu langsung dijejalkan ke dalam hati, tak apa tak percaya 100%, jangan sampai cemburu berlebihan, dan lakukan upaya agar tidak terobsesi. 5 Alasan Utama Kenapa Fans Kpop atau Drama Korea itu Rentan Baper. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =