Broken Home Bisa Memberi Dampak Bagi Anak Dengan 7 Cara Ini

Posted on
kasus bunuh diri anak smp, kasus anak broken home, anak broken home bunuh diri, dampak broken home, dampak broken home menurut para ahli, kondisi psikologis anak broken home, sifat anak broken home
Via: Sindonews
anak broken home smp jombang bunuh diri, kasus anak broken home, anak broken home bunuh diri, dampak broken home, dampak broken home menurut para ahli, kondisi psikologis anak broken home, sifat anak broken home
Via: Detik.com

 

Adakah yang penasaran; apakah anak broken home itu kurang kasih sayang? rentan sakit dan depresi? benci terhadap kedua orang tuanya sendiri? Tidak percaya keberadaan cinta sejati? tertutup? prestasinya anjlok? mudah frustasi? agamanya dangkal?

~

Kemarin-kemarin kita (lagi-lagi) dikejutkan oleh kasus anak broken home yang bunuh diri. Daku ambil dua kasus, cowok dan cewek yang sama-sama masih SMA, dan sama-sama mengakhiri hidup dengan cara gantung diri. Kasihan sekaligus ngeri.

Entah iblis mana yang merasuki mereka, sampai-sampai bisa nekad begitu. Mereka menewaskan diri sendiri, menghabisi masa depan, dan membunuh perasaan serta harapan orang-orang yang ditinggalkan. Semoga semua ini tak akan pernah terulang.

[Baca Juga: Tahan! Bunuh Dirinya Besok Saja, Ya!]

~

broken home, broken home indonesia, catatan anak broken home, diary anak broken home, dampak broken home, dampak broken home menurut para ahli, dampak broken home bagi kejiwaan anak
Via: istockphoto.com

Oh, broken home memang memberi dampak dan pengaruh yang sangat besar terhadap siapa pun, baik orang tua maupun pihak anak.

Ceritanya ada thread Reddit yang melemparkan 1 pertanyaan; khusus anak broken home, gimana sih caranya kok perceraian atau kondisi rumah itu bisa memengaruhi kamu dalam jangka panjang?

Kemudian banyak partisipan yang memberikan jawaban. Jom!

1.    Sempat Terjebak dalam Permainan “The Blame Game”

broken home, catatan hati anak broken home, anak broken home's notes, curahan hati anak broken home, kata kata anak broken home, isi hati anak broken home
Via: dailystar.co.uk

Ada perubahan besar dalam hidupmu pasca keadaan keluarga jadi berantakan. Hal ini membuat kamu jadi nge-blame atau menyalahkan apa pun dan siapa pun. Kamu menyalahkan ayah, ibu, kehidupan, atau mungkin Tuhan YME, atas segala kesemrawutan yang terjadi.

Kamu jadi sosok yang bengal, pembangkang, dan tidak bertanggung-jawab. Tetapi kamu merasa berhak, sebab yakin kalau semua ini bukan salahmu, melainkan salah keadaan yang menimpamu. Kemu benar-benar menjerumuskan dirimu sendiri.

Sikap kenakak-kanakanmu ini akan perlahan luntur setelah kamu mulai dewasa, paham, dan bisa berpikir bijaksana. Apalagi kalau pergaulanmu ada di lingkar yang benar. Kamu akan malu sendiri. Ternyata perceraian itu memberi dampak pada semuanya, bukan kamu seorang.

2.   Kamu Seperti Sedang Akting di Luar, Lalu Menghadapi Realita di Rumah

adik kakak broken home, keluarga broken home, broken home, catatan hati anak broken home, anak broken home's notes, curahan hati anak broken home, kata kata anak broken home, isi hati anak broken home
Via: deccanchronicle.com

Seorang lelaki menjawab kalau perceraian orang tua sudah meninggalkan jejak yang cukup buruk. Kalau masih sekolah/ kuliah, rasa percaya dirimu akan hilang. Kamu pun berpeluang menjadi korban bullying atau perundungan.

Semakin lama, kamu akan semakin stress dan depresi. Apalagi kalau kamu belum mengerti alasan kenapa orang tua sampai saling berpisah. Kenapa ayah sudah tak pulang ke rumah, atau kenapa ibu sering terlihat melamun. Kamu seakan tak bisa berbuat apa-apa selain diam dan menelan lukamu sendirian.

[Baca Juga: 10 Pengalaman dan Momen Tak Terlupakan Bagi Anak Broken Home]

Semakin lama, waktu akan membantu meringankan bebanmu. Memori masa lalu mulai pudar. Tetapi kamu berubah kuat atau semakin lemah tergantung dirimu sendiri. Kamu semakin sadar begitu pulang ke rumah, masih ada adik, kakak, kakek-nenek, paman-tante, keponakan, salah-satu dari orang tua, atau mungkin orang lain yang dianggap keluarga.

Dari sana, kamu menjelma menjadi sosok yang tangguh, protektif, dan penyayang. Kamu akan berjuang menjaga keharmonisan dan mengganti segala momen buruk dengan senyuman. Rasa percaya diri dan tawa palsumu diperlihatkan ke dunia luar, namun sesampainya di rumah, kamu kembali menghadapi ‘dunia nyata’ yang terus memotivasimu untuk bertahan. Sebab, merekalah harta yang tak bisa ditukar dengan apa pun jua.

3.      Ada Perasaan Lega Juga

senyum broken home, anak broken home merasa lega, hikmah broken home, dampak positif broken home, keluarga broken home, broken home, catatan hati anak broken home, anak broken home's notes,
Via: ncbegin.org

Ada beberapa kasus, di mana anak justru mendambakan perceraian orang tua. Tetapi harapan itu muncul karena ada alasan kuat. Misalnya ayah yang ringan tangan atau suka memukul, sehingga kamu tak tahan melihat ibu terus-terusan menjadi korban.

Kamu lebih memilih perceraian ketimbang harus terkurung dalam perasaan dan pikiran yang rumit. Kalau rumah tangga terus dipertahankan, semua anggota keluarga akan terus berdosa dan terus menderita. Ayah terus menyiksa, ibu terus bersumpah serapah, dan kamu terus memupuk dendam. Daripada hidup dalam kondisi demikian, kamu lega ada proses perceraian.

4.   Sempat Merasakan Tekanan Finansial atau Keuangan

anak broken home bersama single parent, motivasi untuk anak broken home, kisah nyata anak broken home, orang sukses dari keluarga broken home, dampak broken home bagi anak
Via: today.com

Kalau kedua orang tua memang kaya raya, keadaan finansial tentu tak jadi soal. Beda jadi jika kamu berasal dari keluarga biasa-biasa saja, maka perceraian pasti akan memberi beban materi secara dobel. Apalagi banyak kasus anak broken home yang tinggal dengan ibunya, yang semula tidak bekerja, kemudian ngulik dan melakoni pekerjaan apapun untuk tetap bertahan hidup dan melanjutkan sekolah anak-anaknya.

Namun sangat banyak kisah magic, di mana ibu yang seorang single parent bisa membesarkan anak-anak istimewa. Anak-anaknya tumbuh menjadi sosok soleh/ solehah, meraih pendidikan tinggi, jadi pengusaha sukses, dsb. Totalitas ibu membuat rasa respect anak-anaknya semakin menggunung.

[Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Ibu Tidak Terlalu Bahagia Di Hari Ibu]

Kamu mustahil membalas segenap jasanya, namun akan sekuat mungkin menjadi sumber kebanggaan dan senyuman ibu. Kolaborasi ikhtiar mati-matian ibu, doa tiada henti ibu, dan niat baikmu untuk berbakti terhadap ibu pasti jadi senjata tak terkalahkan.

5.   Ketika Orang Tua Saling Membicarakan di Belakang

anak broken home dan orang tua, sifat anak broken home, catatan anak broken home, cerita anak broken home, ciri ciri anak broken home, anak broken home dalam islam, anak broken home yang sukses, psikologi anak broken home, kata kata anak broken home
Via: parents.com

Ada orang tua yang “no comment” dan diam seribu bahasa, banyak juga yang mulai curhat atau mengadu terhadap anak-anaknya. Ayah membicarakan ibu, dan ibu membicarakan ayah. Sebagai anak, kamu mungkin merasa berada di posisi yang sulit.

Kondisi ini tentu sangat memengaruhimu. Awalnya mungkin kamu merasa risih dan tak habis pikir, dua orang yang mestinya jadi panutan malah saling tusuk di belakang. Pelan namun pasti, kamu akan mulai memahami. Orang tuamu juga perlu seseorang yang terpercaya untuk mengadu, yang tak lain adalah kamu.

Kamu belajar untuk menjadi pendengar setia, membuat dada mereka plong, sekaligus menyisipkan nasihat yang bisa disampaikan. Kamu belajar untuk tidak memperkeruh keadaan dengan mengadu domba keduanya. Kamu juga menahan diri untuk tidak membocorkan apa pun ke orang lain, apalagi di luar keluarga.

6.   “Anak Broken Home Dewasa” pun Tetap Terpengaruh

anak broken home lebih dewasa, anak broken home dewasa, psikologi anak broken home, cerita anak broken home, dampak negatif broken home, ciri-ciri keluarga broken home, cara menghadapi pacar broken home, anak broken home yang sukses, cara mengatasi anak yang broken home
Via: shutterstock.com

Seorang Redditor atau pengguna Reddit lain mengaku kalau orang tuanya bercerai ketika ia sudah berusia 29 tahun. Dia bahkan sudah tidak tinggal serumah dengan orang tuanya. Namun kenyataan itu tak lantas membuatnya merasa biasa-biasa saja. Dia juga sangat terpukul dan sakit. Namun dia memiliki seorang adik, dan merasa terpanggil untuk menjadi figur yang strong baginya. Dia ingin melindungi dan mencurahkan kasih sayang pada adiknya.

Baik anak, remaja, atau pun dewasa sama-sama menjadi makhluk yang berakal dan berperasaan. Hanya saja, yang dewasa sudah memiliki senjata ampuh untuk menghadapinya. Mereka memiliki kesibukan, pekerjaan, sahabat loyal, keluarga sendiri, serta kedewasaan yang membuat emosi tetap stabil. Lain lagi dengan anak dan remaja yang masih rentan.

Kalau sama-sama menjadi anak broken home, atau kalau memiliki teman, tetangga, sertas saudara sendiri yang sudah menjadi anak broken home, kamu bisa menjadi pahlawan baginya. Temani mereka, dengarkan kisahnya. Pastikan kalau mereka tidak sendirian. Ada kamu. Please, ya!

7.      Ikut Bahagia Kalau Orang Tua Bisa Move On Pasca Perceraian

anak broken home bahagia, anak broken home tersenyum, anak broken home dalam islam, cerita anak broken home, jeritan anak broken home, kata kata anak broken home, anak broken home yang sukses, catatan anak broken home, curahan hati anak broken home
Potografer: Erin Tracy

Awal-awal perceraian itu pasti sulit, menyedihkan, dan bikin kikuk. Tetapi lama-kelamaan, keadaan akan membuktikan kalau hidup ayah dan ibu yang terpisah mungkin jadi pilihan terbaik. Misalnya ibu yang tadinya kurus kering perlahan jadi berisi nan sehat, semakin kreatif berusaha, dan percaya diri untuk bersosialisasi.

Contoh juga sang ayah, yang tadinya kasar dan malas berusaha, perlahan menyadari keburukannya dan berupaya memperbaiki watak. Anak yang semula kurang suka dengan pernikahan barunya, perlahan merasa bersyukur, sebab sudah ada sosok lain yang mengurus ayah. Skenario hidup kerapkali mengingatkan kita untuk terus bertafakur dan bertawakal padaNya.

Selama ini, dampak perceraian atau broken home terkesan negatif, ya. Namun tak apa. Label itu tak sepenuhnya benar. Tak perlu dijejalkan ke hati.

Jika tak bisa mengedit atau mengubah masa lalu, kamu masih bisa memperbaiki masa depan. Semoga semakin gemilang. Broken Home Bisa Memberi Dampak Bagi Anak Dengan 7 Cara Ini. #RD

4 thoughts on “Broken Home Bisa Memberi Dampak Bagi Anak Dengan 7 Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =