Hari Blogger dan Listrik Nasional Jatuh Pada 27 Oktober, Pas Banget!

Posted on
hari blogger nasional, tanggal 27 oktober, tanggal 27 oktober memperingati hari apa, hari listrik nasional, hari blogger dan listrik nasional
Via: lifewire.com

Selamat Hari Blogger Nasional… bagi yang merayakan.

Sebagai narablog amatiran, daku ikut merasakan euforia momen ini. Tak lama pasca tahu kalau 27 Oktober itu diperingati sebagai Hari Narablog Se-Indonesia, daku pun mengucapkannya via media sosial. Ada rasa senang, bangga, merasa bertanggung-jawab, dan keinginan untuk terus melakukan refleksi diri.

Kenapa 27 Oktober Diperingati sebagai Hari Blogger Nasional? Bagaimana Sejarahnya?

sejarah blogger indonesia, sejarah hari blogger, kenapa hari blogger jatuh pada 27 oktober, hari blogger indonesia, hari blogger nasional, hari narablog nasional
Via: abranchofholly.com

Seorang teman blogger, daku memanggilnya Mas Ivan, memberikan link dari Maxmanroe. Isinya tentang sejarah dan perkembangan blogger (Indonesia) dari masa ke masa. Di sana kemudian dijelaskan alasan kenapa hari blogger nasional jatuh pada 27 Oktober.

Rupanya pada 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika era Pak SBY (Pak Muhammad Nuh) membuka acara yang mewadahi perwakilan blogger seluruh tanah air. Sejak saat itu, beliau mencanangkan 27 Oktober sebagai harinya para narablog. Jadi tiap tahun, kami terus memperingatinya – minimal dengan mengucapkan dan mempopulerkan momen penting ini.

Kok Menjadi Blogger?

blogger perempuan, ilustrasi blogger, gambar ilustrasi blogger perempuan, alasan menjadi blogger, cerita blogger, kenapa menjadi blogger, hari blogger indonesia, hari blogger nasional,
Karya: Penelope Bagieu

Pertanyaan singkat ini cukup privat, dan bisa mengundang beragam jawaban. Sudah jadi rahasia umum kalau tujuan orang membuat blog itu bisa jadi karena penasaran saja, ingin mengikuti trend, mencurahkan isi hati atau pikiran, mendokumentasikan perjalanan hidup (diary/ jurnal), menyebarkan informasi, termasuk juga mencari penghasilan. Ada yang memanfaatkan blog sebagai sumber pendapatan sampingan, ada juga yang terus menekuninya sampai menjadi profesi tersendiri.

Yang jelas, dari kacamata amatiran sepertiku, blogger harus memiliki jiwa fighter atau pejuang. Dengan senjata utama berupa passsion, kita merasa siap untuk terus bertahan di medan perang. Jangan sampai ‘memar dikit langsung angkat tangan’.

Terus menulis. Menulis terus. Terus ngeblog. Ngeblog terus. Sampai “musuh-musuh” berupa minimnya pembaca/ pengunjung, sepinya job/ kerja sama, kritikan pedas dari orang-orang, adanya hinaan atau cercaan, belum adanya momen untuk ‘pecah telur’, tidak populernya nama blog sendiri, dsb, tak lagi begitu ampuh untuk membuat kita frustasi dan menyerah.

Kebetulan, Hari Blogger Hari Listrik Nasional  itu Barengan

Ingat blogger jadi ingat tingkah-laku diri sendiri orang-orang yang mengelola blog, situs, atau website. Kita membaca, menulis, mempromosikan, terus belajar ini-itu, berusaha tetap update, bergabung dengan berbagai komunitas, blog walking, meneliti segala hal, dsb. Kalau dipikir-pikir, aktivitas semacam ini amat sangat melelahkan. Apalagi kalau kita belum meraup keuntungan finansial apa pun.

Tetapi entah kenapa, selalu ada panggilan yang ‘menyeret’ kita untuk kembali menulis dan ngeblog. Ada kebahagiaan, kebanggaan, dan kepuasan tersendiri ketika tulisan kita bisa dibaca seseorang atau khalayak. Apalagi kalau isinya memang kaya manfaat.  Daku percaya, tulisan yang berkualitas dan berfaedah itu akan bertemu dengan para pembacanya.

Ada beberapa pembaca yang tak ragu-ragu untuk menyatakan apresiasinya. Mereka mengucapkan terima kasih dan menyatakan dukungannya. Hal itu saja sudah bikin kita strong.

Seperti listrik, siapa tahu dengan menjadi blogger pun kita bisa menjadi sumber pelita. Kalau gak langsung terang benderang, minimal cercah demi cercah cahaya tulisan kita bisa menjadi titik terang.

Seperti para pegawai listrik – yang terus berjuang (mati-matian) memastikan aliran listrik tetap hidup meski pun tidak dikenal, kita pun bisa menirunya dengan menjadi ‘pejuang tulisan’ yang tak populer, namun dirasakan manfaatnya.

Semoga tulisan-tulisan bermakna yang sudah kita buat, sebar, dan mungkin lupakan, akan tetap menjadi dian yang tak kunjung padam – terus mengalirkan kebaikan. Hari Blogger dan Listrik Nasional Jatuh Pada 27 Oktober, Pas Banget! #RD

8 thoughts on “Hari Blogger dan Listrik Nasional Jatuh Pada 27 Oktober, Pas Banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =