6 Quotes Psikologi Tentang Kehidupan Beserta Makna yang Terkandung di Dalamnya

Posted on
quote psikologi, quotes psikologi kehidupan, kata kata kehidupan, menghadapi masalah hidup
Image via: Anna Demarco Photography
  1. Quote dari Psikolog Abraham Maslow

“If the only tool you have is a hammer, you tend to see every problem as a nail.”

Jika perkakas yang kamu punya hanyalah sebuah palu, kamu cenderung melihat kalau setiap masalah adalah paku.

Maknanya

Kutipan ini menyinggung ketergantungan kita akan perkakas atau cara penyelesaian masalah yang sudah biasa dan difavoritkan. Palu memang membantu, namun hanya untuk urusan-urusan tertentu, khususnya yang terkait paku. Palu bahkan bisa bikin masalah dan merusak.

Secara psikologis, quote ini membahas cara penanganan masalah. Kadangkala kita mesti memikirkan dan mengeksplor cara baru. Keluar dari zona nyaman. Beda kasus, beda juga cara menghadapinya.

  1. Quote dari Psikolog Albert Ellis

“The best years of your life are the ones in which you decide your problems are your own. You do not blame them on your mother, the ecology, or the president. You realize that you control your own destiny.”

Tahun-tahun terbaik dalam hidupmu yaitu ketika kamu menyadari/ memutuskan kalau masalahmu adalah milikmu sendiri. Kamu tidak menyalahkan ibumu, ekologi, atau presiden. Kamusadar kalau kamu mengendalikan takdirmu sendiri.

Maknanya

Quote ini mengingatkan kalau kita, di usia-usia tertentu, harus sadar. Kita sudah memiliki tanggung-jawab atas segala masalah hidup dan atas segala pilihan yang sudah diambil. Memang sih, ada banyak hal yang di luar kendali, misalnya kematian seseorang. Namun respons atau reaksi kamu terhadap hal itu masih bisa dikontrol.

Kutipan Ellis ini menyarankan agar kita bisa memiliki kekuatan internal diri sendiri. Jangan sampai terlalu terpengaruh/ bergantung pada orang lain. Jangan sampai tidak berdaya, seolah tak punya kuasa, dan tidak memiliki dorongan untuk berubah.

  1. Quote dari Psikolog B. F. Skinner

“Education is what survives when what has been learned has been forgotten.”

“Pendidikan adalah… apa yang bertahan ketika apa yang sudah dipelajari (malah) sudah terlupakan.”

Maknanya

Bicara tentang pendidikan, kita pasti langsung teringat akan pembelajaran di sekolah. Padahal kutipan ini menegaskan kalau pendidikan sebenarnya baru di dapat di luar bangku sekolah, tak sebatas di dalam teks-teks buku (saja).

Hapalan, informasi, atau pengetahuan yang didapat dalam kelas kemungkinan besar tak akan awet. Kebanyakan dari kita baru benar-benar mengingatnya ketika hendak ujian saja. Selepas itu, atau sehabis lulus sekolah, semua itu seakan mulai kabur dari otak.

Yang paling awet tersisa adalah perubahan cara berpikir yang lebih kritis dan lebih dalam. Intinya kita akan tetap berada dalam proses belajar, walau tempatnya sudah tak lagi di sekolah atau di kelas. Tak perlu menutup diri pada hal-hal baru. Selagi baik dan bermanfaat, pelajari saja semuanya.

Oh, ilmu pengetahuan begitu melimpah ruah di dunia ini. 6 Quotes Psikologi Keren Memotivasi Beserta Makna yang Terkandung di Dalamnya. #RD

4 thoughts on “6 Quotes Psikologi Tentang Kehidupan Beserta Makna yang Terkandung di Dalamnya

  1. Saya mah suka inget Cak Lontong kalo denger kata quote-quote teh ! (gegara langganan WIB tiap sore) untung beliau bukan psikolog.
    Quote ke 2 paling kerasa juga paling sulit dilakukan.

  2. kalo CK itu psikolog bukan pelawak entar quotesnya jadi lurus, jadi gak lucu lagi dong ! CK kan terkenal dengan quotesnya yang aneh, tapi lucu seperti yang absurd tapi logic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − five =