9 Catatan Utama Di Tengah Keputusan Rina Nose untuk Lepas Hijab

Posted on
rina nose, rina nose lepas hijab, rina nose instagram, bagaimana hukumnya melepas hijab, kenapa sampai melepas hijab
image via: demilked.com

Siapa yang gatal ingin berkomentar atas hebohnya Rina Nose yang melepas hijab?

Di berbagai media sosial, nama pelawak, penyanyi, sekaligus host ini tengah ngetrend. Namanya disebut-sebut. Berita tentangnya terus dibahas.

Publik memang terhenyak ketika mendapat berita soal keputusan Rina Nose untuk menanggalkan jilbab. Rasanya baru kemarin-kemarin dia menuai pujian dan komentar adem, namun kini semua justru berbalik. Perbedaan respons dan reaksi pun tak terhindarkan. Sebagian mendukung, namun kebanyakan menentang dan menyayangkan.

Daku jadi ingin ikut bicara, eh maksudnya menulis. Jom!

  1. Lepas Hijab itu Salah

Dari segi Islam memang demikian, ya. Siapa pun wanitanya, mau Rina Nose atau dia yang tak dikenal tetangganya sekali pun, tetap salah jika melepas hijab. Dari segi Islam, hukum berjilbab itu wajib. Silakan mau membela berdasarkan pendapat dan kepercayaan pribadi. Mohon untuk saling respect terhadap hukum suatu keyakinan.

Baca Juga: 3 Kebaikan & 3 Kejelekan Tentang Pemberitaan Jilbab Halal
  1. Mengingatkan Sesama itu Wajib

Khusus bagi muslim, saling mengingatkan pada kebaikan itu jadi perkara wajib. Ada ikatan kuat dalam hati kita untuk tidak apatis atau masa bodoh terhadap saudara sendiri. Itu tanda perhatian dan kasih sayang. Rasanya wajar kalau ada yang menghujani dengan postingan atau komentar yang berisi peringatan, atau ajakan untuk kembali ke track.

Namun perlu hati-hati juga ketika menyampaikannya. Mengajak ke jalan benar dengan cara yang salah bisa jadi boomerang tersendiri.

  1. Kita Tak Pernah Tahu Ada Apa Sebenarnya

Kita semua sedang berada di medan perang masing-masing. Apa yang sedang diperjuangkan, bagaimana cara menghadapinya, bersama siapa melewatinya, dsb, tak pernah benar-benar diketahui. Alangkah lebih baiknya untuk tidak buru-buru menjudge.

Bukannya menuding sesuatu yang tidak kita ketahui itu jahat dan keterlaluan?

  1. Menjadi Istikomah itu Susah

Hijrah, berpindah, atau berubah ke arah yang lebih baik (khususnya secara hukum agama) itu bisa diniatkan dan dilakukan semua orang. Namun untuk terus istikomah berpegang dan berjalan di jalan tersebut memang susah. Perlu perjuangan seumur hidup untuk tetap menjaganya. Apalagi kita semua memiliki potensi untuk ‘belok’, bahkan hengkang.

Godaannya tak melulu soal hijab. Masalah pakai dan lepas hijab bukanlah tolok ukuran. Ada yang digoda untuk berkata kasar, menggunjing, merampas hak orang lain, dsb.

  1. Terkejut dan Kecewa

Kemungkinan besar Rina Nose dan sederet seleb lain yang lepas hijab sudah tahu dan siap menghadapi konsekuensi atas perbuatan mereka. Sebagian besar fans pasti akan kaget dan kecewa. Rina bahkan menulis dalam caption Instagramnya untuk ‘tidak kecewa berlebihan’.

Jangankan untuk public figure, perempuan biasa pun akan mengecewakan orang-orang di sekitarnya jika dia melepas hijab. Khususnya mereka yang terus mendukung upayanya untuk berhijab. Tetapi reaksi ini sangat wajar, ‘kan?

Kita tak bisa mengendalikan rasa kecewa yang pasti datang, tetapi kita masih berkesempatan untuk mengendalikan reaksinya. Jangan sampai berlebihan atau kelewat batas.

  1. Bullying Tak Terhindarkan

Keputusan kita tak akan menyenangkan semua pihak. Khusus melepas hijab, pasti ada yang pro, dan pasti banyak yang kontra. Dan selebritis mestinya tak mudah baperan, sebab sepak terjangnya selalu menjadi magnet komentar orang-orang. Jangankan nama terkenal, orang awam pun tak lepas dari ‘bulan-bulanan’ para netizen. Bisa kita lihat sendiri di akun medsos Rina Nose.

Ada yang bilang ‘miris ya hijab cuma jadi tren aja’, ‘agama saja dipermainkan main pakai dan copot hijab seenaknya’, ‘bagimu masalahmu itu lebih besar daripada penciptamu’, ‘padahal kamu cantikan pake hijab’, ‘ternyata hidayah itu tidak betah lama-lama’, ‘dasar waniat celaka! di saat orang berjuang untuk hijrah eh kamu malah melawan arah’, dsb.

Maksud mereka mungkin benar, cuma cara penyampaiannya nyelekit dan sama-sekali tidak membantu keadaan. Apalagi kalau sampai kasar tak tersaring.

Baca Juga: 8 Fakta Penting Tentang Bullying
  1. Kepo Di Mana-mana

Siapa yang tidak penasaran akan keputusan nekad Rina Nose untuk lepas hijab? Banyak orang bertanya-tanya, bahkan sebagian netizen sudah mengasumsikan yang tidak-tidak. Ada yang bilang sang seleb sedang didera masalah berat, mental yang terguncang, sedang ada di titik terpuruk, dsb. Media pun mulai mengorek-ngorek informasi dan mengait-ngaitkan aneka peristiwa.

  1. Tak ada yang Berubah Selain Perubahan itu Sendiri

Kalau kata filsuf Yunani, Heraclitus, memang demikian. Perubahan itu terus terjadi. Terdengar mengerikan, ya, tetapi mau bagaimana lagi? Terlalu banyak hal yang bisa menjadi faktor perubahan. Kalau mencatut apa yang ditulis Rina Nose, dia menuding kalau perubahan itu bisa terjadi karena peristiwa yang dialami dan pengalaman batin yang dirasakan.

Pertanyaannya, apa perubahan kita mengarah pada sesuatu yang benar atau justru semakin salah kaprah?

  1. Kita Bebas Memilih dan Melakukan Apa Saja, Tapi Tak Akan Pernah Bebas Dari Risikonya

Pada akhirnya, keputusanmu ya untukmu, keputusanku ya untukku. Silakan kamu bebas memilih, bebas berbicara, dan bertingkah sesukamu. Mau pindah keyakinan, lepas hijab, menyudahi pernikahan, dsb. Bebas. Tetapi kamu pasti akan tak akan pernah bebas dari akibatnya.

Perkara petunjuk atau hidayah itu urusan Allah Swt. Kita tak memiliki kuasa dan kewenangan apa-apa. Sejatinya hanya ada satu orang utama yang bisa mengubah dan membentuk siapa dirimu. Orang itu adalah dirimu sendiri. 9 Catatan Utama Di Tengah Keputusan Rina Nose untuk Lepas Hijab. #RD

8 thoughts on “9 Catatan Utama Di Tengah Keputusan Rina Nose untuk Lepas Hijab

  1. Aq tambahin dech jadi 10. Jilbab tidak diwajibkan kepada semua muslim, karena hanya wajib untuk perempuan
    jadi tidak wajib untuk laki – laki. Ya kali ya.. Ya aja dech 😄😄

  2. Haha terima kasih sudah menambahkan, Kang Yd. Memang harus diklarifikasi, ya. Muslim laki-laki enggak usah pakai jilbab. 😀

    Daku memang menulis, “…Siapa pun wanitanya, mau Rina Nose atau dia yang tak dikenal tetangganya sekali pun, tetap salah jika melepas hijab. Dari segi Islam, hukum berjilbab itu wajib.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =