10 Tingkah Laku Khas Anak Broken Home, Orang Lain Sering Tak Menyadarinya

Posted on
  1. “Ngeri” dengan Pernikahan

Bagaimana pun, pernikahan bukan perkara sederhana. Melegalkan hubungan dua insan secara agama dan negara memang sakral. Dan, kamu merasa… entahlah. Bakalan siap atau tidak?

Kamu pernah melihat bagaimana ‘kacaunya’ pernikahan orang tuamu. Jadinya kamu tidak begitu antusias dan mengidam-idamkan pernikahan di waktu dekat. Kamu malah cenderung ‘menakutinya’. Gusar dan panik juga ketika masa itu semakin dekat.

  1. Membangun “Keluarga Buatan”

Ketika perceraian orang tua berlangsung, biasanya keluarga mereka juga ikut campur. Kamu semakin bingung. Kamu masih satu darah, namun harus selalu bersitegang.

Di saat itu, kamu sangat mengapresiasi siapa pun yang peduli. Entah itu teman sendiri, guru, kakak angkat, atau siapa saja. Kamu akan menganggap dan memperlakukannya sebagai keluarga, sekali pun tidak satu keturunan.

  1. Merasa Stress Ketika Libur/ Tidak Ada Kegiatan

Di sekolah, pikiranmu bisa teralihkan pada pelajaran dan kawan-kawan. Di tempat kerja, waktumu bisa terisi dengan pekerjaan. Tetapi kamu menikmatinya, sebab masalah rumah jadi bisa menepi (sejenak).

Ketika orang lain mendambakan liburan/ waktu luang, kamu justru merisaukannya. Kamu cukup stress ketika membayangkan harus terus-terusan ada di rumah, menyaksikan salah-satu orang tuamu, atau mengunjungi orang tua lainnya dalam keadaan sudah canggung.

Baca Juga: 15 Tips Mengisi Waktu Liburan Sendirian Murah dan Menyenangkan

  1. Kamu Memendam Terlalu Banyak Hal

Kalau hatimu bisa dibuka, entah gundukan bebanmu sudah setinggi apa. Kamu sebenarnya marah, tapi kemarahanmu tak terungkap karena takut menyakiti dan bikin khawatir orang tua. Kamu sebenarnya depresi, tapi orang-orang hanya bisa memberi saran untuk sabar dan move on.

Baca juga: Kapan Fake Smile Alias Tersenyum Palsu itu Dianjurkan atau Justru Dilarang?

Kehidupanmu sebenarnya terasa kacau, namun kamu memolesnya dengan topeng agar orang-orang tak mengasihanimu. Semakin lama, kamu sadar kalau kamu sudah jadi penyamar yang lihai. Tapi tentu saja, keahlianmu ini bukanlah prestasi sejati.

  1. Kamu Berjuang Menjaga Dirimu Sendiri

Perceraian orang memberikan banyak pelajaran berharga. Salah-satunya yaitu… jangan menggantungkan kebahagiaan pada seseorang. Jangan sampai dikendalikan.

Kamu pun cenderung selektif memilih partner, dan tak segan untuk mundur dari hubungan yang diprediksi tidak baik. Hatimu sudah terluka cukup parah. Kamu hanya ingin menjaganya, tak ingin tambah menderita.

~

Tetapi biarkan saja.

Kamu tak selamanya mampu mengubah kenyataan, dan kamu tak bisa memaksa orang-orang agar paham. Yang kamu bisa hanyalah… terus tumbuh, belajar menjadi pribadi yang lebih baik untuk kehidupan yang lebih bahagia.  10 Tingkah Laku Anak Broken Home, Orang Lain Sering Tak Menyadarinya. #RD

4 thoughts on “10 Tingkah Laku Khas Anak Broken Home, Orang Lain Sering Tak Menyadarinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =