11 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengubah Dunia Menjadi Lebih Baik

Posted on
mengubah dunia, merubah dunia merubah diri sendiri, kata kata yang mengubah dunia, cara mengubah dunia menjadi lebih baik, ketika aku muda aku ingin mengubah seluruh dunia
Image via: Entrepreneur.com

Wew, muluk-muluk, ya? Berlagak mengubah dunia, emang kamu siapa?

~

Daku tercenung melihat cuplikan video Donald Trump, yang mengakui kalau kota suci Yerusalem adalah ibukota Israel. Sebagai muslim dan manusia, daku ikut sakit hati, prihatin, dan tak rela atas pengakuan sepihak AS itu. Apalagi kalau rakyat Palestinanya. Entahlah bagaimana kondisi hati mereka saat ini.

Pak Presiden Erdogan sampai bertanya-tanya, ‘kamu itu ngapain sih, Trump?’.

Trump adalah sosok berpengaruh. Ucapannya pasti memberi efek. Hal itu terbukti dari geliat respons publik terkait keberaniannya. Demo di mana-mana. Pendapat berseliweran. Kutukan, penolakan, dan kecaman terus bergaung. Perang pun kembali dimulai.

Hhh… padahal dunia ini sudah sesak dengan kisah-kisah yang negatif. Mungkin kamu juga sudah jengah dengan berita tentang kemiskinan, kelaparan, korupsi, ketidakadilan, polusi, narkoba, perburuan liar, penemuan mayat, pelecehan, kekerasan, dsb. Bikin frustrasi.

Namun selalu ada celah bagi kita untuk memperbaiki kejelekan yang ada. Sekali pun kita hanya orang biasa, yang bahkan tak begitu dikenal oleh para tetangga. Apa saja? Jom!

  1. Sharing/ Sebarkan Hal-Hal Positif
menyebarkan energi positif, sharing hal hal positif, macam macam sikap positif, contoh sikap positif terhadap diri sendiri, membangun sikap positif
Image via: freepik.com

Orang bilang ‘kabar buruk adalah kabar baik bagi media’. Pemberitaan tentang sesuatu yang negatif biasanya sukses mengundang banyak pembaca. Sebaliknya, berita yang baik-baik biasanya sepi peminat.  Tetapi jangan menyerah.

Kamu bisa tekun ‘menyerang’ bad news dengan good news. Kalau ada kisah tentang artis Hollywood yang membela Palestina, tentang anak/ remaja yang sudah jadi hafidz, tentang WNI yang berprestasi, tentang kesabaran orang tua mengurus buah hatinya yang difabel, dll, tak perlu ragu untuk ikut membagikannya. Kamu share, repost, retweet, atau tulis ulang. Saling ingatkan bahwa di dunia masih ada kebaikan dan keindahan.

  1. Bersedekah
sedekah, hikmah sedekah, sedekah yang benar, materi sedekah, macam macam sedekah, sedekah kepada siapa, mukjizat sedekah
Image via: istockphoto.com

Sudah banyak sumber yang membahas keajaiban sedekah. Tak hanya untuk penerimanya, melainkan juga untuk pemberi dan alam semesta ini. Sedekah menjadi upaya tulus ikhlas untuk memberikan sesuatu, tak hanya harta, yang bisa memberi pengaruh positif bagi semua pihak. Tak perlu jauh-jauh dulu, kamu bisa memulai sedekah dari lingkungan terdekat.

  1. Menjadi Sukarelawan
sukarelawan, daftar sukarelawan, sukarelawan pmi, menjadi sukarelawan di luar negeri, cara menjadi sukarelawan, sukarelawan indonesia sukarelawan bahasa inggris
Image via: standard.co.uk

Orang yang punya uang bisa mendonasikan sebagian hartanya untuk meringankan beban orang lain. Kalau tidak, kamu juga bisa menyumbangkan waktu dan tenaga yang ada, alias menjadi volunteer. Tak perlu semua bidang dilakukan. Tak apa tak berangkat ke Palestina dan mengangkat senjata di sana. Dengan menyebar kesadaran untuk peduli Palestina pun sudah bagus.

Baca Juga: Terlalu Baik itu Sama Dengan Terlalu Bodoh dan Enggak Baik?

Ketika ada bencana alam gunung meletus… ada yang sibuk membangun tenda pengungsian, ada yang sibuk di dapur umum, ada yang bersih-bersih, ada yang menghibur pengungsi, ada yang mengangkut barang, dsb. Semua peran itu mungkin saja ringan atau sederhana, tapi efeknya sangat luar biasa. Well, kamu tak perlu melakukan hal-hal super dramatis dan heroik untuk membantu sesama.

  1. Buka Suara dan Beraksi Nyata
buka suara, bersuara, menyampaikan pendapat, menyampaikan suara
Image via: thedolphinlmc.com

Kalau suka dengan calon pemimpin karena dia amanah, gunakan suaramu untuk memenangkannya. Kalau ada petisi yang sesuai dengan naluri, tanda tangani saja. Kalau ada kontroversi yang menarik perhatianmu, ungkapkan saja opinimu via media yang ada. Kalau ada kemungkaran, baiknya beranikan diri untuk mencegah atau melarangnya. Masih banyak lagi.

Termasuk ketika berseliweran produk yang meragukan, kamu bisa langsung ‘beraksi’ dengan menelusurinya lebih lanjut. Ketika ada bullying di depan mata, kalau berani, beri nasihat dan larangan langsung. Atau ketika ada berita hoax yang tersebar, kamu bisa langsung ‘mematahkan’ dan membeberkan data yang benar.

  1. Menjadi Orang Baik/ Ramah
berbuat baik, berbuat baik menurut islam, berbuat baik kepada sesama manusia, manfaat berbuat baik kepada sesama, contoh berbuat kebaikan, hikmah berbuat baik
Image via: iheartradio.ca

Siapa sangka, ramah dan tidaknya seseorang bisa memberi dampak luas. Misalnya ketika kamu menghardik pemotor yang nyalip, bisa jadi pengendara itu langsung bad mood, lalu melampiaskan kemarahannya di rumah.

Anak-anak yang menjadi sasarannya seakan ‘diberi contoh’, sehingga mereka mudah emosi berkelahi dengan saudara dan temannya sendiri. Generasi penerus itu bingung bagaimana cara menghadapi situasi negatif, kalau bukan dengan kekerasan atau kekasaran. Kalau semakin diusut, dampaknya akan semakin luas saja.

Sebaliknya ketika kamu membayar ongkos angkot seseorang yang dompetnya ketinggalan, bisa jadi orang itu akan menceritakan kebaikanmu pada orang lain, lalu orang lain terinspirasi dan ingin membuat baik juga. Setidaknya dunia ini jadi lebih cerah.

Baca Juga: 6 Ujian atau Perjuangan Sulit yang Dihadapi Orang-orang Super Baik

  1. Bersih-Bersih
bersih bersih, buang sampah pada tempatnya, kesimpulan membuang sampah pada tempatnya, tujuan membuang sampah pada tempatnya
Image via: news.tvbs.com.tw

Ada orang yang hati-hati menangani sampah, banyak juga yang abai. Padahal aksi untuk tidak buang sampah sembarangan itu bisa memberi efek positif yang besar. Kita patut berterima kasih pada ‘para pejuang tanpa tanda jasa’ yang memungut sampah berserakan, membersihkan got, membersihkan sungai, dsb, secara suka rela.

  1. Menanam
menanam, membuat taman, membuat taman minimalis di lahan sempit, taman mungil, menata taman depan rumah, taman depan rumah sederhana
Image via: pgeveryday.com

Berita tentang semakin sempitnya lahan hutan memang mengerikan. Kamu tidak bisa menciptakan hutan luas secara instan, namun bukan berarti tak ada harapan. Seseorang bisa memberi efek positif dengan menanam tanaman di pot, menggunakan teknik vertikultur, bikin taman, atau berkebun.

Apalagi kalau orang itu menghindari penggunaan insektisida dan pestisida. Dengan demikian, eksistensi kupu-kupu, lebah, burung, dan hewan lain ikut terjaga. Tak lupa, kalau sudah pandai, kamu bisa menyalurkan kemampuan pada yang lainnya.

  1. Tidak Mencemari Air
air, air bersih, dari mana sumber atau asal air bersih, dari mana sumber air bersih, kriteria air bersih
Image via: mechequip.com

Semua makhluk hidup butuh air. Setiap hari manusia menggunakan air untuk minum, mandi, mencuci, dsb. Tetapi saat ini ketersediaan air bersih dan layak minum justru semakin sedikit. Apalagi kamu secara tidak sadar terus-menerus mencemarinya. Entah itu dengan sampo, sabun, detergen, cairan kimia, dsb.

Kamu pun mau tidak mau harus memilih antara kehausan atau meracuni diri sendiri dengan air yang sudah tercemar. Ah, susahnya…

  1. Mempertimbangkan Kebiasaan Makan/ Minum
makanan, makanan dan minuman, makan sehat, cara makan yang baik menurut islam
Image via: scmp.com

Ketika membeli makanan, kamu mungkin tak banyak berpikir dan langsung melahapnya. Tetapi bagaimana responsmu ketika mengetahui kalau es krim kesukaanmu dibuat oleh karyawan yang tak diperlukan dengan baik oleh perusahaannya? bagaimana kalau isi ulang air minummu didapat dari sumber yang tidak bersih? Atau bagaimana kalau ayam yang jadi makan siangmu itu tidak disembelih dengan nama Allah? Dan, masih banyak lagi.

Sekilas terlihat simpel, tetapi kamu sudah berkontribusi untuk memerhatikan kesejahteraan orang lain, hak-hak hewan, keselamatan konsumen, dll.

  1. Mempertimbangkan Barang-Barang yang Dipakai/ Digunakan
tas kulit asli, harga tas kulit asli murah, tas kulit sapi asli, harga jaket kulit domba super, model jaket kulit pria terbaru
Image via: bagbliss.com

Sama seperti poin sebelumnya, kamu jangan sampai apatis terhadap informasi suatu produk. Bagaimana kalau ada hewan yang dirugikan/ dianiaya untuk membuat mantel bulu yang kamu kenakan? Bagaimana kalau ada hewan yang dirugikan/ dianiaya untuk membuat tas kulit yang kamu banggakan? Bagaimana kalau ada limbah yang tercemar di sungai untuk membuat kain mahal yang kamu jahit? Bagaimana kalau ada karyawan di bawah umur yang dieksploitasi demi jeans yang kamu pakai?

Kalau sudah mengetahui kejanggalan dari sumber terpercaya, kamu bisa memberi pelajaran pada diri sendiri dan orang lain.

  1. Memperdalam dan Mengamalkan Ajaran Agama
orang yang lebih baik, cara memperbaiki diri menjadi lebih baik menurut islam, menjadi lebih baik dari sebelumnya, cara merubah diri sendiri menjadi lebih baik, cara menjadi orang baik dan sabar
Image via: Care2.com

Mengikuti dan mempraktikkan suatu ajaran, sejatinya bisa memberi pengaruh besar. Hatimu damai. Kamu juga ditempa untuk sabar, bersyukur, sesuai norma, paham hukum, menolak keburukan, dan berlomba dalam kebaikan. Semua ini, jika dipraktikkan, tentu bisa melibas sisi-sisi jahatnya dunia.

~

Berpartisipasi untuk mengubah dunia menjadi hunian yang lebih baik tak harus dengan menjadi presiden, selebritis, orang terkaya, guru, atau sosok berpengaruh. Orang awam pun bisa melakukannya, bahkan ikut mengajak orang lain untuk terlibat juga. 11 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengubah Dunia Menjadi Lebih Baik. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 7 =