13 Ciri Kalau Kamu itu Cenderung Berkepribadian Extroverted Introvert

Posted on
extroverted introvert adalah, introvert dan ekstrovert adalah, tes introvert dan ekstrovert, tipe orang introvert
Image via: cdn.lonerwolf.com

Pemilik blog Introvertspring (Michaela Chung) dan salah-satu penulis Lifehack (David Ly Khim) sempat mengaku sebagai extroverted introvert.

Kepribadian mereka berdua cukup membingungkan. Mereka itu lihai bergaul/ berbaur, bisa bersosialisasi, suka main ke luar, dan cenderung mudah beradaptasi dengan lingkungan. Namun mereka tak bisa melakukannya sepanjang waktu.

Ketika ‘off’, mereka juga sangat haus akan me time. Inginnya itu diam di kamar dan menikmati kesendirian. Bahkan mereka sampai tak nafsu berbincang dengan siapa pun.

Ada yang seperti ini juga?

Ternyata ada juga ya istilah extroverted introvert. Lalu sebenarnya apa saja ciri-ciri umum mereka? Jom!

lelaki introvert, menghadapi pria introvert, cara mengambil hati orang introvert, ciri pria introvert, pasangan yang cocok untuk orang introvert, cara mendekati pria introvert
Image via: shutterstock.com
  1. Kenalan itu Terbilang Mudah, Tapi Mempertahankan Hubungannya Sangat Sulit

Ada kalanya mereka sedang dalam keadaan yang mudah bersosialisasi. Mereka pun akan lancar berkenalan dan menciptakan pertemanan baru. Namun ada kesulitan juga ketika mempertahankan atau mengembangkan itu. Rasanya cinta dan kesetiaan mereka sudah dihadiahkan pada beberapa orang istimewa saja.

  1. Cenderung Enggak Enakan

Mereka tidak suka ketika harus egois mengikuti keinginan diri sendiri, lalu bikin orang lain sedih. Hal itu seringkali membuat mereka pasrah dan mau-mau saja ketika diajak nongkrong, reunian, kumpulan keluarga besar, dll. Mereka tidak enak kalau harus menolak.

  1. Ingin Menyendiri Tapi Tak Ingin Merasa Sepi

Mereka sering menerima tawaran untuk hang out bersama teman karena enggak enak, atau karena sedang kesepian. Tapi di saat yang bersamaan, mereka merasa ‘sayang’ karena bayangan untuk menikmati ‘home alone’ juga tak kalah menggoda.

Baca Juga: 14 Momen Di Mana Kita Merasa Kesepian dan Hampa di Tengah Keramaian

  1. Jadi Pendiam di Tengah Keramaian

Mereka memang bisa menikmati kebersamaan, namun mereka tak mampu ‘nyamber’ pembicaraan sepanjang waktu. Apalagi kalau di tengah percakapan kelompok, ya. Seringkali, mereka malah hanya mengamati, mendengarkan, mengangguk-angguk, atau sekadar bergumam ‘hmm’ dan ‘iya iya’. Mereka itu lebih lancar ngobrol empat mata saja.

sendirian ditengah keramaian, kata kata sendiri dalam keramaian, merasa sepi dan sendiri, kesepian ditengah keramaian dengan senyum palsuku, merasa sendiri didunia ini, kata kata sendiri di keramaian
Image via: theivylie.com
  1. Bisa Menjadi “Penengah”

Sempat disinggung sebelumnya kalau mereka itu cenderung memilih diam dalam perbincangan kelompok. Namun ketika orang yang sedang berbicara malah bikin tak nyaman dan berpotensi menciptakan kegaduhan, mereka bisa berinisiatif untuk mengambil kendali pembicaraan. Misalnya ketika Si A sudah nyerempet ke isu SARA, membully, atau ngomong jorok, mereka siap menjadi penengah agar situasinya kembali nyaman.

  1. Sebelum dan Sesudah Bersosialisasi itu Harus Ada “Me Time” Dulu

Energi untuk bersosialisasi mereka tidak langgeng. Bahkan mereka juga perlu ‘mengisi ulang’ dengan cara meluangkan me time. Kalau terlalu capek karena terlalu lama berinteraksi, mereka bisa mudah emosian, bad mood, atau bahkan depresi.

  1. Pilih-pilih dengan Kalender Sosialnya

Mereka sadar kalau kemampuan untuk bersosialisasinya itu tak cukup lama. Karenanya mereka akan menimbang-nimbang apakah ajakan pesta dari Si A itu patut dikabulkan. Kadang-kadang mereka juga plin-plan. Pengin sih ikut pesta, reunian, atau datang ke acara hajatan, tapi rasanya kok ragu-ragu juga.

  1. Selalu Siap Sedia Rencana Pelarian

Tak bisa berkutik dalam keramaian seringkali menjadi mimpi buruk. Padahal mereka tak bisa lama-lama ada di tengah keramaian. Rasanya mudah lelah dan muak. Karena itu, mereka selalu mencari jalan alternatif untuk ke luar dari sana – berlindung dalam keheningan.

  1. Kadang Bisa Sampai Malas Berinteraksi dengan Siapa pun

Kalau rasa penat sedang di puncak, jangankan ngobrol, mereka kadang sampai malas membalas chat, menjawab telepon, atau merespons video call. Kadang raga mereka hadir di tengah perkumpulan. Namun mood membuat mereka jadi sosok yang tak banyak bicara atau berkomentar.

wanita introvert, wanita introvert di mata pria, menghadapi wanita introvert, cara menaklukan wanita introvert, ciri wanita introvert jatuh cinta, ciri kepribadian introvert, perempuan introvert jatuh cinta
Image via: canadianbusiness.com
  1. Basa-Basi itu Bikin Jengah, Inginnya sih Koneksi yang Dalem

Mereka senang berbaur dengan orang-orang. Tapi jenis sosialisasinya tidak sembarangan. Tidak yang hampa, sekadar formalitas, atau basa-basi belaka. Mereka benar-benar mengharapkan obrolan berbobot dan koneksi sejati.

Baca Juga: 17 Cara Basa-Basi ketika Kenalan dan Pendekatan

  1. Punya Tempat Favorit Tertentu

Mereka senang menghabiskan kesenggangan di tempat-tempat seperti kafe, kedai kopi, taman, dll. Di sana, mereka dikelilingi orang-orang asing, dan masing-masing sibuk sendiri. Jadinya, mereka bisa menikmati kesendirian tanpa harus mengobrol dengan seseorang.

  1. Pilih-pilih Orang dekat

Mereka enggan mengisi waktu dengan seseorang, jika orang itu tidak memberikan kenyamanan. Sebaliknya, kalau sudah menemukan ‘orang yang tepat’, mereka akan sangat menyukai dan berupaya keras untuk membuatnya nyaman juga. Kalau mereka sering jalan bareng Si A atau betah berlama-lama dengannya, bisa dipastikan kalau Si A itu sudah memenuhi semua kriteria yang mereka inginkan.

  1. Antara Ingin Diperhatikan dan Diabaikan Saja

Ketika mengerjakan proyek tertentu, mereka ingin orang-orang memperhatikan. Senang rasanya ketika publik mulai menaruh perhatian pada karya, blog, komunitas, usaha bisnis, atau apa pun yang mereka bangun. Namun di sisi lain, mereka mulai takut dengan sorotan atau perhatian itu. Rasanya ingin menutup wajah atau meminjam jubah ajaib saja agar tak terlihat orang.

Apa ciri-ciri di atas seperti menjelaskan siapa dirimu? Oh well… 13 Ciri Kalau Kamu itu Berkepribadian Extroverted Introvert. #RD

Related Post

6 thoughts on “13 Ciri Kalau Kamu itu Cenderung Berkepribadian Extroverted Introvert

  1. Introvert yg belajar extrovert kah ? yg karna tuntutan kehidupan dia belajar untuk menjadi extrovert atau tipe orang introvert kreatif yg mau tidak mau suka tidak suka harus belajar dan harus keluar dari zona nyamannya sebagai introvert untuk belajar dari dunia extrovert termasuk menjadi extrovert itu sendiri untuk merealisasikan dan memuaskan kreativitasnya yg pada akhirnya dia bisa menjadi keduanya walaupun tidak bisa sepenuhnya.

    1. Wah… hai, Mas/ Mbak Nemesia.
      Tepat sekali! biasanya introvert yang satu ini ingin ‘berbaur’ atau menyesuaikan dengan ekstrovert. Iya… ada kesediaan belajar atau berusaha, tetapi tidak bisa sepenuhnya. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − five =