Bunuh Diri Orang Terkenal Menjadi Peringatan: 13 Cara Mandiri Menghadapi Depresi

Posted on
mengatasi depresi, ciri ciri depresi berat, cara mengatasi depresi menurut islam, cara menyembuhkan depresi pada diri sendiri, mengatasi depresi berkepanjangan, cara menyembuhkan depresi secara alami
Image via: lyuboznat.ru
  1. Memperbanyak Rasa Syukur

Seringkali orang yang depresi itu kurang fokus pada kesuksesan dan kenikmatan yang dianugerahkan. Mereka justru fokus pada kegagalan. Sehebat apa pun penilaian orang terhadap dirinya, baginya sendiri dia adalah sosok yang tak ada nilainya.

Dia menyalahkan dirinya atas segala keburukan yang terjadi. Dia merasa sangat bertanggung jawab. Dia juga berpikir kalau dunia ini akan jadi tempat yang lebih baik tanpa dirinya. Dia seakan lupa, bahwa tak ada insan yang sempurna dan bisa menjadi segalanya.

  1. Tetap Hidupkan Harapan

Putus harapan menjadi pemicu utama tragedi bunuh diri. Orang yang depresi berat seakan dibutakan mata hatinya. Dia menganggap tak ada solusi terbaik selain menghabisi dirinya sendiri. Padahal kita sama-sama tahu, bunuh diri menjadi solusi permanen untuk segala permasalahan yang bersifat sementara.

Seseorang yang mampu menghidupkan harapan orang lain, khususnya yang tengah dilanda depresi, menjadi sosok pahlawan sejati. Coba kamu ungkap atau tuliskan hal-hal positif yang layak dijadikan alasan kenapa kamu masih bertahan. Entah itu keluargamu, usaha bisnismu, agamamu, dsb.

  1. Ada Banyak Hal yang Tidak Bisa Diubah, Tapi Kamu Bisa

Seringkali kamu tidak bisa mengubah atau menghindari kematian, kecelakaan, penyakit, bencana, dsb. Semestinya kamu tidak terkejut lagi. Hidup memang demikian.

Masalahnya bukan saja tentang apa yang terjadi pada kamu, tetapi bagaimana cara kamu menghadapi atau meresponsnya. Kadangkala ada problem yang rumit dan berat, tetapi bukan berarti kamu tak mampu melewatinya. Apalagi Tuhan YME sendiri yang menjanjikan, kalau Dia tak akan membebankan cobaan kalau hamba-Nya tak mampu. Apresiasi juga usaha orang-orang terkasih yang tetap ada dan mendukung.

  1. Mengembangkan Pikiran yang Masuk Akal

Terapi yang populer dan dikenal efektif untuk menghalau pikiran yang aneh-aneh itu biasa disebut Cognitive Behavior Therapy (CBT). Terapi ini bisa dipelajari dan dipraktikkan dari self-help book, misalnya buku The Feeling Good Handbook (David D. Burns).

Kamu pun bisa mengubah self-talk atau bicara dengan diri sendiri menjadi lebih baik, atau tidak memicu depresi. Tadinya kamu bilang ‘daku ini pecundang yang enggak ada gunanya’, diganti menjadi ‘daku kecewa sama diriku dan harus berbuat sesuatu untuk memperbaikinya’. Atau tadinya kamu berkata ‘hidup ini tidak sempurna, jadi ya sia-sia saja’, diganti menjadi ‘tidak sempurna itu tidak apa-apa, masih banyak hal yang membuatku bertahan dalam perjuangan’.

Baca Juga: 12 Manfaat atau Keistimewaan Jika Hobi Bicara dengan Diri Sendiri

  1. Tertawa

Kamu mungkin masih ingat, betapa ironisnya Robin Williams. Dia adalah aktor kawakan sekaligus komedian yang selalu menciptakan tawa dan menghibur orang. Namun siapa sangka, kelucuannya tidak berlaku untuk dirinya sendiri. Pada akhirnya, dia bunuh diri karena depresi.

Padahal momen lucu dan tertawa itu sangat membantu mengendorkan ketegangan hidup ini. Ha! Ternyata depresi memang menjadi penyakit dari distorsi realita.

  1. Minta Pertolongan Profesional

Ketika merasa ada yang tidak beres dengan kehidupanmu, tanyalah diri sendiri, ‘apa daku memerlukan pertolongan seseorang?’. Ketika dirimu sendiri mengkonfirmasi hal itu, jangan ragu dan gengsi untuk segera ‘menyelamatkan diri sendiri’. Aksi ini menjadi tanda betapa berani dan tangguhnya kamu.

Silakan konsultasi – langsung atau tidak langsung – pada pemuka agama, terapis, psikolog, orang bijak, motivator, dsb, yang sekiranya supportive dan tidak mudah menghakimi. Pertolongan profesional tentu lebih baik, sebab kamu akan belajar life skills yang membantu menyerang balik depresi. Kamu belajar bagaimana memenej amarah, stres, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, meningkatkan pemikiran yang positif, dsb.

  1. Memperbaiki dan Mengeratkan Hubungan dengan Tuhan

Ketika segala ikhtiar sudah dikerahkan, dan keadaan masih terasa sama, sebenarnya hati sudah tahu ke mana akan berlabuh. Bagi yang memiliki keyakinan, kamu tahu siapa yang terbaik dan paling memahami segala aduanmu. Barangkali segala kesulitan, kesempitan, kegelisahan, dan perasaan tak utuh itu berasal dari jarakmu dengan Sang Tuhan. Bunuh Diri Orang Terkenal Menjadi Peringatan: 13 Cara Mandiri Menghadapi Depresi. #RD

Related Post

2 thoughts on “Bunuh Diri Orang Terkenal Menjadi Peringatan: 13 Cara Mandiri Menghadapi Depresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + fourteen =