Mengatasi Penyakit Khas Indonesia, Masuk Angin, Tanpa Menggunakan Obat

Posted on
masuk angin, contoh tanda gejala masuk angin, ciri ciri masuk angin berat, masuk angin muntah, ciri-ciri masuk angin dan cara mengatasinya, gejala masuk angin dan pengobatannya, masuk angin tanpa obat, bolehkah mandi saat masuk angin
Via: betipulnet.co.il

Apa istilah medis untuk masuk angin? Apa Bahasa Inggris dari masuk angin?

Menurut Hellosehat.com, ternyata sejauh ini tidak ada. Kalau dalam Bahasa Inggris sih, daku pernah menggunakan istilah ‘catch a cold’. Itu pun jatuhnya malah jadi demam/ pilek/ flu, ya. Jadi sebenarnya, istilah masuk angin hanya ada di Indonesia. Asli dari dalam negeri.

Mayoritas warga tanah air, dari mana pun asalnya, pasti mengenal fenomena yang satu ini.

Masuk angin itu identik dengan ‘penyakit’ yang ditandai dengan rasa tak enak badan, pegal, pusing, perut serasa penuh atau kembung, mual, dsb. Pemicunya sendiri bisa karena kehujanan, cuacanya dingin/ hujan, terlalu lama beraktivitas outdoor, atau juga kurang bersahabat dengan AC.

Masuk Angin Muntah

Maaf ya kalau membacanya kurang nyaman. Kondisi ini daku alami pada Kamis (30/11/2017). Waktu itu fisikku dalam keadaan capek. Kalau ada kesempatan, daku pengin sekali diam selonjoran.

Namun karena butuh belanja untuk memenuhi pesanan dan mengisi stock, daku pun ke luar menggunakan motor (dibonceng). Cuacanya dari pagi sampai sore terus saja ‘berair’. Gerimis disertai angin kencang.

Tetapi daku percaya diri, karena daya tahan tubuh ini biasanya kuat.

Hanya saja di tengah perjalanan, daku sudah merasa ada ‘yang tidak beres’. Badan serasa panas dingin, kepala puyeng, sakit ketika menelan, dan rasa mual semakin menjadi-jadi. Puncaknya, daku (maaf) muntah.

Tetapi rasa lega itu hanya bertahan sebentar. Perjalanan yang sebenarnya hanya 12-15 km jadi serasa amat sangat jauh. Daku hanya berusaha untuk tetap terjaga agar tidak oleng dan terjatuh dari motor. Kondisi ini benar-benar sangat menyiksa.

Padahal daku sudah jarang sakit.

Sesampainya di rumah, daku kembali (maaf) muntah. Tetapi daku paksakan mandi air dingin karena risih dengan kondisi badan, di mana keringat jadi campur aduk dengan air hujan. Ah, rasanya kalau ada makanan kesukaan yang ditawarkan gratis pun, daku tak akan mampu melahapnya. Benar-benar tak berselera.

Baca Juga: Sehat Itu… Rasanya Bagaimana?

Masuk Angin Kerokan

Ibu sempat keukeuh agar daku meminum sebuah obat ‘anti masuk angin’. Tetapi daku tak biasa, sehingga menolaknya. Hanya saja, daku memang meminta dikerok. Itu pun hanya sekadar dibalur dengan balsem, lalu punggungnya tak bisa lama-lama terus ditekan.

Menurut artikel dalam Hallosehat.com yang sudah direview tim kesehatan, gejala masuk angin itu memiliki penyebab dan penanganan yang berbeda-beda. Untuk kerokan sendiri, dari segi medis katanya tidak begitu membantu. Yang ada, pori-pori tubuh jadi melebar dan terbuka. Kalau gejalanya cuma kembung, biasanya kerokan tak begitu berpengaruh.

Masuk Angin Tanpa Obat

Kerokan bikin tubuhku jadi lebih hangat. Daku semakin menghangatkan diri dengan mengenakan sweater. Selanjutnya daku memaksakan diri untuk minum air hangat. Namun daku memutuskan untuk tidak makan dulu. ‘Kontraksi’ pasca muntah berkali-kali masih terasa. Biarkan perutnya istirahat dulu.

Ah selezat apa pun makanannya, kalau sedang sakit ya jadi lupa bagaimana cita rasa enaknya dan cara menikmatinya.

Kalau badan sudah merasa baikan, tinggal rehat saja. Upaya ini gratis dan mudah. Nikmat!

Tepikan dulu kerjaan yang belum rampung, chat yang belum dibaca/ dibalas, utang yang belum dibayar, dsb. Kalau sudah bangun dan merasa bugar, insya Allah aktivitas akan kembali lancar.

Tetapi waspadai ‘masuk angin berat/ parah’ yang melanda. Misalnya masuk angin disertai muntah terus-menerus, muntahnya aneh (misalnya merah dan keluar darah), diare, atau penderitanya sampai pingsan. Seperti yang disinggung sebelumnya, gejala yang berbeda memiliki pemicu dan penanganan yang berbeda juga. Sebaiknya kunjungi klinik atau rumah sakit terdekat. Mengatasi Penyakit Khas Indonesia, Masuk Angin, Tanpa Menggunakan Obat. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − sixteen =