Mengetahui Tanda-Tanda Sudah Waktunya untuk Move On

Posted on
waktunya move on, berapa lama wanita bisa move on, berapa lama pria melupakan mantan, waktu move on
Image via: thoughtcatalog.com

Move on itu kapan, sih? Apa harus cepat? Atau nunggu waktu dulu?

Bagaimana kita bisa tahu waktu yang tepat untuk mulai jaga jarak, bahkan melepaskan diri dari seseorang atau sesuatu?

Banyak orang, mungkin kamu sendiri, yang memilih untuk bertahan ketimbang udahan. Kamu menganggap kalau ‘tetap diam di tempat’ adalah opsi paling aman. Jadinya kamu tetap menjaga hubungan pertemanan, percintaan, pekerjaan, dsb.

Kamu menghabiskan waktu bersama, saling mengisi, saling menyakiti, dan saling belajar.

Move on atau melepaskan sesuatu itu tidak semudah menuliskannya. Banyak artikel menarik yang membahas ‘tips move on dari gebetan’, ‘cara move on dari mantan terindah’, ‘cara move on dari pekerjaan lama’, dll. Tetapi pada praktiknya masih ada kerumitan. Njelimet. Tergantung kasus.

Hanya saja, terkadang memberanikan diri untuk tidak bertahan dan memilih move on adalah pilihan terbaik. Keputusan berat ini menjadi salah-satu cara menyayangi diri dan hati sendiri.

Bagaimana Tanda Keharusan Move On Sudah Dekat?

Sebenarnya kamu sendiri bisa mengetahuinya dari bisikan hati. Kuncinya ada di dalam. Hatimu sendiri yang bilang ‘ada sesuatu yang enggak beres’, ‘ada sesuatu yang enggak bisa diperbaiki’, ‘semua ini hanya mendatangkan penderitaan tiada akhir’, atau ‘sudahlah, sepertinya harus mengambil jalan keluar terakhir’.

Beberapa orang enggan mengaku kalau hubungan yang sedang dijalaninya sebenarnya bermasalah. Mereka pun terus bertahan walau faktanya malah jadi beban dan menyakitkan.

Karenanya, move on juga bisa diputuskan kalau kamu sudah berani untuk jujur. Bahwa sebenarnya hubunganmu itu beracun. Bahwa sebenarnya mempertahankan itu hanya membawa mudhorot ketimbang manfaat.

Hhh… tidak simpel, memang. Apalagi mengakhiri sesuatu itu biasanya  disusul dengan drama terlebih dahulu. Kamu merasa lega sekaligus sedih, merasa bersalah, sakit hati, dan segala sesuatunya jadi serba tidak pasti. Butuh waktu untuk kembali menjernihkan segalanya.

Tetapi fase itu tentu tak akan kekal. Ada masanya untuk sakit, bangkit, lalu memperbaiki diri menjadi lebih baik. Mengetahui Tanda-Tanda Sudah Waktunya untuk Move On. #RD

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =