7 Hal yang Dianggap Aneh dan Sulit Dimengerti Oleh Orang Introvert

Posted on
7 Hal yang Dianggap Aneh dan Sulit Dimengerti Oleh Orang Introvert, kelebihan orang introvert, ketika orang introvert marah, pribadi introvert, kepribadian introvert menurut para ahli, orang introvert lebih berbahaya, introvert adalah penyakit
Image via: coach.nine.com.au

Bisa dibilang, introvert itu lain daripada yang lain. Kami lebih menyukai suasana kalem, nyaman menyendiri, kikuk ketika berbasa-basi, berpikirnya lama, dsb. Kami juga cenderung sering mengalami momen aneh.

Misalnya ketika penyanyi introvert belum terkenal, dia mengerahkan kemampuannya agar suara dan karyanya itu diapresiasi. Namun ketika publik sudah menyoroti suara dan karyanya, dia malah cemas sendiri. Rasanya kurang nyaman menjadi pusat perhatian.

Nah, berikut ini beberapa hal yang dianggap normal oleh orang kebanyakan, namun introvert justru memandangnya sebagai sesuatu yang aneh dan sulit dimengerti. Apa saja? Jom!

1. Menyendiri itu Membosankan

bosan sendirian, cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh, cara menghilangkan bosan saat liburan, cara menghilangkan rasa suntuk di rumah, cara menghilangkan bosan dalam hubungan
Image via: technologyvista.in

Wajar kalau ada “manusia biasa” yang menyatakan hal ini. Mereka biasanya tidak bisa kalau tidak ramai-ramai atau ditemani seseorang. Mau makan, belanja, traveling, bahkan nonton teve pun harus ada manusia lainnya.

Kontras dengan introvert, yang justru mudah lelah kalau terus-terusan dikelilingi oleh manusia lainnya. Bukan, bukannya kami ini pembenci manusia. Hanya tak habis pikir saja, kok ada yang menganggap kalau kesendirian itu membosankan. Enggak, ‘kan?

2. Hobi Nelpon dan Video Call

telponan, orang introvert kurang suka telponan, orang introvert kurang suka video call, orang introvert lebih suka chat
Image via: wisegeek.com

Mengerti, sih, jaman now itu segalanya pengin serba cepat. Ketika ada yang ngechat, terus kami sedang mengetik, ada beberapa orang yang kurang sabar melihat bubbles yang terus bergerak-gerak. Mereka pun memutuskan untuk menelpon atau nge-VC.

Karena kurang suka, kami tidak mengangkatnya. Kami memilih komunikasi via teks.  Tetapi mereka malah kembali menelpon/ VC. Terus saja demikian, sampai Ayah Pidi Baiq membuka siapa sosok Dilan dan Milea yang sebenarnya.

3. Terus-Terusan Berbicara

Introvert cerewet, semua tentang introvert, ketika orang introvert marah, pribadi introvert, jenis orang introvert, kekuatan introvert, keunikan introvert
Image via: albertomariotto.it

Kok bisa ya, ada orang yang seperti tak pernah kehabisan stok kata-kata. Terus, cerewet juga. Diamnya itu paling beberapa detik, lalu omongannya kembali merambat. Napasnya panjang. Kami pun sampai susah ketika ingin menyelipkan sepatah dua patah kata.

Kalau introvert sendiri justru irit penggunaan kata, khususnya kalau sedang berbicara. Kami seakan perlu memilih dan menyusun segalanya, sebelum benar-benar disembulkan. Kami juga enggan berkomentar banyak pada topik-topik yang sekiranya tidak berkepentingan.

4. Selalu Siap, Walau Mendadak

introvert ceria, introvert cerita, introvert dan ekstrovert, kelebihan seorang introvert, ketika orang introvert marah, ciri orang introvert jatuh cinta
Image via: Quora.com

Kami cenderung memerlukan waktu untuk mempersiapkan mental. Entah sebelum kedatangan tamu, mengikuti wawancara, menghadiri reuni, mengajar, bahkan kalau hendak direkam – lalu disebarkan di media sosial. Semua itu tak bisa dilaksanakan seperti menggoreng tahu bulat, yakni dadakan. Mesti ada pemberitahuan dan persiapan dulu.

Karenanya, aneh juga kalau ada orang-orang yang seperti siap sedia 24 jam. Selama tidak ada kegiatan lain, mereka seakan tak butuh waktu lama untuk mengiyakan ajakan ketemuan, bermain, rapat mendadak, dsb. Wuih!

5. Kuantitas Bisa Lebih Penting Dari Kualitas

berapa orang sahabatmu, kata mutiara ali bin abi thalib tentang sahabat, nanti akan kuhitung setelah aku tertimpa musibah, berapa banyak teman yang kamu miliki
Image via: business.gov.au

Pernah bertemu dengan seseorang yang pacarnya lebih dari satu, dan teman-temannya amat sangat banyak? Dia sampai begitu sibuk. Jalan sedikit, sudah ada yang menyapa dan mengajak ngobrol. Begitu tinggal berdua, ponselnya terus bunyi. Banyak orang yang menghubunginya. Dia juga bisa curhat ke siapa pun yang dikenalnya. Well, energinya banyak juga.

Kalau orang introvert lebih memilih untuk menyeleksi lingkaran orang terdekatnya. Tempat curhatnya pun hanya beberapa saja. Bahkan ada juga yang sengaja tak menyebarluaskan nomor kontaknya, dan cukup memberitahukan orang terdekat saja.

6. Sengaja Mencari-cari Perhatian

cari perhatian, penyakit haus perhatian, ciri-ciri caper, cari perhatian di facebook, ciri ciri orang perhatian sama kita, cari perhatian gebetan, cari perhatian wanita
Image via: The Pitt News

Di era media sosial seperti sekarang, sudah lumrah rasanya untuk memancing perhatian khalayak. Malah banyak yang niat banget biar bisa jadi viral, membentuk pencitraan, atau jadi trending topic. Ada kepuasan tersendiri ketika perhatian itu didapatkan. Sebaliknya, stres dan kecewa juga apabila tak ada yang memerhatikan.

Namun introvert tidaklah demikian. Kami justru tak bisa membayangkan bagaimana malu dan ‘kagoknya’ bila ada teman yang bikin kejutan ulang tahun, kekasih yang melamar di tengah kerumunan, keluarga yang ngajak live seru-seruan di Instagram, dsb. Oh, no! Hush.. hush.. menjauhlah, perhatian.

7. Bersosialisasi Hanya untuk “Membunuh Waktu”

pergaulan introvert, semua tentang introvert, kelebihan introvert, keunikan introvert, introvert tidak suka gosip
Image via: 1ohww.org

Salah-satu fitnah yang sering mendera introvert itu adalah ‘anti-sosial’. Padahal kami sekadar tebang pilih. Enggan rasanya hanya kumpul-kumpul, biar dibilang gaul dan ahli bersosialisasi, padahal enggak ada acara apa-apa. Paling banter hanya menggosip.

Nah, ada sekelompok orang yang datang ke pesta atau suatu perkumpulan karena memang tidak ada kegiatan. Sementara kami lebih memilih untuk mengisi waktu luang itu dengan menonton film, menulis, membaca, surfing di internet, atau tidur. Kalau pun mesti hang out, seengaknya acara tersebut mesti memiliki tujuan. Entah untuk menonton film yang baru rilis, mendiskusikan sesuatu, berbisnis, dsb. Tidak sebatas membunuh waktu belaka.

Hmm… apakah introvert lain juga menganggap aneh ketujuh hal di atas, ya? 7 Hal yang Dianggap Aneh dan Sulit Dimengerti Oleh Orang Introvert. #RD

2 thoughts on “7 Hal yang Dianggap Aneh dan Sulit Dimengerti Oleh Orang Introvert

    1. Menurut daku mah memang sulit, Mbak. Hehe…
      Enggak harus selalu menyendiri, sih, cuman waktu “me time”-nya memang lebih lama/ panjang. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 6 =