6 Sandal Sehat, Nyaman, dan Manis Rekomendasi Para Podiatris

Posted on
sandal sehat, manfaat sandal kesehatan, sandal sehat dan nyaman, sandal rekomendasi podiatris, podiatrist adalah, podiatry jakarta
Image via: mirror.co.uk

Boleh bertanya hal pribadi? Kamu lebih suka sandal atau sepatu?

Saya belum menyadari lebih suka yang mana, sampai kemudian menerima protes dari kakak perempuan. Ternyata bukan cuma sebagian netizen, dia juga bisa nyinyir sama adiknya sendiri. Dia tidak suka saja kalau saya pakai sepatu ke mana-mana. Mana modelnya itu simpel, enggak stylish.

Tapi, Kak, saya bisa apa kalau sudah merasa nyaman? Masa kita dikeluarkan dari rahim dengan susah-payah hanya untuk tampil gaya (di mata orang lain)?Meh.

Kakak memahami kalau sepatu itu lebih direkomendasikan untuk dijadikan alas kaki. Selain nyaman dan “enggak ke mana-mana”, sepatu juga lebih bisa melindungi. Sementara sandal jadi alas kaki yang kurang ramah dan “terbuka”.

Beruntung saya menemukan secercah petunjuk via Health/style.com. Menurut podiatrist/ podiatris alias ahli penyakit kaki, tak semua sandal itu jahat. Masih banyak sandal wanita yang bisa dijadikan penunjang penampilan tanpa harus mengorbankan kesehatan. Sandal yang seperti apa? Jom!

 

1. Sandal Five Two

 

sandal sehat, sandal five toe
Image via: toesox.com

Terdapat selipan-selipan yang membuat kaki jadi mencengkeram dengan baik. Berjalan pun jadi lebih mantap. Seorang podiatrist dan trainer fitness asal New York, Emily Spichal, merekomendasikan pasiennya yang mengeluhkan penyakit hammer toe (adanya deformitas (perubahan bentuk) sendi yang letaknya paling dekat dengan ibu jari kaki).

 

2. Sandal Footbed

 

sandal footbed, sandal sol dalam, sandal sehat
Image via: cookandloveshoes.com

Perusahaan alas kaki yang baik tentu ingin menyajikan produksi berkualitas. Salah-satunya dengan membuat sandal footbed (alas dalam sepatu) yang lembut dengan harga terjangkau. Sandal ini direkomendasikan oleh podiatris yang berbasis di Washington DC, Howard Osterman.

 

3. Sandal Vionic Paden

 

sandal Vionic Paden, sandal sehat
Image via: Youtube.com

Sebagai podiatris, Hilary Brenner, langsung menyarankan sandal Vionic Paden. Perusahaan itu memang didirikan oleh seorang podiatris, sehingga dinilai lebih tahu apa yang dibutuhkan pembeli. Sebab, podiatris memang paham  biomekanika kaki. Segala sesuatunya pasti dipertimbangkan dengan saksama.

 

4. Sandal Kayla

 

sandal kayla, sandal kayla naot, sandal sehat
Image via: zappos.com

Sandal ini dilengkapi dengan tali hook & loop di punggung kakinya. Sementara backstrap-nya bisa membantu stabilitas dan sokongan kaki ketika melangkah. Podiatris bernama Grace Hodges asal Pensacola (Fla) yang merekomendasikannya. Selain nyaman, tampilannya juga bagus. Apalagi untuk sandal wanita

 

5. Sandal Therafit

 

sandal therafit, sandal sehat
Image via: hollysturdyclow.co.uk

Sandalnya klasik, tapi pamornya enggak pernah pudar. Talinya bisa disesuaikan, sehingga banyak orang yang tetap memfavoritkannya. Termasuk juga Dr. Spichal. Menurutnya, sandal jenis ini (dengan merek tertentu) bisa menyangga dan menstabilkan kaki. Nyeri tumit, plantar fascitis, dan rasa sakit karena kondisi melengkung pun diklaim bisa teratasi.

 

6. Flip-Flops/ Sandal Jepit

 

sandal jepit, sandal jepit sehat, sandal flip flops
Image via: ingredientsinc.net

Seorang podiatris tak akan lepas dari pertanyaan tentang sandal jepit. Termasuk Dr. Hodges, yang menyarankan brand tertentu; Okukai, Flip Flops, dan Vionic. Meski identik dengan “sandal kamar mandi”, namun perusahaan justru mengemasnya sedemikian rupa. Sekarang banyak sandal jepit yang dijadikan alas kaki untuk bermain atau jalan-jalan. Orang-orang juga memfavoritkannya. Kualitas sandal jenis ini memang tergantung dari desainnya juga.

Bagaimana kalau budget-nya kecil, namun ingin sandal wanita branded yang terbaik?

Mahal dan murah memang relatif. Lagipula harga bukanlah tolok ukur kesempurnaan alas kaki. Kalau sandalnya 1 jutaan, tapi nomornya tak sesuai, dijamin tak akan terpakai. Untuk itu, tipsnya:

  • Beli sandal yang ukurannya sesuai dengan kaki. Selain terlihat sempurna, sandalnya akan nyaman digunakan.
  • Mau sandal wanita atau pria, pilihlah sesuai model dan tampilaan kesukaan. Sandal tersebut akan menjadi gambaran kepribadian sekaligus modal rasa percaya diri.
  • Cari sandal branded. Kalau kepentok di harga, searching dulu yang murah meriah. Apalagi sekarang banyak marketplace atau online shop. Tinggal dipantau saja. Syukur-syukur kalau ada promo dan diskonnya.
  • Mantapkan pilihan pada warna yang netral atau sesuai dengan outfit yang ada.

Nah, sudah tergambar kan mau membeli sandal model bagaimana? Ayo belanja! Demikian, 6 Sandal Sehat, Nyaman, dan Manis Rekomendasi Para Podiatris. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × three =