1 Senjata Andalan Haters untuk Menyerang Para Blogger

1
SHARE

10 Tips Agar Mendapat Kepercayaan Pembaca

tips mendapat kepercayaan, blogger mendapat kepercayaan pembaca, tips agar dipercaya kembali
By: Amanda Cass via Ig: @deeannrose

Membuat orang lain agar percaya pada kita memang tidak mudah. Prosesnya cukup panjang dan dijalani dengan perlahan. Daku tak memiliki tips pasti terkait hal ini, namun ada beberapa yang bisa kita terapkan:

  1. Kita musti jujur ketika menulis konten. Apakah isinya memang pendapat sendiri yang subjektif, berdasarkan sumber lain, atau baru berupa dugaan.
  2. Pemilik atau pengelola blog bisa membuka jati dirinya. Kita bisa ungkap poto diri, nama asli/ panggilan, serta media untuk dihubungi. Baik via email, akun media sosial pribadi, pin BBM, no ponsel, dsb.
  3. Jika sudah memberikan media agar pembaca dan blogger bisa saling kontak, tentu kita musti meresponsnya dengan bijak.
  4. Sampaikan apa adanya, meski isinya buruk atau jelek. Khususnya ketika membuat review sesuatu. Job tersebut memang mewajibkan kita untuk persuasif, memengaruhi pembaca dan menghujaninya dengan tulisan bernada baik. Namun alangkah lebih baiknya kalau kita tidak menyembunyikan sisi lemah atau kekurangan dari sesuatu yang direview itu.
  5. Jika banyak info atau data yang terungkap, sebisa mungkin kita sertakan sumbernya. Dengan demikian, apa yang kita sampaikan memiliki kekuatan.
  6. Beri ruang pada pembaca untuk berkomentar, memberi kritik, saran, dsb.
  7. Tak perlu ragu untuk meminta maaf jika terjadi kesalahan.
  8. Editing bisa dilakukan jika memang ada yang perlu diralat.
  9. Kalau bisa, jangan terlalu “kelihatan matrenya”. Misalnya dengan memborbardir postingan yang bersponsor. Pembaca bisa saja berpikiran kalau misi utama aktivitas blogging kita hanyalah materi, dan mengesampingkan isi.
  10. Bila perlu, kita bisa jelaskan kapasitas diri ketika menulis sesuatu. Semisal karena kita tukang kebun, jadinya bisa menuliskan opini tentang tanaman, hama, tanah, dsb.
Baca Juga :  10 Hal yang Sebenarnya Terjadi Ketika Mengalami Writer’s Block

Kabar Gembira; Kepercayaan Publik Terhadap Blogger

Daku cari-cari, mungkin saja ada yang sudah melakukan survey tentang kepercayaan masyarakat terhadap blog. Namun sepertinya belum ada. Tapi jika sudah, kamu bisa beri info, ya.

Salah-satu blog Amerika, affili.net, sempat menggulirkan survey mandiri terhadap konsumen. Pertanyaannya singkat dan sederhana; Opini siapa yang paling kamu percayai? Survey ini kemudian mengumumkan top 10 pada 14 Mei 2015 kemarin.

Tebak, blogger ada di posisi berapa?

Ternyata blogger ada di urutan ke-3, setelah keluarga dan teman. Selanjutnya kontak di media sosial, kolega, jurnalis, tokoh agama, selebritis, sebuah brand, dan terakhir yaitu politikus. Ya ampun! Eh, tapi entahlah kalau survey itu digelar di negara kita.

Wah ternyata daku sudah menulis dengan sangat panjang. Semua ini tak lebih dari sekadar curahan hati sekaligus opini juga, ya. Thanks to Brother Kharis yang merekomendasikan agar pembahasan ini diposting.

Pada akhirnya… percaya atau tidak, yakin atau tidak, semua itu bukan urusan seseorang. Kita tak bisa mendikte atau memaksa pembaca. Namun kita masih bisa berupaya untuk menggamit dan melanggengkan kepercayaan mereka.

Nah, selamat berjuang kembali, ya. Semoga bisa menyeimbangkan misi ngeblog kita, sekaligus menjadi rahmat bagi semesta. Aamiin. 1 Senjata Andalan Haters untuk Menyerang Para Blogger. #RD

1
2
SHARE

1 COMMENT

  1. banyak kali hackers di blog, hacker blog membuat banyak orang cemas karena banyak orang yg menghasilkan uang di blog tetapi malah di bajak sama orang -_-

Comments are closed.