Home » et cetera (etc.) » Artis Korea atau KPOP » 10 Album Kpop atau Korea Terbaik dan Terlaris Tahun 2015

10 Album Kpop atau Korea Terbaik dan Terlaris Tahun 2015

10 Album Korea atau KPop Terbaik dan Terlaris Tahun 2015

10 Album Korea atau KPop Terbaik dan Terlaris Tahun 2015

By: Jean Shins via IG: @deeannrose

Album demi album rilis, mewarnai perjalanan tahun 2015 kemarin. Ada album boyband, girlband, duo, member grup yang berkembang jadi solo atau memang penyanyi solo “asli”. Mana yang jadi favorit kamu?

Sebagaimana kita tahu, album adalah koleksi dari beberapa lagu terbaik atau yang bisa diandalkan oleh musisi. Tentu mereka bekerja keras demi mempromosikan album tersebut, sehingga hasilnya begitu positif di pasaran. Bagaimanapun, musik juga termasuk industri, di mana banyak pihak yang menanti-nanti keuntungan.

Kadang kita hanya menebak-nebak, oh album si anu bakal laris atau booming di pasaran. Biasanya terlihat dari antusiasme fans, bahkan ketika proses teaser gambar atau video. Lalu kita juga bisa berasumsi ketika musisi itu melakukan berbagai aktivitas promosi, manggung sana-sini, konser, dsb. Namun kita kadang penasaran, berapa angka yang benar-benar mereka capai.

Nah, kemarin-kemarin situs instiz.net membocorkan apa yang sudah diungkapkan oleh Gaon. Jadi mereka itu menyajikan fakta terkait angka penjualan album Kpop yang memang sudah banyak keluar. Siapa tahu gitu, penyanyi Korea favorit kamu juga masuk list? Hehe… kita mulai dari nomor 10 dulu, ya?! Jom!

#10. Jay Park – “Worldwide”

cover album jay park world wide

Jay Park bersama label hip hop kebanggaannya, AOMG, meluncurkan album bertajuk “Worldwide” pada 5 November 2015 kemarin. Album ini tentu cukup memuaskan penggemarnya, sebab total ada 18 track yang tersedia. Ada yang JP nyanyikan sendiri, dan banyak juga yang duet. Misalnya dengan Dok2 & The Quiett, Crush, Ugly Duck, GRAY, DJ Wegun, dsb. Total penjualannya sendiri tercatat sebanyak 32.397.

Baca Juga :  7 Penyanyi  Korea Perempuan dan Cara Mereka Menghadapi Komentar Pedas Para Haters

#9. Lee Hong Ki [FTISLAND] – “FM302″

cover mini album Lee Hongki FM302

Sebagai penyanyi utama dari FT Island, album solo Lee Hong ki sudah dinanti-nanti banyak fans. Sampai kemudian albumnya rilis pada 18 November 2015. Waktu rilisnya bersamaan dengan keluarnya video klip dari single “Insensible” yang melibatkan aktris Park Shin hye tersebut. Album tersebut laku sejumlah 36.955.

#8. IU – “Chat-Shire”

cover album mini album Chat Shire IU

Chat-Shire menjadi mini album IU yang rilis pada 23 Oktober 2015, versi digitalnya dulu. Total track yang ia persembahkan ada tujuh, yang diawali oleh single pembuka berjudul “Twenty-Three”. Kemudian disusul oleh lagu-lagu IU lain yang berjudul “Shoes”, “Zeze”, “The Shower”, “Red Queen”, “Knees” dan “Glasses”. Total penjualan albumnya sebanyak 43.184.

#7. Kyuhyun [Super Junior] – “Fall, Once Again”

album kyuhyun fall once again

Ada yang menunggu Kyuhyun? Ini dia “Fall, Once Again” yang menjadi EP alias extended play keduanya sang maknae Boyband Super Junior. Mini album ini memuat 7 lagu. Ada “A Million Pieces”, “Remember Me”, “Autumn SLeeves”, “Piano Forest”, “Because I Miss You”, “Wind”, dan “Ways To Say Goodbye”. Oppa berhasil menjual albumnya sebanyak 45.073.

#6. Kim Junsu [JYJ] aka XIA – “Yesterday”

cover album XIA aka Kim Junsu yesterday

Salah-satu raja lagu-lagu ballad Korea ini meluncurkan album “Yesterday”, tepat ketika kawan-kawan JYJ-nya sibuk oleh kegiatan wajib militer. Mini album dengan total track sebanyak 8 ini hadir pada 19 Oktober 2015. Lucia tampil sebagai penulis dan komposer dibalik karya Xia aka Junsu yang indah ini. Album ini sendiri berhasil  laku sebanyak 59.500.

Baca Juga :  Kisah-Kisah Persahabatan Diantara Artis Korea

#5. Kim Junsu [JYJ] aka XIA – “Flower”

cover album XIA aka Kim Junsu flower

Album ini sudah rilis duluan sebelum “Yesterday”. Yang satu ini meluncur ke publik pada 3 Maret 2015. Dalam album dengan total track sebanyak 13 buah ini, Junsu juga berkolaborasi dengan Tablo dari Epik High, Dok2 serta Naul dari Brown Eyed Soul. Semua susunan keren dalam album ini menempatkan penjualannya di angka 67.107.

#4. Sunggyu [INFINITE] – “27″

album sunggyu infinite solo 27

27 adalah mini album kedua Kim Sung kyu aka Sunggyu Infinite. Ketika rilis pada 11 Mei 2015, orang sudah terkesima dengan semua track yang ada, khususnya “The Answer” dan “Kontrol”. Belum lagi dengan lagu lain seperti “Alive”, “Daydream” dan “Reply”. Ia berhasil meraup angka 73.971 dalam proses penjualan karyanya.

#3. Jonghyun [SHINee] – “Base”

album base jonghyun shinee

Pada 12 Januari tahun 2015 kemarin, salah-satu punggawa SHinee ini menelurkan mini album “Base”. Selain suaranya yang berkarakter, Jonghyun memang kerap dipuji karena piawai dalam bermusik. Ia bahkan menjadi “dalang” dibalik semua lirik lagunya, kecuali 3 lagu yang ia gubah bersama Wheesung. Sebagai daya tarik dan tentu pelengkap karyanya, Jonghyun tak lupa menggaet musisi lain. Ada Zion T dalam lagu “Deja-Boo”, Iron dalam “Crazy (Guilty Pleasure) serta Younha dalam “Love Belt”. Albumnya sukses terjual sebanyak 74.110.

Baca Juga :  46 Artis Korea yang Lahir pada Bulan Agustus (Lengkap)

#2. Jung Yong Hwa [CNBLUE] – “One Fine Day”

album Jung yong hwa one fine day

Para penggemar sudah harap-harap cemas, akan bagaimana hasilnya Jung Yong hwa ketika melakoni debut solo. Siapa sangka, kekuatan vokalnya ternyata dipadukan dengan opening track bergenre ballad, yang sekaligus menjadi judul album “One Fine Day”. Emosinya semakin sampai manakala video klipnya resmi rilis. MV yang mirip kisah drama Korea singkat pun langsung meninggalkan kesan mendalam. Salah-satu member CNBlue yang ganteng ini pun berhasil menggaet angka cukup besar, sebesar 118.047.

#1. Taeyeon [Girls’ Generation] – “I”

cover album i kim taeyeon

Kim Taeyeon menjadi salah-satu leader grup yang paling ditunggu-tunggu debut solonya. Masih ingat saja bagaimana “pecahnya” netizen ketika diumumkan kalau Taeyeon merilis mini albumnya pada 7 Oktober 2015. Fans memang menyayangkan kalau penyanyi yang menjadi “best female artist” ini tak sampai bersolo karier.

Taeyeon pun membuktikan semua harapan dan kepercayaan yang disodorkan padanya. Album “I” rilis, dan dia langsung melancarkan “all-kill”. Jumlah views video klipnya saja sampai 46.561.704. Entahlah kalau detik ini. Meski sempat terjadi kontroversi, namun tak terbantahkan lagi, album “I” memang sukses besar. Karya yang terdiri dari I, U R, Gemini, Stress, dan Farewell ini bahkan terjual sebanyak 119.576.

Nah… selamat ya, semuanya. Karier dan karya baik kalian bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi para penggemar. Well, demikian 10 Album Kpop atau Korea Terbaik dan Terlaris Tahun 2015. #RD

*Sumber list: http://www.instiz.net/pt/3503559

error: