Home » et cetera (etc.) » Artis Korea atau KPOP » 10 Artis Korea atau Kpop yang Tampak Menyinggung Kasus Korea dan Jepang

10 Artis Korea atau Kpop yang Tampak Menyinggung Kasus Korea dan Jepang

10 Artis Korea atau Kpop yang Tampak Menyinggung Kasus Korea dan Jepang

skandal artis korea, skandal artis kpop, kasus tiffany dan bendera jepang, tiffany and rising sun flag, artis korea atau kpop dan bendera jepang rising sun

Via: @xolovestephi

Gimana memulainya, ya?

Topik Korea dan Jepang ini daku akui memang sangat sensitif. Apalagi pasca insiden yang menimpa Tiffany SNSD. Mianhae… bukannya ingin merojok luka atau bagaimana. Maafkan ya, Sone atau MySone (?), kalau postingan ini dirasa kurang nyaman.

Dari skandal tersebut, daku yakin banyak orang yang mulai mengubek sekilas sejarah antara Korea dan Jepang. Kita jadi belajar bersama. Bisa dibilang, mereka masih memiliki “masalah yang belum terselesaikan”, dendam, atau kenangan pahit tersendiri. Sehingga isu ini cukup menegangkan kalau jadi bahan perbincangan.

Tetapi sesuai dengan ulasan Kpop-Map, ternyata kasus ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya ada beberapa artis Korea atau Kpop yang terguncang skandal yang serupa dengan Tiffany. Begitu menyadari kekeliruannya, mereka juga segera memohon maaf. Walau harus diakui, efeknya terhadap Tiffany ternyata sangat massive. Daku benar-benar ikut berduka.

Daku memang bukan warga Korea, sehingga tak bisa benar-benar merasakan lukanya mereka ketika dikuasai Jepang. Yang kita tahu, rakyat Korea memang terkenal nasionalis, alias sangat cinta akan negerinya sendiri. Tapi daku juga bukan fansnya Tiffany. Netral. Hanya saja ikut iba dan prihatin atas dampak dari perbuatannya.

Selayaknya kita mengapresiasi permintaan maaf, ya. Daku rasa ia sudah cukup tersiksa dengan “hukuman sosial dan aneka hujatan” yang mengarah padanya. Dia bahkan tak segan-segan sudah mengaku “harus memperdalam sejarah”, dan hatinya hancur lebur akibat insiden ini. Jadi kalau dia sudah minta maaf dan belajar sesuatu dari masalah ini, tak ada salahnya untuk kembali merangkulnya ke jagat hiburan Kpop.

Baca Juga :  25 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Trainee KPop

Baiklah.

Jadi siapa saja artis Korea atau Kpop yang sempat menciptakan kontroversi terkait Korea dan Jepang ini? Jom!

#1. Tiffany (SNSD/ Girls Generation)

skandal tiffany snsd, tiffany dan bendera rising sun jepang, masalah tiffany, kasus tiffany snsd

Via: kpop-map.com

Kita mulai dari kasus yang masih hangat dulu. Tepat pada 15 Agustus kemarin, Korea merayakan hari kemerdekaannya. Namun di hari yang sama, Tiffany memposting poto di Instagram dengan caption ”Babes (bendera Jepang) (Love merah)”. Kebetulan mereka memang sudah turut serta dalam “SM Town Live World tour V”.

Ia juga memperbaharui story di Snapchat-nya. Ia menyertai tulisan “Tokyo Japan”, yang nahasnya dilengkapi dengan “Rising Sun Flag”, bendera yang dipakai Jepang di era penjajahan. Kontan saja netizen, yang kemungkinan besar K-Netz, segera bereaksi. Demikian juga dengan fansnya, yang langsung mengingatkan Tiffany. Dia sendiri sebenarnya sigap dengan segera menghapus postingan tersebut. Namun bagaimanapun, apa yang ia share sudah tersebar dan didokumentasikan. Tiffany kemudian menulis permohonan maaf via Instagramnya.

~

#2. T Ara

t ara, kasus t ara, kontroversi t ara, t ara and rising sun flag japan, cover album t ara bermasalah, video klip t ara kontroversial

Via: naver

Netizen itu memang teliti. Ketika T Ara meluncurkan video klip N4, mereka menangkap adanya simbol yang mirip dengan bendera “rising sun”. Tentu saja T Ara tak lepas dari kritik bahkan hujatan.

#3. 2PM

2pm, skandal 2pm, masalah 2pm, 2pm dan bendera the rising sun jepang, 2pm di panggung

Via: kpop-map.com

Boyband ini tengah asyik perform. Fansnya pun tengah asyik menikmati. Tetapi kemudian perhatian orang terbagi pada background panggung, yang tak lain merupakan “bendera matahari terbit”. Hal ini tentu tak lepas dari kritik pedas.

~

#4. VIXX

vixx, skandal vixx, vixx dan bendera the rising sun jepang, vixx diboikot, vixx boycott

Via: kpop-map.com

Bendera se-tabu rising sun juga sempat memojokkan boyband VIXX. Waktu itu mereka tengah membawakan “VIXX TV”, yang kebetulan lokasinya ada di Jepang. Dalam suatu episode, mereka terlihat mengenakan kostum lucu yang bergambar bendera matahari terbit. Penonton yang jeli langsung melancarkan kritiknya, sampai acara boyband ini mendapat kritik keras dan bahkan pemboikotan.

Baca Juga :  7 Artis Korea Perempuan dengan Fans Fanatik Terbanyak

#5. Jang HyunSeung

hyunseung, hyunseung dan hyuna, hyun seung japan, hyun seung dan bendera rising sun jepang, skandal hyun seung

Via: kpop-map.com

Hyun Seung masuk dalam jajaran artis Korea laki-laki yang paling populer dan disukai fans Jepang. Dalam sebuah foto selfie dengan Hyuna, sebagian besar fans tentu melihat persamaan sweater mereka. Namun sebagian lagi langsung menaruh perhatian pada dada Hyun Seung, yang terlihat jelas bergambar “the rising sun flag”. Hal ini tentu mengundang kontroversi.

~

#6. P.O (Block B)

P.O Block B, skandal PO Block B, kasus PO Block B jepang, kontroversi PO Block B

Via: kpop-map.com

Insiden yang menimpa member Block B ini mirip dengan Tiffany. Ia juga tanpa sadar sudah menyinggung rakyat Korea di hari kemerdekaan mereka yang ke-71 dulu. P.O tentu ikut meramaikan konser Block B. Namun kostum ia kenakan rupanya memicu kemarahan sebagian pihak. Dalam outfit putihnya terdapat kata-kata berbahasa Jepang yang kurang lebih memiliki arti “Nothing’s Wrong” atau “Enggak Ada yang Salah”. Sontak saja konsep tersebut diterjemahkan dengan penjajahan Jepang yang dianggap bukan perkara besar.

#7. Hyeri (Girl’s Day)

hyeri, kaos hyeri, kaus hyeri, hyeri kontroversi, hyeri girls day kontroversial, hyeri and rising sun flag, hyeri dan bendera rising sun jepang

Via: kpop-map.com

Hyeri pun sudah memilih baju yang keliru untuk dipakai ketika tampil. Kaus pendeknya jelas-jelas bertuliskan “My Shirt Will HELP Japan”. Bahkan di bagian dadanya terdapat bendera “rising sun” yang berbentuk hati. Hal ini tentu mengundang kesan yang tak sedap di kalangan pemirsanya. Bagaimanapun Hyeri merupakan warga Korea, member girlband Korea, dan sedang perform lagu dalam Bahasa Korea.

~

#8. T.O.P (Big Bang)

TOP Bigbang, top bigbang skandal, top bigbang rising sun flag japan, kasus top bigbang, masalah top bigbang bendera matahari terbit jepang

Via: kpop-map.com

Postingan ini benar-benar mengubek masa lalu, ya. Kontroversi bendera matahari terbit ini bahkan sempat menimpa T.O.P. Waktu ia masih belia, dan Big Bang pun masih sedang dalam tahap “perkenalan” di hadapan publik. Ya, seperti yang kita lihat, Top mengenakan jaket dengan gambar bendera “rising sun”. Waktu itu ia bahkan sedang tampil di TV nasional.

Baca Juga :  15 Artis Korea Laki-laki yang Terpopuler atau Terkenal Menurut Fans Jepang

#9. G Dragon (Big Bang)

g dragon, pose poto g dragon, skandal g dragon, masalah g dragon, kasus g dragon, g dragon and rising sun flag, g dragon dan masalah bendera mataheri terbit jepang

Via: kpop-map.com

Senasib dengan T.O.P, GD juga sempat jadi perbincangan hangat. Ia tampak berpose dalam sebuah cutout, yang jika kita perhatikan ternyata bergambar bendera matahari terbit. Namun hal tersebut terjadi di masa-masa awal kejayaan mereka. Tentu insiden itu sudah jadi pelajaran berharga bagi mereka.

~

#10. SNSD

skandal snsd, cover album genie snsd bermasalah, snsd dan bendera the rising sun jepang

Via: kpop-map.com

Selain Tiffany, girlband yang menaunginya juga sempat disinggung soal kasus ini. Entah kebetulan atau tidak, namun fans menaruh perhatian pada cover album “Genie”. Di dalamnya terdapat gambar jet yang menurut sebagian orang mirip dengan jet serang milik Jepang. Kamikazes juga menggunakan jet tersebut ketika Perang Dunia II. Untuk itu, orang-orang mengkritiknya. Album tersebut dianggap sebagai tamparan terhadap negeri sendiri.

~

Sisihkan rasa benci. Tahan diri untuk tidak menjadi haters. Kita banyak belajar dari skandal sensitif yang satu ini.

Sebenarnya masalah sejarah yang super sentimen ini sudah jadi sorotan lama. Banyak yang menyerukan agar artis Korea atau Kpop khususnya, dan remaja Korea pada umumnya, untuk semakin gencar belajar sejarah. Beberapa pihak bahkan menyarankan agar agensi entertainment juga turut andil dalam upaya pembelajaran sejarah. Bukan fokus pada bisnis atau komersilnya saja.

Nah, masalah yang rentan ini juga jadi cermin bagi fans luar negeri. Khususnya kita, Indonesia. Kita pun semestinya semaki termotivasi untuk lebih cinta dan bangga pada bangsa ini. Apapun wujudnya. Semoga ada hikmahnya. 10 Artis Korea atau Kpop yang Menyinggung Kasus Korea dan Jepang. #RD

error: