Home » My Files » Kumpulan Artikel Menarik » 10 Hal Asyik Kalau Bersahabat dengan Orang yang Blak-Blakan

10 Hal Asyik Kalau Bersahabat dengan Orang yang Blak-Blakan

10 Hal Asyik Kalau Bersahabat dengan Orang yang Blak-Blakan

blak blakan, orang yang blak blakan, blak blakan adalah, teman yang blak blakan, sahabat yang blak blakan, keasyikan orang yang blak blakan, manfaat blak blakan

By: @nabhan_illustrations via IG: @deeannrose

Ada yang langsung tertarik dengan postingan ini? Apa kamu termasuk orang yang memiliki sahabat blak-blakan, atau kamu sendiri memang seseorang yang ceplas ceplos? Hehe…

Eksistensi orang yang blak-blakan itu masih terbilang banyak. Kabar bahagianya, kehadiran  mereka memang kita butuhkan. Mereka adalah sosok yang tahu dan berani mengemukakan pendapat aslinya; buruk atau baik, bagus atau jelek, pantas atau tidak, dsb.

Terkadang kita sering memilih mengenakan topeng dalam beropini. Hal tersebut dipengaruhi berbagai hal. Misalnya takut menyakiti orangnya, karena berlainan dengan pendapat kebanyakan, pengin asal cepat saja, dsb. Tetapi semua itu tak berlaku bagi mereka yang blak-blakan. Diseruduk saja.

Yang ceplas ceplos itu tidak terlalu terpengaruh oleh orang lain. Apa yang mereka kemukakan pure berdasarkan pandangan sendiri. Karenanya disamping “kemalangan” memilki sahabat yang blak-blakan, kita juga sebenarnya musti memandang dari sisi lain. Mereka itu jujur, jelas, seadanya, tak ada yang ditutupi, dan enggak pura-pura.

Untuk lebih rincinya, jom!

#1. Mereka Bebas Modus

Jika kita pengin tahu pendapat orang lain, sosok yang blak-blakan bisa jadi pilihan. Mereka tak akan membalut suatu pandangan dengan tujuan agar kita senang, atau agar posisi mereka aman. Justeru mereka lebih memilih berkata seadanya dan menanggung risiko atas kejujuran itu.

Baca Juga :  Alasan Kenapa Hadiah Barang & Hukuman Fisik Bisa Tak Efektif

#2. Mereka Bukan Penakut

Ibaratnya, orang yang blak-blakan hanya menjawab “iya” atau “tidak”, bukan “mungkin”. Jadi pendapat mereka itu pasti, tegas dan jelas. Mereka bukan sosok yang argumennya takut tak diterima atau terlalu berbeda dengan yang lainnya. Mereka begitu percaya diri. Dan, figur seperti ini kadang sangat kita butuhkan, khususnya ketika pengin meningkatkan kekuatan dan kepercayaan di dalam diri sendiri.

#3. Mereka Menghargai Persahabatan

Biasanya kita menganggap kalau blak-blakan itu adalah sikap yang tak sopan. Namun jika sahabat kita memang begitu, tujuannya bukanlah untuk menjatuhkan. Mereka tak mau jadi pribadi yang berbelit-belit, sehingga menutup-nutupi opininya sendiri. Apa yang diprioritaskan justeru yang sekiranya terbaik bagi kita. Namun jika sarannya salah, mereka juga tak akan segan-segan minta maaf atau melakukan sesuatu untuk menebus kekeliruannya itu.

#4. Mereka Blak-Blakan untuk Minta Maaf

Seorang sahabat biasanya sulit untuk mengatakan terima kasih atau maaf. Ungkapan seperti itu terkesan kaku. Namun orang yang blak-blakan biasanya mudah untuk mengakui kesalahan dan memohon maaf. Apalagi kalau mereka sadar, apa yang sudah dilontarkan ternyata menyakiti perasaan.

Baca Juga :  Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya + Contoh (Bagian 6)

#5. Mereka Tahu Mana yang Baik dan Mana yang Buruk

Kita semua memiliki standard tersendiri, soal mana yang pantas dan mana yang kurang pantas. Orang yang ceplas-ceplos pun tak akan menampiknya. Dan jika sekiranya apa yang diusulkan itu dianggap baik, maka mereka akan mempertahankannya dengan alasan kuat. Mereka sendiri tahu mana batasannya. Biasanya orang yang kurang setuju pun tak akan memengaruhi keputusannya.

sahabat cerewet, teman cerewet, teman cerewet, teman rewel, orang ceplas ceplos, orang blak blakan

Via: elementsolutions.com

#6. Mereka Adalah Orang yang Fun Alias Asyik

Walau terkadang sering menyakitkan, namun kita juga mengakui kalau mereka sering menjadi sumber tawa. Ada kesan kalau mereka itu humoris, sehingga kita jadi diingatkan, kalau segala sesuatu yang tak musti ditanggapi dengan terlalu serius. Intinya, kepribadian mereka itu menghibur, menarik, dan asyik.

#7. Mereka itu Pemaaf

Jika sudah menyadari kesalahan, mereka akan mudah meminta maaf. Begitu pun ketika kekeliruan itu datang dari kita, pemberian maaf akan gampang diberikan. Selain itu, mereka juga jujur atas perasaan yang dirasakan. Mereka lebih memilih mengkomunikasikannya dengan cepat dan terbuka.

#8. Mereka Bukan Tipikal Pendendam

Kita hanya manusia, tak sempurna. Kita juga bisa berotak jahat dan menyakiti seseorang. Jika kebetulan yang menjadi korbannya adalah sahabat ceplas-ceplos kita, mereka akan terbuka. Mereka bukan tipikal yang diam, dan membiarkan kebencian itu ditumpuk sampai tumbuh menjadi rasa dendam.

Baca Juga :  Jin dan fenomena Kesurupan atau Kerasukan

#9. Mereka Menghormati Pendapat yang Lain

Ceplas-ceplos bukan berarti memaksa orang untuk menyetujui opininya. Bukan itu yang menjadi tujuan mereka. Misinya hanyalah mengungkapkan kata hati sejelas dan sejujur mungkin. Selanjutnya, soal mengambil keputusan, tentu diserahkan pada kita.

#10. Mereka Berusaha Memudahkan, Bukan Menciptakan Lika-Liku

Ciri khas orang yang blak-blakan adalah mengemukakan pendapat seperti kacang tumpah. Langsung begitu saja, tanpa berkelok-kelok. Mereka tak ingin mempersulit. Tujuannya hanya ingin kita tahu, di mana mereka berpijak atau pandangan mana yang mereka pegang. Hal tersebut kadang membuat sesuatu yang gelap jadi mendapat secercah cahaya, sesuatu yang buyar jadi mulai jelas, atau sesuatu yang berantakan jadi sedikit lebih rapi.

Well, adakah yang memiliki tipikal sahabat yang blak-blakan? Kalau ingin berterima kasih karena mereka selalu ada buat kita, alangkah lebih baiknya diungkapkan saja. Blak-blakan saja. ^_^. 10 Hal Asyik Kalau Bersahabat dengan Orang yang Blak-Blakan. #RD

error: