10 Keajaiban yang Akan Menghampiri Otak Jika Rutin Menulis Setiap Saat

6
SHARE

manfaat menulis, keuntungan menulis, terapi menulis, keajaiban menulis, menulis rutin, menulis setiap hari, menulis setiap saat
By: Evandroschiavone via IG: @deeannrose

#6. Komunikasinya Lebih Fasih

Bergaul dengan tulis-menulis tak hanya membuat kosa-kata kita semakin kaya, namun juga meningkatkan kualitas struktur bahasanya. Hal ini tentu sangat menguntungkan, apalagi kalau bisa kita terapkan dalam proses komunikasi. Baik itu secara langsung maupun melalui media. Bahasanya lebih tertata, komunikasi lebih rapi, dan interaksinya pun semakin lancar.

#7. Membuat Kita Selalu Kebelet Membaca

Yang membaca, belum tentu tergerak untuk menulis. Tapi kalau yang menulis, kemungkinan besar akan tergugah untuk membaca. Bahkan orang yang suka menulis cenderung memiliki otak yang selalu memerintahkan diri agar menjadi pembaca yang haus dan rakus. Bacaannya bisa berasal dari apa saja. Ya blog orang lain, sobekan kertas di jalan, buku, status orang, portal berita, dsb. Kegiatan tersebut menjadi vitamin tersendiri untuk ide baru, motivasi, bahan studi, referensi, penambah koleksi kata, dsb.

#8. Menambah Kenalan

Penulis introvert atau ekstrovert akan memiliki banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan yang lain. Misalnya dengan pembaca sendiri, penulis lain, teman-teman satu komunitas, dsb. Apalagi sekarang zamannya media sosial. Otak akan bekerja sendiri untuk saling berbagi dan terlibat dalam banyak kegiatan yang menyangkut dunia literasi. Tak jarang, banyak juga yang sampai kopdar atau kopi darat atau janjian untuk ketemuan.

#9. Dibuat Berpikir Soal Karier

Aktivitas menulis tak perlu gelar atau tuntutan waktu tertentu. Menulis tak akan mempertanyakan kita ini lulusan apa. Menulis juga bisa dilakukan secara sambilan, tak peduli apapun profesi utama kita. Tapi karena sudah suka, biasanya otak akan selalu meluangkan waktu untuk menulis. Lama-lama kita jadi terpikirkan untuk mengkomersilkan hobi tersebut. Entah dengan menerbitkan buku, menjadi penulis artikel, mengisi blog, dsb.

Baca Juga :  Rekomendasi Buku Seperti Apa sih untuk Pembaca Pemula?

#10. Memengaruhi Otak Orang Lain

Menulis setiap hari melatih otak kita agar lebih tajam dan tertata dalam merangkai kata. Kata-kata yang terbaca pun memiliki kekuatan tersendiri. Semua itu bisa merembes ke dalam otak pembaca. Jika kita menulis tentang sesuatu dengan emosi tertentu, besar kemungkinan pembaca akan terpengaruh. Tulisan itu bisa yang menyedihkan, yang menghibur, yang menginspirasi/ menggugah, dsb.

Baiklah, happy writing, ya! 9 Keajaiban yang Akan Menghampiri Otak Jika Rutin Menulis Setiap Saat

^_^ #RD

1
2
SHARE

6 COMMENTS

  1. Salam Mbak Bro

    Hahaha, proses itu tanpa disengaja terjadi begitu aja ya.

    Kalau Mbak Bro sendiri terinspirasi menulis darimana ya?

    Mauliate
    Terimakasih

    • Salam, Mas/ Mbak…
      Iya, kadang hubungan dengan menulis itu sulit dijelaskan. Haha…
      Kalau inspirasi sih tak terpaku datang dari mana. Santai saja. Tapi sekalinya ada, kalau bisa, langsung tangkap. Baru nanti dieksekusi. Hehe…

Comments are closed.