10 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar

10 Musisi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar

meghan trainor 1Bicara soal karier, kita memiliki banyak cara untuk menggapai dan menjalaninya. Ada yang meniti karier dari bawah, melalui seseorang, karena sebuah sensasi, karena ketidaksengajaan, dsb. Termasuk juga para musisi dunia.

Kali ini daku tak akan membahas musisi yang terkenal karena sebelumnya pernah akting/ main film, jadi model, dari Youtube, dsb. Musisi yang akan dikupas sekarang yaitu mereka yang meniti karier dari balik layar, dari spot yang jarang disorot orang. Jadi bisa kita bayangkan, mereka tadinya bekerja jauh dari panggung utama. Nama mereka jarang disebut-sebut, begitu pun dengan wajah mereka yang jarang tersorot kamera.

Nah, siapa saja para musisi itu? Jom!

#10. David Guetta

David Guetta
Via Twitter: @davidguetta

David Guetta adalah salah-satu disc jockey aka DJ yang cukup senior. Di akhir tahun 80-an, ia masih menjadi DJ musik house biasa. Pekerjaannya cukup dilakoni di klub malam.

Ia kemudian mulai berani berkolaborasi dengan para penyanyi, sampai pada tahun 2002 lalu bisa menelurkan debut albumnya via Virgin Records. Beberapa yang meledak di pasaran yaitu track-track hasil kerja sama dengan Kelly Rowland, The Black Eyed Peas, Akon, Kid Cudi, dsb. Kini ia bahkan sudah memiliki beberapa album, serta sibuk dengan tur duninya.

#9. Pharrell Williams

Pharrell Williams

Happyhappy….

Kita sudah sering melantunkan lagu Happy-nya, ya. hehe… Sebelum menjadi penyanyi seperti sekarang, Pharrell Williams menjadi bagian dari The Neptunes, duo produser bersama Chad Hugo. Mereka yang ada di balik band Blackstreet, rapper Mase, salah-satu lagu hitsnya Britney Spears, serta albumnya rapper Jay-Z.

Pharrell Williams kemudian melangkah lebih berani. Dia mendirikan band N*E*R*D. tapi pekerjaannya di belakang masih terus berlanjut. Selanjutnya dia memutuskan untuk bersolo karier, dan menggaet musisi lain sebagai teman kolaborasi. Salah-satu yang booming yaitu lagu Happy-nya. Ia juga membantu menulis dan memproduseri hits lain seperti “Get Lucky” dan “Blurred Lines”. Perannya sebagai penyanyi serta sentuhan cerdasnya di belakang layar mengantarkan Williams pada 10 penghargaan Grammy.

#8. Meghan Trainor

Meghan Trainor
Via Twiter: @Meghan_Trainor

Ini dia salah-satu penyanyi yang pernah dicemburui netizen, sebab ia berkesempatan “akrab” dengan Charlie Puth. Ketika masih berusia 15-17 tahun, ia sebenarnya sempat mengeluarkan album indie. Penulisan dan produksinya ia tanggung sendiri.

Baca Juga :  14 Penyanyi Dunia yang Awalnya Bekerja Sebagai Backup Singers atau Backing Vocals Saja

Ia kemudian mendapat peluang untuk bekerja di Big Yellow Dog Musik, yang bermarkas di area Nashville. Pekerjaannya seputar menulis lagu, baik genre pop atau country. Kadang ia juga jadi backing vocal para penyanyi lain.

Kita tentu tahu lagu “All About That Bass”, yang memang sudah melesatkan nama Meghan Trainor. Faktanya lagu yang menggemaskan itu pernah ia tawarkan pada seorang Adele dan Beyonce. Namun keduanya menolak. Ia pun memutuskan untuk rekaman sendiri. Voila! Track tersebut sukses besar. “All About That Bass” jadi salah-satu single dengan penjualan terbaik, views di Youtube-nya tak tanggung-tanggung, bahkan membawa Meghan pada produksi album “Title”, yang ada di bawah label besar.

#7. Diddy

Sean Diddy Combs

Sean Combs aka Puff Daddy aka Diddy mulai mendirikan Bad Boy Records pada tahun 1993. Waktu itu ia mulai mengorbitkan salah-satu album debutnya rapper handal, Notorious B.I.G. Album bertajuk “Ready to Die” itu sukses besar. Diddy juga berada di balik suksesnya penyanyi lain, seperti Usher dan Mase.

Empat tahun pasca mendirikan perusahaan rekaman, ia pun merilis album “No Way Out”. Salah-satu lagunya, “I’ll Be Missing You”, didedikasikan khusus untuk rapper Notorious B.I.G yang sudah meninggal. Tak disangka, album tersebut meraih kesuksesan, sampai menang Grammy juga. Dan kabarnya, musisi tajir ini tengah mempersiapkan album terbaru bertajuk “No Way Out 2”.

#6. Ryan Tedder

Ryan Tedder

Siapa yang ngefans sama One Republic?

Salah-satu punggawanya ini memang tak langsung tampil di panggung utama. Ia lebih dahulu menjadi penulis lagu untuk beberapa musisi ternama. Sebut saja Kelly Clarkson, Adele, Beyonce, J-Lo aka Jennifer Lopez, dsb. Ketika proses menulis dan produksi tersebut, ia juga sambil merancang rencana lain dengan Timbaland.

Tibalah peluncuram “Apologize”-nya yang ngehits itu. Lagu debut ini juga tak lepas dari andil besarnya Ryan Teder. Ia juga yang ada di balik salah-satu lagu meledaknya Leona Lewis, yang Bleeding Love itu. Sekarang ia tak hanya menjadi penulis dan produser beberapa artis ternama, melainkan perform juga bersama band tercintanya.

#5. Bruno Mars

Bruno Mars

Siapa yang tak akrab dengan nama Bruno Mars?

Suara dan gayanya yang khas menjadikannya sebagai salah-satu musisi paling laris. Namun tak dinyana, pelantun Grenade ini sebelum sempat “terabaikan”. Jadi ia pindah dari Hawai ke Los Angeles untuk mengejar cita-citanya. Ia “terdampar” di sebuah label, namun kariernya berjalan tanpa kepastian. Agar tetap bertahan hidup di tempat baru, ia pun menjual beberapa lagunya.

Baca Juga :  10 Selebriti Wanita yang Paling Banyak Memiliki Haters

Bruno Mars menjadi penulis serta produser lagu untuk musisi lain. Ada Adam Levine, Travie McCoy, Sean Kingston, dsb. Barulah di tahun 2009 ia memeroleh peluang emas dengan menjadi rekan kolaborasinya Travie McCoy yang “Billionaire” itu. Setahun kemudian, debut albumnya yang bertajuk “Doo Wops and Hooligans” rilis dan bam! Single Just The Way You Are menggema di mana-mana.

#4. Kesha

Kesha

Padahal Kesha sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan sebuah label pada tahun 2005, namun album debutnya baru muncul di tahun 2010. Jadi selama 5 tahun itu, Kesha disibukkan dengan aktivitas di belakang layar. Ia menjadi penulis lagu untuk Britney Spears, Miley Cyrus, serta The Veronicas. Ia juga jadi backing vocals.

Masih ingat dengan lagu Tik Tok? Salah-satu track dalam album debut “Animal”-nya itu memang langsung mendapat respons tinggi. Secara penjualan juga tak tanggung-tanggung. Tik Tok memecahkan rekor. Setidaknya sampai detik ini, lagu tersebut menjadi single dengan penjualan digital paling laris kedua sepanjang sejarah. Dan menurut kabar yang beredar, Kesha juga tengah mempersiapkan album ketiganya. Hmm…

#3. Kanye West

Kanye West

Kanye West juga termasuk salah-satu rapper yang “sampai hati” meninggalkan kampus, demi mengejar impian sebagai musisi. Namun kenekatannya tidak langsung berbuah manis. Ia bahkan memulai job dengan para artis local. Demikian juga dengan albumnya yang pernah rilis. Ia lahirkan bersama musisi local juga, Go-Getters. Dari ketekunannya, ia mulai bergerak menjadi tim produksi para penyanyi lain. Ada Janet Jackson, Nas, Foxy Brown dan tentu saja sang bos, Jay-Z.

Pada tahun 2002, Roc-A-Fella memberinya secercah harapan. Ia pun bisa menelurkan “The College Dropuout”, yang keluar pada tahun 2004. Hasilnya cukup bagus. Ia bahkan semakin mengharumkan diri dengan menyabet total 21 Grammy (saat ini), menjadi endorser mahal, menjadi salah-satu artis paling berpengaruh serta… menjadi suami Kim Kardashian. Hehe…

#2. Lady Gaga

Lady Gaga

Di luar segala kontroversinya, sulit ditampik lagi, Lady Gaga memang menjadi salah-satu penyanyi dunia yang paling populer. Sudah kita ketahui bersama kalau ia “sampai tega” keluar dari bangku kuliah demi karier menyanyinya. Namun kisah awal kariernya tidak mulus begitu saja. Baru tiga bulan menjalani bekerja-sama dengan sebuah label, ia langsung “dipecat”. Ia juga tidak ujug-ujug jadi Mother Monster, melainkan bekerja di balik layar dulu. LG menjadi penulis lagunya Britney Spears, Pussycat Dolls, serta Fergie.

Baca Juga :  12 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Sempat Menerima Penolakan dari Label Rekaman

Barulah pada tahun 2008 ia merilis “The Fame”. Wuih… siapa yang tidak akrab dengan track Just Dance atau Poker Face? Lagu-lagunya jadi hits dan ia pun semakin dilirik. Kini Lady Gaga, lagi-lagi di luar hal-hal kontroversialnya, sudah mengundang banyak penghargaan serta tentu reputasi tinggi.

#1. Ne-Yo

Ne Yo
Ne Yo untuk InStyle bulan Februari 2016

Pada tahun 2000, sebenarnya Ne-Yo sudah terlibat kerja sama dengan Columbia Records. Tapi nasib malang menimpanya. Belum juga album perdananya launching, pihak label sudah mendepaknya duluan. Namun Ne-Yo tetap bersikukuh dengan jalan kariernya. Lagu-lagu Ne-Yo menjadi kontributor untuk albumnya Faith Evas, Christina Milian, Mary J. Blige, dsb.

Hasil karyanya juga belum menampakkan kesuksesan berarti. Sampai kemudian ia menulis “Let Me Love You” untuk Mario, dan lagu itu pun sukses. Kepiawaiannya itu menggerakkan hati Jay-Z untuk merekrut Ne-Yo dan memberinya kesempatan agar menjadi “penyanyi sungguhan”. Pada tahun 2006, mimpinya untuk merilis album terwuju. Ia juga bisa berkolaborasi dengan musisi papan atas lain seperti Mariah Carey serta Pitbull.

Di balik gemerlapnya dunia musik, pasti banyak pihak yang sudah terkait. Di belakang satu musisi atau grup band, tentu ada tim yang sama-sama bekerja keras. Meski tak terlalu disorot media, namun peranan mereka tak kalah pentingnya.

Syukur-syukur kalau “para pengabdi” di balik layar tersebut bisa ikut eksis juga, ya macam 10 orang musisi ini. Jadi dunia pun lebih tahu, dan mereka mendapatkan apresiasi yang lebih besar. Demikian, 10 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar. #RD

You May Also Like