10 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar

0
SHARE

#5. Bruno Mars

Bruno Mars

Siapa yang tak akrab dengan nama Bruno Mars?

Suara dan gayanya yang khas menjadikannya sebagai salah-satu musisi paling laris. Namun tak dinyana, pelantun Grenade ini sebelum sempat “terabaikan”. Jadi ia pindah dari Hawai ke Los Angeles untuk mengejar cita-citanya. Ia “terdampar” di sebuah label, namun kariernya berjalan tanpa kepastian. Agar tetap bertahan hidup di tempat baru, ia pun menjual beberapa lagunya.

Bruno Mars menjadi penulis serta produser lagu untuk musisi lain. Ada Adam Levine, Travie McCoy, Sean Kingston, dsb. Barulah di tahun 2009 ia memeroleh peluang emas dengan menjadi rekan kolaborasinya Travie McCoy yang “Billionaire” itu. Setahun kemudian, debut albumnya yang bertajuk “Doo Wops and Hooligans” rilis dan bam! Single Just The Way You Are menggema di mana-mana.

#4. Kesha

Kesha

Padahal Kesha sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan sebuah label pada tahun 2005, namun album debutnya baru muncul di tahun 2010. Jadi selama 5 tahun itu, Kesha disibukkan dengan aktivitas di belakang layar. Ia menjadi penulis lagu untuk Britney Spears, Miley Cyrus, serta The Veronicas. Ia juga jadi backing vocals.

Masih ingat dengan lagu Tik Tok? Salah-satu track dalam album debut “Animal”-nya itu memang langsung mendapat respons tinggi. Secara penjualan juga tak tanggung-tanggung. Tik Tok memecahkan rekor. Setidaknya sampai detik ini, lagu tersebut menjadi single dengan penjualan digital paling laris kedua sepanjang sejarah. Dan menurut kabar yang beredar, Kesha juga tengah mempersiapkan album ketiganya. Hmm…

#3. Kanye West

Kanye West

Kanye West juga termasuk salah-satu rapper yang “sampai hati” meninggalkan kampus, demi mengejar impian sebagai musisi. Namun kenekatannya tidak langsung berbuah manis. Ia bahkan memulai job dengan para artis local. Demikian juga dengan albumnya yang pernah rilis. Ia lahirkan bersama musisi local juga, Go-Getters. Dari ketekunannya, ia mulai bergerak menjadi tim produksi para penyanyi lain. Ada Janet Jackson, Nas, Foxy Brown dan tentu saja sang bos, Jay-Z.

Baca Juga :  10 Penyanyi Perempuan dengan Penghasilan atau Bayaran Tertinggi Tahun 2015 Ini

Pada tahun 2002, Roc-A-Fella memberinya secercah harapan. Ia pun bisa menelurkan “The College Dropuout”, yang keluar pada tahun 2004. Hasilnya cukup bagus. Ia bahkan semakin mengharumkan diri dengan menyabet total 21 Grammy (saat ini), menjadi endorser mahal, menjadi salah-satu artis paling berpengaruh serta… menjadi suami Kim Kardashian. Hehe…

#2. Lady Gaga

Lady Gaga

Di luar segala kontroversinya, sulit ditampik lagi, Lady Gaga memang menjadi salah-satu penyanyi dunia yang paling populer. Sudah kita ketahui bersama kalau ia “sampai tega” keluar dari bangku kuliah demi karier menyanyinya. Namun kisah awal kariernya tidak mulus begitu saja. Baru tiga bulan menjalani bekerja-sama dengan sebuah label, ia langsung “dipecat”. Ia juga tidak ujug-ujug jadi Mother Monster, melainkan bekerja di balik layar dulu. LG menjadi penulis lagunya Britney Spears, Pussycat Dolls, serta Fergie.

Barulah pada tahun 2008 ia merilis “The Fame”. Wuih… siapa yang tidak akrab dengan track Just Dance atau Poker Face? Lagu-lagunya jadi hits dan ia pun semakin dilirik. Kini Lady Gaga, lagi-lagi di luar hal-hal kontroversialnya, sudah mengundang banyak penghargaan serta tentu reputasi tinggi.

#1. Ne-Yo

Ne Yo
Ne Yo untuk InStyle bulan Februari 2016

Pada tahun 2000, sebenarnya Ne-Yo sudah terlibat kerja sama dengan Columbia Records. Tapi nasib malang menimpanya. Belum juga album perdananya launching, pihak label sudah mendepaknya duluan. Namun Ne-Yo tetap bersikukuh dengan jalan kariernya. Lagu-lagu Ne-Yo menjadi kontributor untuk albumnya Faith Evas, Christina Milian, Mary J. Blige, dsb.

Hasil karyanya juga belum menampakkan kesuksesan berarti. Sampai kemudian ia menulis “Let Me Love You” untuk Mario, dan lagu itu pun sukses. Kepiawaiannya itu menggerakkan hati Jay-Z untuk merekrut Ne-Yo dan memberinya kesempatan agar menjadi “penyanyi sungguhan”. Pada tahun 2006, mimpinya untuk merilis album terwuju. Ia juga bisa berkolaborasi dengan musisi papan atas lain seperti Mariah Carey serta Pitbull.

Baca Juga :  11 Artis Dunia yang Terkenal Memiliki Sifat Sederhana dan Rendah Hati

Di balik gemerlapnya dunia musik, pasti banyak pihak yang sudah terkait. Di belakang satu musisi atau grup band, tentu ada tim yang sama-sama bekerja keras. Meski tak terlalu disorot media, namun peranan mereka tak kalah pentingnya.

Syukur-syukur kalau “para pengabdi” di balik layar tersebut bisa ikut eksis juga, ya macam 10 orang musisi ini. Jadi dunia pun lebih tahu, dan mereka mendapatkan apresiasi yang lebih besar. Demikian, 10 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar. #RD

1
2
SHARE