11 Artis Dunia yang Terkenal Memiliki Sifat Sederhana dan Rendah Hati

11 Artis Dunia yang Terkenal Memiliki Sifat Sederhana dan Rendah Hati

Keanu Reeves 2015, handsome Keanu Reeves
max-pic.com

Apa jadinya kalau kita menjadi bagian dari artis dunia?

Mungkin pikiran kita akan langsung melayang pada; uang yang tumpah-ruah, rumah yang super mewah, fans yang terus memuji, ketenaran, dsb.

Banyak yang mengagumi, namun sangat banyak juga yang balik membenci. Lebih lagi pada selebriti atau artis dunia yang tidak bisa ‘membawa’ nama besar dan keberuntungan hidupnya itu. Mereka begitu congkak, tukang pamer, merendahkan orang lain, dst.

Memang… artis juga manusia, namun kalau sudah jadi public figure, mereka mestinya lebih bijak dalam bersikap.

Tapi ada kok beberapa artis dunia yang tetap humble atau rendah hati, meski ia memiliki hampir segalanya dalam hidup. Nah, siapa saja mereka? Jom!

1. Russell Brand

Komedian Russell Brand
Photo by Frazer Harrison/Getty Images

Russel Brand? Serius? Beberapa orang, khususnya fans Katy Perry, mungkin akan sedikit keberatan. Namun Brand memang laik masuk list ini. Dia ternyata jadi selebritis atau komedian dunia yang kerap menyisihkan pundi-pundinya untuk mencegah aksi deforestation atau penebangan hutan. Dia juga kerap memberikan sumbangsih waktu untuk melumasi minyak pada cangkang kura-kura. Amalan itu ia barengi juga dengan acara berbaginya bersama para tunawisma.

Sebagaimana kita tahu, Brand memang tengah berjuang melawan dirinya sendiri agar berhenti jadi pecandu. Nah dia ini ternyata kerap menghabiskan waktu bersama para tuna wisma di LA aka Los Angeles.  Dia mengajak main keluar, mentraktir makan malam dan siap mendengarkan curahan hati mereka. Wow. Seleb dunia, dinner dan berbincang sama (maaf) gelandangan. Wow.

Dia juga sering membawa mereka ke AA meetings. AA meeting adalah Alcoholic Anonymous Meeting atau semacam organisasi yang menawarkan bantuan bagi para pecandu alkohol untuk lepas dari jeratannya. Mereka biasa melakukan program spiritual, pembentukan karakter dan terkadang berkumpul untuk saling sharing apapun mengenai hidup.

~

2. Dwayne Johnson

Dwanye Johnson aka The Rock
dailymail.com

Dwayne Johnson aka The Rock, bagi sebagian orang mungkin terlihat sangar dan jauh dari kesan ‘sayang anak-anak’. Hidupnya seperti fokus sama pembentukan otot dan badan agar lebih indah saja. Namun siapa sangka, dia juga menyibukkan diri dengan mengelola yayasannya, “Dwayne Johnson Rock Foundation”. Organisasi itu kerap membantu anak-anak yang dirawat di Rumah Sakit akibat sakit serius yang mereka derita. Tak hanya itu, yayasan ini juga membantu program pencegahan obesitas pada anak serta mempromosikan pendidikan di usia muda. Selain yayasan tersebut, The Rock eksis juga di The Beacon Experience. Organisasi tersebut bergerak di bidang pendidikan, mentoring dan parenting, atau berkenaan dengan orang tua dan peranannya bagi anak.

~

3. Angelina Jolie

ANGELINA JOLIE di SYRIA
huffingtonpost.com

Kadang bingung sama aktris yang satu ini. Dia ‘kan terlibat sama proyek yang banyak. Baik itu memerankan tokoh atau menyutradarai sebuah film. Namun sepertinya dia  selalu memiliki waktu untuk berperan di bidang sosial juga. Ya… dalam hal amal kemanusiaan, aktris yang satu ini memang sudah tidak diragukan. Enggak mungkin juga dia sebut UNHCR tanpa alasan. Oh ya, UNHCR adalah Special Envoy for the United Nations High Commissioner for Refugees, atau Duta Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa aka PBB untuk Pengungsi. Selain itu, dia juga merupakan advokat untuk hal-hal terkait pendidikan, konservasi alam sama hak azasi perempuan.

~

4. Hugh Jackman

Hugh Jackman 2015
theatermania.com

Karier sudah sukses. Dan, Hugh Jackman melengkapinya dengan aksi sosial. Dia memang dikenal sebagai salah satu dari philanthropist terkenal. Philanthropist adalah istilah bagi seseorang yang gemar mendermakan hartanya untuk kepentingan orang lain. Dia menjadi duta untuk World Vision atau Penglihatan Dunia. Dia juga aktif bekerja dengan organisasi bernama Global Poverty Project.

5. Sharon Corr

sharon-corr_
theapricity.com

Kalau boleh membongkar-bongkar, band sekaligus 4 bersaudara The Corrs (Sharon-Jim-Caroline-Andrea) memang dari dulu gemar melakukan amal, khususnya dalam bentuk konser. Tidak heran mereka termasuk ke dalam list ‘Artis / Selebriti Dunia yang Suka Beramal’.

Bisa dibilang, untuk saat ini Sharon Corr jadi yang paling eksis diantara saudara-saudaranya. Jadinya daku mengambil dia saja untuk masuk daftar ini. Soal event atau kegiatan amal, dia memang aktif. Misalnya waktu sama Saoirse Ronan & Louis Walsh, sama TinyLife (yang membantu bayi-bayi prematur), berperan dalam kegiatan amal bertajuk “Children in Need: All You Need is Love”, memenangkan dana untuk kemudian diserahkan pada “Dundalk Simon Community” yang khusus menangani gelandangan, ikut menggalang dana buat gempa bencana Nepal, dsll.

Terlalu banyak momen di mana ia secara tidak langsung menunjukkan kepribadiannya yang down to earth alias membumi. Misalnya jawaban-jawaban dia dalam tiap wawancara:

“Aku cuma pemain biola. Seksi itu bukan tentang tubuhmu aja. Keseksian itu ada di mata, sikap dan cintamu…”

“Aku tidak suka dengan kesan bahwa… aku mesti malu karena umur maskin tua. Aku enggak mau nanti anak perempuanku berpikir, dia itu jadi gagal kalau makin tua…”

“Ketika kamu terkenal di seluruh dunia karena melakukan sesuatu, kamu bakal berpikir ‘hey ini cuma sebagian dari jati diriku, kalau diriku yang utuh itu apa sih?’ Apa yang sebenarnya membuatku tertarik? Bagaimana sebenarnya suaraku di dunia musik dan apa sih pengaruhku?”

“Aku masak tiap hari. Aku percaya diri sama masakanku sendiri itu dan kurasa anak-anak bakal lebih sehat…”

“Aku enggak akan pernah mengklaim diriku sendiri sebagai fashionista… Aku ke sini aja (wawancara) cuma pakai jeans sama kaus!”

“Menertawakan orang karena mereka punya sedikit permasalahan selulit, itu adalah sesuatu yang murahan/ payah…” (sedang membicarakan perempuan yang kerap tertekan karena mesti punya tubuh dan penampilan sempurna)

“Ketika kamu hendak melakukan sesuatu, selama tidak merugikan, lakukan dengan baik. Ketika aku di atas panggung… penonton duduk sambil menunggu, menunggumu. Di ruangan itu penuh cinta dan rasa hormat yang membuatmu mesti memberikan layanan yang laik dan mengesankan bagi mereka (penonton/fans).”

Woah banyak deh… 😀

~

6. Johnny Depp

JOhnny Depp_
abcnews.go.com

“… kamu tumbuh dengan sedikit retak dan hancur dan kemudian kamu jadi sukses, tapi kamu tidak tahu untuk merasa enak dan nyaman atas pekerjaan yang tengah kamu lakukan atau atas kehidupan yang tengah kamu tuju,”

Begitu kata Johnn Depp dalam wawancaranya bersama The Mirror.

Pernyataan yang sedikit gimanaaa, gitu. Ternyata jadi aktor atau  seleb papan atas saja bisa merasakan ‘tidak enak’ atas pekerjaannya. Padahal orang-orang di luar berlomba-lomba menjadi pengganti dirinya. Hmm… pantesan suka ada kasus artis atau seleb yang bunuh diri, ya?  kita memang enggak tahu kehidupan ‘keras’ mereka yang sebenarnya.

Well… apapun itu, yang jelas keputusannya untuk membantu sekolah sama biaya Rumah Sakit anak-anak patut kita acungi jempol. Sudah pamor dan kaya, tinggal banyak-banyak beramal, ya? Hehe…

~

7. George Clooney

George Clooney
inidewire.com

Yang ini juga tidak terlalu mengejutkan. George Clooney memang terkenal kerap membantu mengadvokasi beberapa kasus. Dia juga aktif bekerja sama dengan organisasi-organisasi semacam UNICEF, Feeding America, the United Way sama the World Food Programme.

~

8. Chris Pratt

Chris Pratt
laineygossip.com

Sang Iron Man ini memang dikenal sebagai sosok yang sederhana, mudah bersahabat dan baik. Sebagian orang yang sini mungkin menganggap kalau semua sikapnya itu hanya citera belaka. Entahlah… namun ketika ia tidak sedang berakting, Pratt kerap meluangkan waktu untuk mengunjungi sebuah Rumah Sakit Anak-Anak di LA. Dia seperti hobi menciptakan senyuman untuk anak-anak yang tengah sakit itu.

Oh ya, tentu kita tidak bisa melupakan kejadian yang baru-baru ini sedikit menyita perhatian. Dalam acara Movie Awards 2015 kemarin, Pratt sebenarnya mendapatkan 5 nominasi. Namun apa yang terjadi? Dia tidak datang ke acar tersebut. Alasannya karena dia memilih untuk hadir dan mendukung acara Mike Day saja. Ckckck… dia memilih telanjang dada dan melakukan triathlon (olahrga yang mengkolaborasikan renang, balap sepeda dan lari), ketimbang memakai kemeja-jas-dasi dan jalan di karpet merah. Dari sini sudah terlihat, mana yang jadi prioritasnya Pratt. 🙂

9. Keanu Reeves

Keanu Reeves tanpa kumis
justjared.com

Keanu Reeves dilaporkan telah rela membagikan honornya dari trilogi Matrix sama tim make up dan tim special effect. Entah dia memang sangat baik atau enggak butuh uang, yang jelas dia memang bukan tipikal lelaki yang dikendalikan materi.

Dia juga nampaknya bukan sosok selebritis yang mau ‘diperlakukan’ sebagai selebritis. Contohnya sewaktu bulan Desember tahun kemarin, Keanu bela-belain ikutan ngantri untuk film “Daughter of God”. Dia enggak yang… “Hey, permisi… ini saya Keanu Reeves. Kalian tahu ‘kan saya siapa?”. Padahal dia menghabiskan 25 menit untuk ikutan mengular bersama yang lain.

Seperti belum cukup, suatu hari Keanu juga kedapatan menemuka sebuah kartu kredit yang tergeletak di lantai. Dia mengambilnya, tapi enggak membawanya pulang. Keanu justeru meminta sebuah band yang tengah main untuk berhenti. Dia kemudian mengambil alih mikrofon. Bukan untuk menyanyi, melainkan berusaha memanggil pemilik kartu kredit yang ditemuinya. Wuih… gesture yang simpel, tapi manis. Hehe…

~

10. Jennifer Lawrence

Jennifer Lawrence_gaya rambut pendek Haircut Ombre Wavy Bob Hairstyles_
pophaircuts.com

Masih muda sudah punya karier bagus. Dia mungkin tinggal menikmati masa muda dan uangnya itu. Pergi liburan terus belanja sepuasnya, kek. Atau, beli barang-barang mewah, gitu. Hehe… Tapi tidak demikian dengan pemain Hunger Games ini.

Seorang Jennifer Lawrence, di jalanan Los Angeles, memakai Chevy Volt. Mobil ini tentu bukanlah kendaraan yang biasa ditumpangi selebritis. But, she did itI Dia seperti tidak memikirkan ‘duh apa kata dunia?’.

Ternyata dia memang pengin statusnya ini jadi semacam panutan buat kalangan muda, khususnya buat para wece-wece alias cewek-cewek. Menurutnya, media massa udah kepalang memberitakan hal-hal negatif melulu soal artis, makanya dia seperti pengin memperbaikinya. Dia juga sedikit keberatan sama beberapa tayangan yang menurutnya salah-kaprah. Katanya kurang-lebih begini,

“Ada ‘kan beberapa show yang menayangkan anak-anak muda menilai seseorang berdasarkan pandangan yang salah. Seolah-olah membolehkan mereka untuk menilai Si A jelek, atau Si B gendut. Nah, kita mestinya menghentikan hal itu. Kita jangan sampai memperlakukan satu-sama lain seperti itu dan berhentilah untuk saling menyebut satu-sama lain gendut atau apa…”

~

11. Dave Grohl

Dave Grohl_
montrealgazette.com

Oh ya daku ‘khilaf’, mestinya personel Foo Fighter juga masuk list ‘Artis Dunia yang Enggak Lulus SMA’. Hehe… Meskipun begitu, meski ia tidak memiliki titel sampai ‘es’ tertinggi, tapi bicara soal pendapatan… tentu Dave Grohl tidak perlu diragukan. Bisa dibilang, ia mestinya bisa mengekori artis lain yang membeli pulau pribadi, berfoya-foya, atau apa. Tapi dia enggak. Dia begitu mengatur pendapatannya dengan apik, seperti investasi, gitu.

Selain memenej keuangan dengan cermat, ia juga memilih memanfaatkan kekayaan dan bakat nya untuk amal. Dave terkenal suka ikut berkontribusi dalam banyak organisasi amal. Sebut saja the Elton John Aids Foundation sama Autism Speaks. 🙂

~

Nah, terkait sifat dermawan, pemaaf, sederhana dan rendah hati… ada kabar gembira yang disampaikan Utusan Allah Swt, Rasulullah Saw, bagi Bro-Sist yang muslim. Hadist ini riwayat Muslim. Beliau bersabda:

“Harta tidak akan berkurang karena dishodaqohkan, dan Allah Swt tidak akan menambah bagi seorang hamba-Nya yang pemaaf melainkan kemuliaan dan tidaklah seseorang merendahkan hatinya karena Allah Swt, melainkan Allah Swt mengangkat derajatnya.”

#RD

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: