Home » My Files » Diary Tentang Inspirasi dan Motivasi » 11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata

11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata

11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata

menghibur orang, cara menghibur orang yang sedang sedih, cara menghibur orang patah hati, cara menghibur orang bete, cara menghibur orang berduka, cara menghibur orang badmood, cara menghibur orang sakit, cara menghibur orang yang lagi sedih, kata kata menghibur orang galau, ketika kata kata tak lagi didengar, cara menghibur orang yang marah dan kecewa

By: Oriol Angrill Jordà via IG: @deeannrose

Menghibur.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menghibur seseorang?

Pertanyaan tersebut kadang terngiang-ngiang sendiri. Khususnya ketika kita kebingungan menghadapi seseorang yang tengah bersedih, berduka atau galau berat. Mereka bisa keluarga, sahabat, teman, tetangga, pasangan, atau bahkan orang asing sekalipun.

Kata-kata kadang belum menunjukkan keampuhannya di hadapan orang yang amat berduka. Bukannya menghibur, kata-kata yang dihadirkan kadang justeru jadi percikan api yang semakin membakar emosi. Kita bisa saja mengatakan dengan ringan “sabar, ya!”, “daku ngerti perasaan kamu”, “tenang ya tenang…”, dsb. Lalu mereka bisa juga menyembur, “kamu bukan daku! Kamu enggak bakal ngerti!”, “sabar kepalamu!”, “tenang? Gimana daku bisa tenang!”, dsb.

Di satu sisi kita pengin menghibur, tapi di sisi lain kita memang tak benar-benar menyelami perasaan yang mereka rasakan. Untuk itu, opsi menghibur “tanpa kata (dulu)” bisa kita pilih. Tapi kadang kita tak tahu musti ngapain ketika tak bisa bicara atau merangkai kata. Takut salah, takut nambah kesedihan, atau memang enggak punya ide sama-sekali untuk memberi saran. Bagaimanapun, masing-masing dari kita memiliki cara tersendiri untuk menanggapi problema yang ada.

Nah, pernahkah ada dalam posisi demikian?

Paling tidak, berikut ini cara-cara sederhana untuk membuat seseorang merasa lebih nyaman atau baikan dari kegalauan. Jom!

memeluk, merangkul, menghibur, pelukan untuk menghibur, memeluk untuk menghibur orang yang berduka, menghibur orang yang bersedih

Artist: Unknown via IG: @deeannrose

#1. Mengusap atau Menepuk Lembut

Kita sudah tahu dan bisa merasakan, betapa ajaibnya sebuah sentuhan. Jika dalam keadaan bersedu-sedan, lalu seseorang membelai lembut, rasanya seperti ada aliran kekuatan lain. Contohnya seperti usapan gentle di punggung, tepukan lembut di area pundak/ punggung, remasan pada tangan, dsb. Biasanya orang yang bersedih akan lebih tenang, terhibur dan nyaman.

Baca Juga :  10 Kata-kata atau Pikiran Negatif yang Menghambat Kesuksesan Kita Sendiri

#2. Memeluknya

Cara ini juga sering dipakai orang. Ketika orang tengah dalam duka-cita dan melampiaskan kesedihannya, rasanya buih-buih kata belum siap dicerna. Karena itu, pelukan hangat bisa jadi opsi yang tepat. Pelukan bisa membuat seseorang merasa lebih tegar, aman, nyaman, terlindungi, penuh dukungan, dan tergerak untuk lebih kuat.

Siapa Tahu Pengin Baca Juga:

5 Catatan Utama Ketika Dunia Membawa Kabar Duka

#3. Sodorkan Makanan

Trik ini bisa dipertimbangkan kalau orangnya memang tidak anti-makanan, tidak sedang dalam program diet, atau apalah. Kita bisa hadir dan menyerahkan makanan atau minuman, khususnya yang dia sukai. Hatinya akan tersentuh, dan dia kemungkinan tergerak untuk tersenyum. Misalnya sekadar cokelat, kue, bolu, dsb. Trik ini sering manjur juga jika diterapkan pada anak.

#4. Minuman Hangat

Selain makanan, kita pun bisa menyerahkan minuman hangat. Kita perkirakan sendiri, orang tersebut lebih menyukai apa. Entah secangkir teh, kopi, cokelat, susu, jahe, dsb. Bisa kita imajinasikan bagaimana hangat dan nyamannya, walau diam tanpa kata, tapi terhibur oleh air yang mengalir hangat di tenggorokan. Syukur-syukur kalau ada penganan sebagai temannya.

hadiah, memberi hadiah, memberi hadiah untuk menghibur, memberi hadiah untuk lelaki, memberi hadiah untuk wanita, memberi hadiah untuk orang tersayang

Bya: Lim Heng swee on IG: @deeannrose

#5. Hadiah Dadakan

Kita tak perlu banyak basi-basi untuk sekadar mendatangi dia yang bersedih. Lalu kita bisa menggeletakkan hadiah sederhana yang sekiranya dia suka. Bisa berupa makanan atau minuman kesukaan, barang, atau mungkin hasil kreatif sendiri.

#6. Memutar Musik Favorit

Karya musik memang cukup ajaib. Ketukan dan liriknya memiliki cara tersendiri untuk menenangkan hati atau jiwa seseorang. Keuntungan tersendiri bagi kita jika tahu musik apa yang kebetulan difavoritkan oleh dia yang bersedih. Ketika muram, ada yang suka menenggelamkan diri dalam lagu-lagu galau. Namun ada juga yang justeru memilih lagu-lagu menghentak atau yang beat-nya cepat.

Baca Juga :  8 Cara Menabung yang Baik untuk Jangka Panjang atau Masa Depan

Siapa Tahu Pengin Baca Juga:

30 Lagu Indonesia yang Abadi Sepanjang Masa

#7. “Beraksi” Di Area Wajah

Kadang ketika kata-kata sudah tak berpengaruh apa-apa, kita bisa langsung menggunakan aksi. Contohnya ketika orang yang bersedih sudah meluapkan amarah dengan mengutuk atau mencaci secara keterlaluan, kita bisa langsung menutup mulutnya dengan tangan. Terkesan tak sopan, memang, namun lakukan saja dengan gentle.

Tunjukan bahwa semua umpatan itu salah dan sia-sia, sebab tak akan memperbaiki situasinya. Tunjukkan pula bahwa kita ini dekat, bersedia membantu, menjadi pendengar kala mereka siap, dan tak perlu teriak-teriak. Kita juga bisa langsung menyeka airmatanya, membelai pipi dan beradu pandang, meyakinkan kalau penderitaannya bisa diringankan dan kita bisa melewatinya bersama-sama.

#8 Bermain Mimik Muka

Yang satu ini bisa jadi pilihan kalau memang kita pandai menirukan sesuatu atau melakukan mime seperti Charlie Chaplin. Cara ini juga bisa dilempar ketika kita tahu kalau penyebab kesedihannya bukan sesuatu yang terlalu kompleks. Misalnya hanya sekadar datang bulan, lagi moody, mendapat nilai jelek, dsb.

Kita bisa tirukan bagaimana wajah orang tersebut yang sedang merengut, manyun, cemberut, dsb, dengan mimik yang sedikit didramatisir. Syukur-syukur kalau berubah jadi lucu atau kiyut. Dengan begitu, kita kemungkinan besar akan membuatnya tertawa, minimal tersenyum.

menghibur orang, menghibur orang dengan mengajak ke luar rumah, menghibur orang dengan jalan jalan, menghibur orang dengan membawa ke alam bebas

Artist: Unknown via IG: @deeannrose

#9. Ajak Ke Luar

Berdiam diri di rumah atau kamar terkadang hanya mendramatisir keadaan. Segalanya jadi teringatkan kembali. Kita pun bisa menawarkan ajakan untuk ke luar rumah. Namun ada sesuatu yang perlu kita ingat. Menangis atau bersedih itu tak memproduksi keringat, tapi rasanya memang bikin penat.

Untuk itu, sebaiknya kita tak berjalan jauh. Cukup di beranda, atau area yang memiliki pemandangan indah serta menyediakan udara segar. Bila perlu, kita sediakan kendaraan. Kita pergi ke tempat tertentu atau sekadar jalan tak tahu arah. Pastikan kita biarkan orang tersebut menikmati perjalanan, bentang jalan, hembusan angin, serta alunan musik (jika ada), sampai ganjalan hatinya perlahan ringan.

Baca Juga :  Cinta Diri Sendiri Adalah...

#10. Beri Waktu Sendiri

Beberapa masalah tak serta merta luluh oleh pelukan, hadiah, kata-kata bijak, dsb. Kita sendiri tentu pernah merasakan, ada masa di mana kesendirian itu jadi sesuatu yang dibutuhkan. Kita tengah tak siap untuk terbuka. Pada siapapun itu orangnya.

Karenanya, kita pun musti bisa lebih menahan diri dan bersabar. Beri keleluasaan waktu untuk me time pada orang yang bersedih. Utarakan maksud kita meninggalkan itu bukan untuk menghindar, melainkan memberi jeda waktu untuk menjernihkan kekeruhan hati dan pikiran. Pastikan kita selalu ada saat mereka memerlukan atau sudah siap sharing.

#11. Diam, Jangan Ke mana-mana

Kebutuhan untuk menyendiri itu tak permanen, mereka juga sebenarnya butuh teman. Namun kita tak perlu berbuat atau mengatakan apa-apa. Cukup duduk  atau berdiam diri di dekatnya.

Tak perlu ada ceramah atau nasihat dulu, tak perlu ada cecar pertanyaan dulu, tak perlu ada acara memarahi dulu, dsb. Alirkan keyakinan bahwa dia tak sendiri. Ada kita. Dan, kita memberi keluangan waktu untuk menunggu mereka lebih tenang, lebih nyaman, baikan serta terbuka.

~

Pada dasarnya seseorang memiliki banyak alasan untuk ambruk bersedih, cemas, takut, frustasi, depresi, atau mengalami masa-masa sulit dalam hidup. Namun toh semua itu kadang tak bisa dihindari. Seseorang pasti pernah melintasi yang namanya kegagalan, kehilangan, patah hati, kekecewaan, penolakan, dan kejadian menyakitkan lain.

Ketika dalam posisi demikian, bukankah kita sendiri akan lebih baikan dan bersyukur jika ada seorang penghibur? 11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata. #RD

error: