11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata

0
SHARE

hadiah, memberi hadiah, memberi hadiah untuk menghibur, memberi hadiah untuk lelaki, memberi hadiah untuk wanita, memberi hadiah untuk orang tersayang
Bya: Lim Heng swee on IG: @deeannrose

#5. Hadiah Dadakan

Kita tak perlu banyak basi-basi untuk sekadar mendatangi dia yang bersedih. Lalu kita bisa menggeletakkan hadiah sederhana yang sekiranya dia suka. Bisa berupa makanan atau minuman kesukaan, barang, atau mungkin hasil kreatif sendiri.

#6. Memutar Musik Favorit

Karya musik memang cukup ajaib. Ketukan dan liriknya memiliki cara tersendiri untuk menenangkan hati atau jiwa seseorang. Keuntungan tersendiri bagi kita jika tahu musik apa yang kebetulan difavoritkan oleh dia yang bersedih. Ketika muram, ada yang suka menenggelamkan diri dalam lagu-lagu galau. Namun ada juga yang justeru memilih lagu-lagu menghentak atau yang beat-nya cepat.

Siapa Tahu Pengin Baca Juga:

30 Lagu Indonesia yang Abadi Sepanjang Masa

#7. “Beraksi” Di Area Wajah

Kadang ketika kata-kata sudah tak berpengaruh apa-apa, kita bisa langsung menggunakan aksi. Contohnya ketika orang yang bersedih sudah meluapkan amarah dengan mengutuk atau mencaci secara keterlaluan, kita bisa langsung menutup mulutnya dengan tangan. Terkesan tak sopan, memang, namun lakukan saja dengan gentle.

Tunjukan bahwa semua umpatan itu salah dan sia-sia, sebab tak akan memperbaiki situasinya. Tunjukkan pula bahwa kita ini dekat, bersedia membantu, menjadi pendengar kala mereka siap, dan tak perlu teriak-teriak. Kita juga bisa langsung menyeka airmatanya, membelai pipi dan beradu pandang, meyakinkan kalau penderitaannya bisa diringankan dan kita bisa melewatinya bersama-sama.

#8 Bermain Mimik Muka

Yang satu ini bisa jadi pilihan kalau memang kita pandai menirukan sesuatu atau melakukan mime seperti Charlie Chaplin. Cara ini juga bisa dilempar ketika kita tahu kalau penyebab kesedihannya bukan sesuatu yang terlalu kompleks. Misalnya hanya sekadar datang bulan, lagi moody, mendapat nilai jelek, dsb.

Baca Juga :  13 Tips Menjadi Lebih Percaya Diri

Kita bisa tirukan bagaimana wajah orang tersebut yang sedang merengut, manyun, cemberut, dsb, dengan mimik yang sedikit didramatisir. Syukur-syukur kalau berubah jadi lucu atau kiyut. Dengan begitu, kita kemungkinan besar akan membuatnya tertawa, minimal tersenyum.

next-page-RD-300x100-1

1
2
3
SHARE