11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata

0
SHARE

menghibur orang, menghibur orang dengan mengajak ke luar rumah, menghibur orang dengan jalan jalan, menghibur orang dengan membawa ke alam bebas
Artist: Unknown via IG: @deeannrose

#9. Ajak Ke Luar

Berdiam diri di rumah atau kamar terkadang hanya mendramatisir keadaan. Segalanya jadi teringatkan kembali. Kita pun bisa menawarkan ajakan untuk ke luar rumah. Namun ada sesuatu yang perlu kita ingat. Menangis atau bersedih itu tak memproduksi keringat, tapi rasanya memang bikin penat.

Untuk itu, sebaiknya kita tak berjalan jauh. Cukup di beranda, atau area yang memiliki pemandangan indah serta menyediakan udara segar. Bila perlu, kita sediakan kendaraan. Kita pergi ke tempat tertentu atau sekadar jalan tak tahu arah. Pastikan kita biarkan orang tersebut menikmati perjalanan, bentang jalan, hembusan angin, serta alunan musik (jika ada), sampai ganjalan hatinya perlahan ringan.

#10. Beri Waktu Sendiri

Beberapa masalah tak serta merta luluh oleh pelukan, hadiah, kata-kata bijak, dsb. Kita sendiri tentu pernah merasakan, ada masa di mana kesendirian itu jadi sesuatu yang dibutuhkan. Kita tengah tak siap untuk terbuka. Pada siapapun itu orangnya.

Karenanya, kita pun musti bisa lebih menahan diri dan bersabar. Beri keleluasaan waktu untuk me time pada orang yang bersedih. Utarakan maksud kita meninggalkan itu bukan untuk menghindar, melainkan memberi jeda waktu untuk menjernihkan kekeruhan hati dan pikiran. Pastikan kita selalu ada saat mereka memerlukan atau sudah siap sharing.

#11. Diam, Jangan Ke mana-mana

Kebutuhan untuk menyendiri itu tak permanen, mereka juga sebenarnya butuh teman. Namun kita tak perlu berbuat atau mengatakan apa-apa. Cukup duduk  atau berdiam diri di dekatnya.

Tak perlu ada ceramah atau nasihat dulu, tak perlu ada cecar pertanyaan dulu, tak perlu ada acara memarahi dulu, dsb. Alirkan keyakinan bahwa dia tak sendiri. Ada kita. Dan, kita memberi keluangan waktu untuk menunggu mereka lebih tenang, lebih nyaman, baikan serta terbuka.

Baca Juga :  Cerita Ngabuburit; Tempat yang Enggak Ada Muslimnya

~

Pada dasarnya seseorang memiliki banyak alasan untuk ambruk bersedih, cemas, takut, frustasi, depresi, atau mengalami masa-masa sulit dalam hidup. Namun toh semua itu kadang tak bisa dihindari. Seseorang pasti pernah melintasi yang namanya kegagalan, kehilangan, patah hati, kekecewaan, penolakan, dan kejadian menyakitkan lain.

Ketika dalam posisi demikian, bukankah kita sendiri akan lebih baikan dan bersyukur jika ada seorang penghibur? 11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata. #RD

1
2
3
SHARE