11 Hobi yang Membuat Otak Kita Lebih Pintar dan Mencegah Kepikunan

11 Hobi yang Membuat Otak Kita Lebih Pintar dan Mencegah Kepikunan

otak, otak manusia, fungsi otak, fungsi otak manusia, mencegah kepikunan, hobi yang baik, hobi yang membuat otak lebih cerdas dan pintar, hobi yang menghasilkan, hobi yang menghasilkan uang, hobi yang menyenangkan
Via: tekkaus.com

Apa hobimu, Bro-Sist?

Bicara tentang hobi, kita tentu akan terarah pada berbagai topik. Hobi seseorang memang berbeda-beda, ya. Ada yang terkait kesenian, petualangan, flora-fauna, bisnis, pendidikan, dsb.

Orang bilang, kita termasuk “kaum” yang beruntung jika bisa melakoni hobi dengan leluasa. Apalagi kalau hobi itu menjadi sumber penghasilan juga. Jadinya, kita dapat dobel.

Sebagai manusia biasa, kita memang tak memeroleh kesempatan banyak. Baik untuk hidup secara keseluruhan, maupun sekadar menikmati kesukaan. Manusia menua. Entah usianya, badannya, maupun otaknya.

Tak ayal, kita kadang diresahkan dengan permasalahan masa tua. Tubuh yang ringkih, energi melemah, dan kinerja otak pun menurun. Tak perlu amnesia atau diserang Alzheimer pun, otak yang uzur akan mengalami masalah. Hanya saja, para ahli syaraf memberi kabar gembira. Mereka bilang, keadaan tersebut masih memungkinkan untuk dikurangi atau ditunda.

Ketika sedang “jalan-jalan” di internet, kebetulan daku menemukan beberapa artikel terkait hal ini. Ternyata ada beberapa hobi, yang mungkin sering kita lakoni, yang bisa membantu mempertahankan kinerja otak. Bahkan, hobi-hobi ini ditengarai bisa menjadikan otak lebih cerdas.

Apa saja? Jom!

#1. Baca-baca

Manfaat hobi baca baca bagi otak
By: Sososimps

Selama masih bermanfaat, membaca tak perlu pilih kasih. Mau novel edisi baru sampai koran yang sudah menguning, membaca tetap memberi efek yang sama. Beberapa area dalam otak mengalami peningkatan dari segi fungsi. Membaca memberikan banyak info atau pengetahuan, membuat kita berimajinasi, menghibur, menurunkan tingkat stress atau kebosanan, membuat kita merasakan berbagai emosi, meningkatkan fungsi memori, dsb.

#2. Belajar Instrumen Musik

manfaat hobi bermain musik bagi otak dan kecerdasan anak
Via: hg020.k12.sd.us

Bisa kita rasakan sendiri, bagaimana musik mampu merangsang rasa dan pikiran. Manfaat musik bisa semakin terasa manakala kita belajar memainkannya. Berusaha mengendalikan suatu alat atau instrumen musik itu melatih kesabaran, mempertajam memori, melatih daya ingat akan pola-pola tertentu, melatih kemampuan untuk memecahkan masalah, serta memproses sesuatu agar hasilnya lebih indah. Tak heran kalau hobi ini diklaim bisa memaksimalkan fungsi otak kiri maupun kanan.

Baca Juga :  Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya + Contoh (Bagian 4)

#3. Olahraga

manfaat hobi olahraga bagi otak, olahraga bersama keluarga, olahraga bersama orang tua, olahraga bersama saudara
Via: adyko.com

Dalam tiap tips kesehatan, olahraga senantiasa masuk. Kalau dihubungkan, tubuh yang sehat bisa menjadi “rumah aman” bagi otak yang sehat juga. Otak mirip seperti otot, perlu peregangan dan tak boleh terlalu tegang. Dengan demikian, tidur kita akan terasa nyaman. Kalau sudah nyaman, sirkulasi darah bisa lancar. Kalau sudah lancar, fungsi otak pun tetap terjaga. Belum lagi olahraga itu memproduksi semacam protein (BDNF), yang bisa diserap otak. Memori dan daya fokus kita bakal berumur panjang.

#4. Belajar Bahasa Baru/ Asing

hobi belajar bahasa asing atau baru
Via: jenite.bg

Belajar menguasai bahasa asing memang sangat keren dan berimbas positif terhadap otak, setimpal dengan berbagai kesulitan yang musti kita hadapi. Otak kita terlatih untuk melakukan multitasking, sekaligus tetap konsentrasi. Kita mengingat atau memahami banyak kosa kata, mencerna bunyi-bunyian asing, menerapkan struktur atau tata bahasanya, dsb. Tetapi di saat yang sama kita bisa tetap fokus, thanks to otak yang sudah cakap, sehingga intelegensia jadi meningkat.

#5. Menyenangi Hal-hal Kumulatif/ Hitung-Hitungan

Manfaat hobi belajar matematika, hobi belajar hitung hitungan bagi otak
Via: sionnstars.blogspot.com

Meski bukan jadi favorit, tapi bukan berarti tak ada orang yang menyenangi hal-hal kumulatif. Sejak sekolah, kita sudah dibekali ilmu-ilmu dasarnya. Lalu begitu keluar, ada juga yang tetap menerapkannya. Jika demikian, kita berpeluang untuk tetap memiliki daya ingat yang tajam dan skill memecahkan masalah yang luar biasa.

#6. Latihan Otak dengan Puzzle atau Games

hobi asah otak, permain edukasi anak, game puzzle bagi anak, hobi menyusun gambar
Via: Google Image

Layaknya tubuh yang memerlukan olahraga agar tetap bugar, otak pun demikian. Agar fungsinya terjaga atau meningkat, kita tetap memerlukan latihan. Tak perlu hal-hal berat, cukup permainan asah otak yang kita senangi. Entah itu puzzle, teka-teki, catur, dsb. Permainan-permainan itu membuat kita terlatih untuk berpikir, menyusun strategi, mengingat-ingat sesuatu, berkreasi, dsb.

Baca Juga :  Alasan Kenapa Kita Harus Peduli Palestina

#7. Meditasi/ Yoga

hobi meditasi atau yoga

Meditasi atau yoga membantu kita untuk rileks, fokus, melepas cemas, dan mendapat memori yang lebih tajam. Dalam keadaan diri yang lebih terkendali, kita akan bisa berpikir, belajar, berencana, dan menggunakan otak dengan lebih efektif. Kita juga akan lebih bisa mengenal jati diri sendiri.

#8. Menulis

manfaat hobi menulis atau meluapkan isi hati
Via: alicenicholls.com

Orang sudah sering membahas mengenai manfaat menulis. Hobi yang satu ini menjadi kesempatan bagi kita untuk mengekspresikan isi pikiran dan perasaan.  Berbagai skill bisa meningkat dalam satu aktivitas ini. Baik itu kemampuan linguistik, kreativitas, imajinasi, daya fokus, penyusunan sesuatu, pemahaman, memori, dsb. Tak heran kalau menulis pun termasuk kegiatan yang bisa mempertahankan atau bahkan mengembangkan intelegensia seseorang.

#9. Travelling

manfaat hobi travelling atau menjelajah dunia bagi otak
Via: alpengirlcamp.com

Berpetualang tak hanya tentang menghabiskan hiburan, senang-senang di banyak tempat, atau selfie sana-sini. Lebih dari itu. Travelling juga bisa meningkatkan kinerja otak dengan berbagai cara yang menyenangkan. Dalam kondisi yang pasti bebas depresi, kita bisa menjelajah berbagai lokasi, menyerap banyak informasi, mengobservasi, dsb.

#10. Masak Ini-Itu

manfaat dari hobi memasak
Chef ganteng Bradley Cooper dalam film “Burnt”, via The Weinstein Co. press site

Aktivitas dapur ini memang tak boleh disepelekan, ya. Memasak memerlukan skill berkreasi yang cukup tinggi. Orang yang memasak juga pandai meng-handle segala sesuatu dalam satu waktu. Mereka menyiapkan bahan-bahan, menakar porsi bumbu yang dimasukan, membuat keputusan dalam waktu singkat, dsb. Aktivitas yang berulang-ulang ini tanpa terasa menjadi media latihan tersendiri bagi otak dan kecerdasan seseorang.

#11. Menjadi Peserta Kegiatan Olahraga

manfaat hobi bertanding olahraga atau aktif dalam pertandingan olahraga
Via: timelessinformation.com

Olahraga sendiri sudah kita bahas, ya. Namun yang satu ini lebih ke kompetisinya. Ketika kita ikut terlibat, ada skill-skill yang ikut meningkat. Entah lebih responsif, kapabel, terkoordinir, serta percaya diri. Tubuh jadi bugar, otot lebih rileks, otak lebih fleksibel, dan daya pikir pun meningkat. Untuk itu, atlit-atlit top dunia juga dipercaya memiliki tingkat intelegensia yang tak biasa.

Baca Juga :  Inspirasi Baju Lebaran dari 5 Selebgram Indonesia, Sederhana Tapi Istimewa

Demikianlah daftar hobi yang bisa membuat fungsi otak kita lebih meningkat. Penjelasannya memang cukup masuk, ya. Nah, apa satu atau beberapa diantaranya memang menjadi hobi kita? Kalau begitu, selamat. Semakin semangat! 11 Hobi yang Membuat Otak Kita Lebih Pintar dan Mencegah Kepikunan. #RD

You May Also Like