11 Tips Ala Orang Introvert Ketika Merasa Down atau Terpuruk

0
SHARE
bersyukur, tersenyum, jangan lupa bahagia, fokus bahagia, tetap tersenyum, merasa down, introvert merasa down, merasa terpuruk, ketika merasa terpuruk, sendiri bahagia
Via: therelationshipblogger.com

6. Menolong atau Membahagiakan yang Lain

Orang bilang, ada kebahagiaan tersendiri ketika kita bisa menolong atau membahagiakan. Pengaruhnya sangat kuat, sampai-sampai kita jadi lupa pada problem sendiri. Nah, trik ini bisa kita coba. Tak perlu sulit-sulit.  Kita tak harus terbang ke Palestina atau ke area pedalaman negeri sendiri.

Cukup dengan memberi makan kucing yang kelaparan, menyiram tanaman yang kekeringan, menyeberangkan orang tua atau anak, memberi jajan keponakan, dll. Senyuman mereka saja pasti menjadi pelipur lara tersendiri bagi kepenatan hati kita.

7. Hindari Prasangka Buruk

Dalam keadaan terjatuh, kita sering tergoda untuk memercayai aneka pikiran negatif. Prasangka buruk juga sering datang entah dari mana. Jangan mudah percaya dan terjebak. Kita masih memiliki pilihan untuk tidak memercayai semua pikiran negatif tersebut. Tetap positif.

8. Rencanakan Kebahagiaan Berikutnya

Apa hal-hal yang bikin kita bahagia? Well, jawabannya tentu banyak. Kita bisa memperbaiki kemurungan diri dengan merencanakan sesuatu yang ditaksir bisa mengundang kebahagiaan.

Sebut saja jalan-jalan ke rumah saudara, impian ke tanah suci, calon buku terbaru dari penulis favorit, rencana menonton konser, makan malam di luar, dll. Kita bisa merencanakan waktunya, dananya, temannya, dll. Semua itu bisa menjadi mood booster , ‘kan?

9. Tetapkan Target atau Tujuan Jelas

Setiap orang berhak memiliki tujuan hidup, termasuk kita, orang-orang introvert yang tengah down. Kalau bisa, tujuannya sendiri harus jelas atau spesifik. Bukan sekadar ingin membahagiakan orang tua, atau berguna bagi nusa dan bangsa.

Beberapa tujuan itu misalnya… memiliki kios, membeli kendaraan pribadi, mengelola blog niche, membiayai kuliah adik, membeli mukena baru untuk ibu, dll. Jadikan semua itu sebagai motivasi agar kita tidak hengkang dari arena kehidupan. Tetap bertahan dan bangkit dari keterpurukan. Yakinlah kalau Tuhan YME tidak menciptakan makhluk hanya karena iseng belaka. Kita tentu memiliki misi dan manfaat tersendiri.

Baca Juga :  12 Isi Hati, Perasaan, atau Pikiran Seorang Introvert

10. Peka Terhadap Hal-hal Kecil

Senyum bisa merekah begitu saja ketika kita menyadari betapa Maha Pemurahnya Tuhan YME, yang menyediakan oksigen gratis dan berlimpah bagi umat-Nya. Mood juga bisa baikan ketika kita bisa mensyukuri mata yang masih bisa terbuka, meresapi musik, menikmati pergerakan tubuh yang bebas dan leluasa, dsb.

11. Komunikasi dengan-Nya

Ada keajaiban tersendiri ketika kita mampu menghayati ibadah dan larut dalam doa. Rasanya tenang, ringan, dan berenergi kembali. Tiada hal yang lebih indah selain interaksi antara seorang hamba dan Tuhannya.

~

Merasa down atau terpuruk itu bukan kelainan. Wajar adanya. Namun kita perlu mengingatkan diri sendiri, kalau tak ada seorang pun yang diutus ke bumi untuk menjadi figur yang sempurna dan memiliki kehidupan yang tanpa cela.

Kita datang untuk beribadah. Kita terus belajar, berubah, beramal baik, dan menebar cinta. Di tengah-tengah semua itu, berbagai rasa datang silih berganti. Termasuk rasa down, rasa bahagia, rasa percaya diri, rasa sedih, dll.

Kita yang memutuskan; akan mengusir atau mengundang rasa yang mana. Apakah rasa terpuruk akan terus dipelihara, atau justeru kita memilih mengundang kebahagiaan saja? Keputusan ada di tangan. 11 Tips Ala Orang Introvert Ketika Merasa Down atau Terpuruk. #RD

1
2
SHARE