11 Waktu Terbaik dan Tepat untuk Meminum Air Putih Agar Lebih Sehat

11 Waktu Terbaik dan Tepat untuk Meminum Air Putih Agar Lebih Sehat

minum air, minum air berapa gelas, minum air sehat, etika minum air, waktu terbaik untuk minum air
Via: 6xc.com.au

Meminum air putih.

Rasanya yang satu ini sudah sering menjadi nasihat di tiap tips kesehatan. Disusul dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga, istirahat yang cukup, dsb. Malah ada juga beberapa saran yang lebih rumit.

Namun, minum air putih menjadi suatu masukan yang paling simpel, sekaligus cukup vital. Banyak yang membahasnya sampai ke akar-akar, termasuk berapa kadar air yang harus masuk tiap harinya. Musti se-anu gelas tiap hari, atau musti berasal dari air higienis.

Tapi apakah meminum air putih saja sudah cukup?

Rupanya ada beberapa hal yang kadang membuat misi meminum air putih jadi gagal. Misalnya ketika kita keliru menakar airnya, keliru timing-nya, serta tak konsisten. Kebetulan daku tengah menekadkan diri untuk memperbanyak asupan air minum. Di tengah proses browsing, daku temukan berbagai artikel menarik terkait waktu terbaik kalau hendak minum. Berikut ini daku tuliskan kembali rinciannya, yang diolah dari berbagai sumber. Jom!

#1. Jangan Minum Sesaat Setelah Gosok Gigi

Kenapa? Hal itu dikarenakan pasta gigi kita biasanya mengandung fluoride. Jika memaksakan minum, airnya kemungkinan terkontaminasi kandungan tersebut.

#2. Pas Bangun Tidur

Begitu bangun tidur, disarankan agar kita meminum air putih. Kalau bisa, kita meminumnya sebanyak 2 gelas. Kebiasaan ini akan membantu mengaktivasi organ dalam tubuh. Dengan kata lain, “pemanasan”.

#3. Sebelum Makan

Sekitar tiga puluh menit sebelum makan, ada baiknya kita meminum segelas air dulu. Yang satu ini berfungsi untuk membantu proses pencernaan. Kita juga akan merasa lebih kenyang, sehingga menhindari diri dari makan dengan porsi berlebihan.

#4. Sebelum Mandi

Sebelum menyegarkan diri dengan mandi, kita bisa meminum satu air gelas. Tujuannya ternyata sangat baik, yakni untuk menghindari tekanan darah tinggi.

#5. Sebelum Tidur

Ketika hendak tidur, para ahli merekomendasikan kita untuk minum segelas air. Hal ini berfungsi untuk membantu mencegah ancaman penyakit stroke serta serangan jantung. Wah…

#6. Ketika Lapar

Kadang rasa lapar itu terjadi bukan saja karena tubuh “demo” akan makanan, melainkan terjadinya dehidrasi. Untuk itu, kita bisa minum terlebih dahulu ketika merasa keroncongan. Minum sebelum memakan makanan ringan atau berat pun membuat kita kenyang duluan, jadinya membuat lebih bisa mengontrol diri untuk melahap sumber kalori.

#7. Sebelum olahraga

Olahraga akan membuat keringat keluar. Ada cairan dalam tubuh yang terbuang. Untuk menghindari dehidrasi selama olahraga, kita bisa minum dulu. Kadar airnya tergantung berat-tidaknya olahraga tersebut, lalu dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, dan kebutuhan air kita.

#8. Setelah olahraga

Mirip seperti poin sebelumnya, minum air pasca olahraga juga ditujukan untuk mengganti kandungan air yang terbuang. Baik itu dalam bentuk keringat atau mungkin buang air kecil. Selain itu, tubuh memang akan memberi tanda-tanda tersendiri kalau kita memang haus dan memerlukan air.

#9. Ketika terinfeksi kuman

Keadaan dehidrasi atau kekurangan air merupakan “situasi favorit” bagi virus. Mereka bisa menetap bahkan berkembang biak dengan nyamannya. Untuk itu, kita bisa membantu menghalaunya dengan minum air. Misalnya ketika kita pergike rumah sakit, berada di tengah orang sakit, atau memang merasakan tubuh yang mulai tidak enak.

#10. Ketika tidak enak badan atau sakit

Yang satu ini juga bukan saran aneh. Ketika sakit, kita memang dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan lebih banyak. Sumbernya bisa dari air murni, teh, sup, jus, dsb.

#11. Ketika haus, capek atau penat

Merasa haus menjadi semacam “alarm” tubuh untuk segera minum. Di saat-saat seperti itu, kita begitu letih, ngantuk, tidak fokus, dsb. Kita musti segera menurutinya – minum. Begitu ketika kita merasa capek. Misalnya di tengah-tengah kerja, kita begitu lelah sehingga ingin tidur saja. Namun karena keadaan tidak mendukung, segelas atau dua gelas air bisa membantu.

Orang bilang, air adalah obat paling murni dan termurah di dunia. Bahkan di beberapa wilayah, termasuk Indonesia, alhamdulillaaah air bersih bisa didapatkan dengan gratis dan mudah. Untuk itu, ada baiknya untuk mulai mengapresiasi diri dengan cara sesederhana minum air. Demikian, 11 Waktu Terbaik dan Tepat untuk Meminum Air Putih Agar Lebih Sehat. #RD

You May Also Like

error: