12 Aktivitas untuk Mengisi “Me Time” atau Momen untuk Menyendiri

12 Aktivitas untuk Mengisi “Me Time” atau Momen untuk Menyendiri

me time, me time adalah, mengisi waktu me time, maksud me time, aktivitas me time, ide me time, me time ideas, menyendiri, waktu untuk menyendiri
Via: allegiancehealth.org

Me Time adalah…

Well, definisinya bisa berbeda-beda. Intinya, me time merupakan quality time buat diri sendiri. Dengan kata lain, kita enggak berurusan sama orang untuk menikmati yang namanya rileksasi, alias ngaso atau santai-santai.

Emangnya perlu?

Bagi sebagian orang, waktu sejenak untuk menikmati kesendirian dan menepi dari segala rutinitas memang diperlukan. Suka atau tidak, manusia itu makhluk individual. Lagipula terkadang ada momen di mana kita stress atau jengah, sehingga perlu jeda sebentar sebelum kembali lagi.

Me Time yang berhasil biasanya memberikan dampak positif. Kita jadi lebih memahami diri sendiri, lebih bersyukur, lebih optimis, good mood, siap bersosial, kondisi mental jadi lebih stabil, dan pokoknya lebih baik. Karena itulah, banyak yang memanfaatkan momen Me Time ini sebagai obat alami untuk menenangkan diri.

Tetapi apa saja aktivitas yang biasa dilakukan untuk mengisi Me Time? Jom!

me time, waktu untuk me time, me time adalah, maksud me time, mendengarkan musik, me time dengan dengerin musik kesukaan, me time musik favorit
Via: Indusladies.com

#1. “Dipijit” Sama Musik

Gemar sama musik? Daku pribadi bersyukur atas eksistensi musik dan musisi favorit. Sudah rahasia umum, musik memiliki cara tersendiri untuk membuat pendengarnya merasa baikan. Bahkan musik yang gaduh pun, bagi yang menggemarinya, justru seperti alunan yang memijit-mijit perasaan. 😀

#2. Memanjakan Diri

Yang memiliki budget lebih bisa memilih salon kecantikan untuk memanjakan diri. Treatment mereka tentu bisa membuat kita lebih refresh. Tetapi kita juga bisa melakukannya secara sederhana. Entah itu dengan maskeran, luluran, berendam di bathtub (kalau ada), mandi biasa lebih lama, dsb.

#3. Makan Makanan Favorit

Namanya juga me time, kita makannya juga sendirian. Adapun makanannya bisa dimasak sendiri, atau memang membeli jadi. Tergantung jenisnya. Bisa kita buktikan, bagaimana sensasinya merasakan cita-rasa kesukaan ketika sendirian. Maka nikmat Tuhanmu yang mana yang kamu dustakan?

#4. Menghirup Udara “Secara Berbeda”

Tiap detik kita pasti menghirup udara. Namun ketika ada kesempatan, pastikan untuk sejenak mengapresiasinya lebih rinci lagi. Tentang betapa leganya ketika kita bisa bernapas dengan baik dan benar, atau betapa nikmatnya udara yang dihirup dan dikeluarkan secara perlahan. Kita bisa memilih tempat yang sekiranya bebas polusi. Entah di taman depan rumah, ruang terbuka hijau, pegunungan, pesawahan, dsb.

Baca Juga :  Kapan Fake Smile Alias Tersenyum Palsu itu Dianjurkan atau Justru Dilarang?

#5. Jalan Sendirian

Ada yang senang dengan jalan kaki, memakai kendaraan, atau sekadar bersepeda. Intinya momen tersebut, ajaibnya, bisa membuat kita lebih tenang dan segar. Apalagi kalau pemandangan sekitarnya memang layak diapresiasi.

#6. Mengeksekusi Hobi

Hobi yang dilakoni sendiri tentu banyak, ya. Khususnya yang membawa manfaat. Ada yang memilih mancing, masak, menyanyi, memainkan alat musik, mengapresiasi karya seni, dsb. Semua itu bisa membantu kita lebih rileks.

#7. Nulis

Doyan akan aktivitas menulis memang sangat bermanfaat. Di saat sendirian, kita bisa mengeluarkan unek-unek apapun. Khususnya yang membuat kita terus terusik atau galau. Apalagi kini banyak aplikasi menulis yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

#8. Menyendiri di Tengah Keramaian

Kadang ada sensasi damai tersendiri ketika kita sendirian, asing, dan hanya memperhatikan hiruk-pikuk yang ada. Lokasinya bisa di mana-dimana. Termasuk di rumah sakit, pasar tradisional, panti, di atap bangunan, dsb. Bisa dilengkapi dengan camilan, secangkir kopi, atau minuman lain, selain yang diharamkan, ya.

Siapa Tahu Ingin Baca Juga: 14 Momen Di Mana Kita Merasa Kesepian dan Hampa di Tengah Keramaian

Betapa dunia ini terus bergeliat, sibuk dengan aneka aktivitasnya. Jadi menyadari juga kalau yang menanggung masalah itu bukan kita seorang. Orang-orang yang kita perhatikan pun memiliki kisah gelapnya masing-masing.

#9. Membaca

Aktivitas ini sering “menculik” kita dari realita yang ada. Apalagi kalau memang apa yang dibaca itu berupa cerita. Kita seperti ada di dunia kisah itu, merasakan emosinya, lalu belajar banyak hal dari tokohnya. Benar-benar mengalihkan pikiran, khususnya dari kenyataan yang kadang enggak sesuai keinginan.

#10. Olahraga

Pilihan olahraga tentu begitu banyak. Hhh… daku jadi kangen badminton, basket, atau bersepeda. Meski enggak mahir, setidaknya nikmat juga ketika kita berkeringat. Badan jadi bugar. Bahkan otot-otot yang tegang pun sedikit lebih longgar.

Baca Juga :  11 Aksi Nyata Tanda Cinta Tanpa Harus Susah Payah Mengatakannya

#11. Merenung

Ada beberapa menit yang bisa digunakan untuk merenung. Misalnya ketika hendak memejamkan mata, begitu membuka mata, ketika menikmati secangkir teh di sorea hari, dsb. Kita bisa flashback atas sesuatu yang sudah dilalui atau dicapai. Kita juga bisa merencanakan tujuan selanjutnya, serta introspeksi diri untuk langkah tersebut. Pastikan ada rasa syukur ketika merenungi semua itu.

#12. Berdoa atau Menyendiri dengan Tuhan YME

Waktu yang satu ini menjadi momen intim kita dengan Sang Pencipta. Tak ada orang lain, tak ada gadget, tak ada pekerjaandsb. Kita bisa berkeluh-kesah, menyampaikan curahan hati, memberi pengakuan dosa atau sesuatu yang disesalkan, nangis sepuasnya, mengutarakan harapan-harapan, dsb. Pada dasarnya “Me Time” bukan berarti kita benar-benar sendiri. Sebab, Dia bahkan lebih dekat dari urat nadi. Ketika bersama-Nya, selalu ada perasaan damai dan terjamin. Kebiasaan yang juga menjadi ibadah ini benar-benar sangat menguntungkan.

Hidup sudah sibuk. Dunia sudah ruwet. Tak ada salahnya kita lebih kalem dan simpel. Jika ada waktu, bisa meluangkannya untuk Me Time, ya. Semoga bermanfaat. 12 Aktivitas untuk Mengisi “Me Time” atau Momen untuk Menyendiri. #RD

You May Also Like

4 Comments

  1. Musik selalu jd pilihan yg gak pnh luput. Bhkn buat saya yg udah merasa gak muda lg. Biasax hits2 thn 90an ttp jd top list.

    Melakukan hobi juga gak kalah menyenangkan, kalo saya mah lg keranjingan merajut ini.

    1. Sama, Mbak. Sama juga, masih belum bisa “move on” dari lagu-lagu lama. Bahkan yang sebelum 90-an. Haha…

      Wah senangnya merajut. Daku juga pengin bisa, yang benar-benar rapi. Apalagi kalau kondisinya senyap. Kayaknya tenaaang, gitu.

Comments are closed.