12 Artis Korea dan Kisah Inspiratif Mereka ketika Melawan Kemiskinan

12 Artis Korea dan Kisah Inspiratif Mereka ketika Melawan Kemiskinan

Yunho aka U Know, Kisah inspiratif artis Korea, kisah mengharukan artis korea, kisah sedih artis korea, kisah kehidupan masa-lalu artis korea
~youtube.com~

Apa ada yang pengin jadi artis atau seorang idola?

Di mata kita, mereka tak ubahnya seperti sosok yang paling beruntung. Sudah punya penampilan menarik, harta melimpah, banyak fans dan tentu popularitas. Tapi… apa mereka bisa benar-benar bisa menanggungnya? Apa mereka mendapatkannya dengan cara instan? Atau cuma dengan mantera simsalabim abrakadabra?

Khusus artis Korea, sebagian pasti sudah tahu kalau mereka mesti mengarungi banyak tahapan untuk sampai di puncak, dan bertahan terus di sana. Entah itu dengan latihan yang padat, diet yang ketat, super hati-hati menjaga imej, bahkan sebagian sampai mesti melakukan operasi plastik? Kita tak pernah tahu pasti, dibalik senyum mereka terdapat hidup dan kehidupan yang keras.

Dibalik senyum mereka juga, terdapat masa-lalu pahit yang getir. Termasuk 12 artis Korea berikut. Siapa sangka mereka sebelumnya berkutat dengan kemiskinan dan kemelaratan hidup… siapa saja mereka dan bagaimana kisah inspiratifnya? Daku urutkan berdasarkan abjadi saja, ya. Jom!

1. Donghae

Lee Donghae, cerita hidup Donghae, cerita keluarga Donghae
Update poto Donghae via akun instagramnya: @leedonghae

Lee Donghae berasal dari keluarga sederhana di daerah Mokpo. Sebagian fans pasti sudah tahu, cita-cita Donghae sebenarnya menjadi atlit. Namun ayahnya sangat ingin Donghae jadi penyanyi. Ia pun nurut dan mulai berlatih menyanyi. Sampai kemudian Donghae memenangkan sebuah kompetisi dan langsung mendapat kontrak kerja bersama SM Entertainment. Konsekwensinya, dia mesti rela terpisah dengan keluarga untuk mengikuti pelatihan. Sampai 6 tahun lamanya. Dan tragisnya… ketika Donghae pulang pada tanggal 08 Agustus tahun 2006, ayahnya justeru meninggal akibat kanker yang terus menggerogotinya. Padahal Donghae datang sambil membawa gaji pertama dari kerja kerasnya.

~

2. Goo Hara (KARA)

Goo Hara KARA, cerita hidup Goo Hara KARA, kehidupan keluarga Goo Hara KARA

Goo Hara yang kita lihat sekarang ternyata juga berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Selain hidup dalam kemiskinan, ia juga jadi anak korban broken home. Orang tuanya bercerai ketika ia masih berusia 7 tahun. Masa kecilnya pun agak rumit, sebab ia sering jadi korban bullying. Uh! menyebalkan, ya?! Err… Ibunya tidak terlalu banyak diceritakan, sementara ayahnya terkenal sangat keras, disiplin namun juga jarang menghabiskan waktu dengannya. Bisa dikatakan, ia malah tumbuh besar bersama kakek-neneknya.

~

3. IU

Lee Ji Eun alias IU, cerita hidup IU, kisah kehidupan keluarga IU
pinterest

Masa-lalu nampaknya memang sangat berpengaruh bagi kehidupan dan karakter seseorang. Termasuk Lee Ji-eun aka IU. Ia terlihat begitu dewasa. *narik napas* Hati-hati jangan nangis, ya!? 🙁 Ternyata… kehidupan IU kecil cukup keras. Keluarganya didera ujian ekonomi yang hebat. Mereka terlilit utang. Karena IU enggak mau jadi beban, ia memilih hidup terpisah dengan orang tuanya. Ia tinggal bersama adik laki-laki, nenek dan keponakannya.

Baca Juga :  24 Artis Atau Selebritis Dunia dan Cerita Inspiratif Mereka Ketika Menjadi Korban Bullying

IU bilang, tempat di mana mereka tinggal begitu dingin. Sang nenek yang berjualan aksesoris rambut di pasar tidak selalu bernasib mujur. Mereka pun terbiasa dengan keadaan makanan yang kurang dan kurang. Waktu itu IU tidak tahu mesti menyandar di bahu siapa. Sama orang tua? Jangan bicara, ketemu sama orang tua saja sudah sangat jarang. Tapi IU selalu berpikir, “Enggak apa-apa deh, yang penting nenek masih ada.”

IU sempat mengikuti audisi di JYP. Bukan sekali, dua kali dan tiga. Dia mengulang sampai 20 kali. Hasilnya selalu gagal. Singkat cerita, sekarang ia berkarier di bawah asuhan LEON Entertainment. IU tumbuh jadi penyanyi solo sekaligus aktris yang sukses, terkenal, jadi salah-satu aktris dengan fans fanatik terbanyak  dan bisa mengubah kehidupan banyak orang.

4. Jaejoong (JYJ)

Jaejoong jyp, kisah hidup Kim Jaejoong jyp
hancinema.net

Tidak disangka, seorang Jaejoong juga dulunya sempat hidup melarat. Dia dikabarkan kabur dari rumah. Hidup di jalanan membuatnya mesti kerja ini-itu. Ia juga sempat jadi pelayan. Namun penghasilan dari job itu sangat sedikit. Bahkan suatu hari, ia pernah kehabisan uang. Ia lapar tapi tidak menemukan sesuatu untuk mengganjal perut. Ia pun sampai menjadi pendonor darah, dengan tujuan untuk memeroleh sedikit uang. Dengan begitu, barulah ia bisa membeli makanan. 🙁 Kalau sekarang? Hmm… mobilnya aja Lamborghini Murcielago LP 640 dan harganya *uhuk-uhuk* 4-5 Milyar. Baca aja: Artis Korea dan Mobil Mewah Mereka.

~

5. Leeteuk (Super Junior)

Lee Teuk, cerita hidup Leeteuk, cerita keluarga Leeteuk SUper Junior

Seorang Leeteuk yang kerap tersenyum dan memamerkan lesung pipitnya, ternyata memiliki masa lalu yang sulit. Dalam suatu interview, leader Super Junior ini mengaku berasal dari keluarga miskin. Selain kekurangan secara ekonomi, ia juga mesti menyaksikan orang-tuanya cekcok. Malangnya, ia kerap dipukul oleh sang ayah. Duh. 🙁

~

6. Rain Bi

Rain, cerita hidup Rain, cerita tentang Ibu Rain
goldsea.com

Jung Ji-hoon aka Bi aka Rain juga berasal dari keluarga kurang mampu. Ia cukup sensitif kalau menceritakan perihal keluarga, terutama ibunya. Ketika Rain masih berusia 18 tahun, wanita yang paling berpengaruh baginya itu meninggal dunia akibat diabetes yang dideritanya. Ia cukup menyesali diri karena tidak bisa berbuat apa-apa untuk kesembuhan ibunya. Rain selalu berpikir, andai saja memiliki banyak uang, tentu ia bisa memberi pengobatan yang lebih baik untuk ibunya. Namun segala sesuatu ada hikmahnya… Berangkat dari kehilangan yang mendalam itu Rain termotivasi untuk terus berjuang dan memperbaiki kehidupan keluarganya. Jadilah dia Rain yang sekarang, yang awalnya direkrut oleh JYP Entertainment. Boleh dibilang, ia masuk jajaran artis papan atas Korea.

Baca Juga :  Drop Out dari Kampus, Mereka Malah Jadi Orang Kaya-Raya di Dunia

7. Sandara Park (2NE1)

Sandara Park, kisah hidup Sandara Park 2NE1
soompi.com

Kisah sedih dan memilukan lainnya datang dari Sandara Park. Ia tak menyangka, sosok lelaki yang dipanggil ‘ayah’ olehnya justeru jadi makhluk yang membuat dia dan keluarga menderita. Diam-diam ayah Sandara Park menjalin hubungan dengan wanita lain, bahkan sudah membangun keluarga (lagi). Perlahan namun pasti, lelaki itu meninggalkan Park bersaudara. Ia mengambil uangnya sekaligus merenggut kebahagiaannya. Gadis ini pun mesti menggantikan posisi sang ayah, menjadi tulang punggung keluarga. Aw~

~

8. Seo In Guk

Seo In Guk, kisah hidup Seo In Guk
kpopfighting.com

Sebelum Seo Inguk terkenal karena suara dan ke-seksi-annya, ia ternyata sempat menyicipi pahitnya hidup miskin. Salah-satu kisah menyedihkan yang pernah ia ungkap yaitu ketika keluarganya makan ayam. Terus apa sedihnya? ternyata setelah mereka makan, tulang ayam itu dikumpulkan kembali. Tujuannya agar mereka bisa kembali menggunakannya sebagai kaldu. Dengan begitu, keluarga pun tidak perlu pusing soal makanan yang mesti dilahap selanjutnya. 🙁 Namun syukurlah, Super Star K datang. Mereka benar-benar mengubah hidup penyanyi ini.

~

9. Sohee

Sohee, Ahn Sohee, kisah hidup Sohee
weheartit.com

Sohee juga termasuk anak korban broken home. Orang tuanya bercerai ketika masih kanak-kanak, tepatnya saat berusia 4 tahun. Sohee dan saudaranya ikut sang ayah. Kehidupan mereka baik-baik saja sampai kemudian datang malapetakan. Sang ayah kehilangan pekerjaan. Demi menafkahi keluarga, ia pun mesti banting stir dengan jualan susu keliling. Sohee sendiri kerap bangun pagi-pagi buta demi membantunya. Ujian lain, yang lebih besar, kembali datang. Ayahnya jatuh sakit. Sohee, mau tidak mau, mesti jadi tulang punggung keluarga. Namun ujian berat itulah yang jadi titik awal kesuksesannya. Ia mengikuti audisi di JYP Entertainment dan ternyata lolos.

10. Sunggyu (INFINITE)

Sunggyu Infinite, kisah hidup Sunggyu
infiniteupdates.wordpress.com

Sunggyu… sosok yang kiyut, kadang-kadang ber-eye smile juga dan terlihat seperti bahagia, ternyata menyimpan cerita masa-lalu yang memilukan. Keluarganya begitu miskin. Ia dan saudara perempuannya bahkan mesti‘numpang’ di rumah teman. Mereka tinggal sekamar. Ada teman-temannya yang kerap mengejek kemiskinan keluarga Sunggyu. Ia yang masih kecil sudah merasakan sakit hati dan dendam. Namun rasa sakit itu ia olah jadi motivasi. Dendamnya terpenuhi. Kini ia jadi member boyband terkenal dan sukses, mungkin melebihi teman-teman yang pernah memperoloknya.

Baca Juga :  14 Penyanyi Dunia yang Awalnya Bekerja Sebagai Backup Singers atau Backing Vocals Saja

~

11. Taeyang Big Bang

Taeyang, kisah hidup Taeyang, kisah keluarga Taeyang Big Bang
bigbangupdates.com

Melihat bagaimana suksesnya boyband Big Bang, sudah pasti bayaran mereka amat mahal. Sudah pasti juga, honor semua membernya besar-besar. Termasuk Taeyang. Namun siapa sangka, Taeyang kecil sudah memikul beban berat. Karena keadaan ekonomi yang begitu buruk, ia mesti ‘memisahkan diri’ dari keluarganya sendiri. Karena itu, Taeyang kecil sudah bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun cerita menyedihkan itu sudah tinggal kenangan, sebab kini kehidupannya jauh lebih berkecukupan.

 ~

12. Yunho (TVXQ)

Yunho, U Know, kisah hidup Yunho
kpop1.com

Yunhooo!!! U Know!!! Eh, ekhem… Fokus, ya. -_-

Fakta menarik tentang Yunho yaitu… ia pernah tidur di jalanan. Kalau dulu ia hanya dilirik dan dicuekkan, bayangkan kalau sekarang. Seorang Yunho tidur di jalanan? Sudah pasti keselamatannya terancam. Media Korea juga pasti dibikin sibuk sama beritanya. Namun itulah yang terjadi. Yunho kecil pernah mengalami hal itu. Ceritanya ayah Yunho didera kebangkrutan. Hal itu menyebabkan ia dan keluarga terusir dari rumahnya sendiri. Karena tak punya biaya untuk mengontrak rumah lain, Yunho dan keluarga terpaksa tinggal di stasiun kereta api. Namun cerita rumit yang dilaluinya sudah terbayar dengan apa yang kini digenggamnya.

~

Nah, bagaimana? Mudah-mudahan kisah-kisah mereka bisa menginspirasi dan memotivasi kita, ya. Bahwa… setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Aamiin. ^_^ 12 Artis Korea dan Kisah Inspiratif Mereka ketika Melawan Kemiskinan. #RD

You May Also Like

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.