12 Cara atau Tips Hemat Ketika Makan di Luar

12 Cara atau Tips Hemat Ketika Makan di Luar

makan di luar, makan di restoran, tips hemat makan di luar, tips hemat makan di restoran, cara memesan makanan di cafe, cara membayar makanan di cafe, cara memesan makanan di restoran, cara memesan makanan di restoran cepat saji

Makan di luar itu biasanya menguras uang dan kurang mengenyangkan.

Benar juga!

Makan di luar, di restoran cepat saji, di cafe, dsb, sebaiknya tidak dijadikan sebagai salah-satu kebiasaan yang membuat kita ketergantungan. Apalagi kalau kita masih bisa makan di rumah dan ingin menerapkan hidup hemat.

Namun ada beberapa kondisi yang membuat kita memilih untuk makan di luar. Mungkin karena memang lapar dan diprediksi tak akan kuat jika harus pulang, karena sedang ada rezeki lebih, ingin merayakan sesuatu, ketemuan dengan klien, kumpul bersama teman, dsb. Beirkut ini ada beberapa tips yang bisa kita pertimbangkan agar kunjungan ke restoran itu tidak terlalu menguras saku. Jom!

makan di luar, makan di restoran, tips hemat makan di luar, tips hemat makan di restoran, biaya makan di restoran, biaya makan di luar, cara memesan makanan di cafe, cara membayar makanan di cafe,
Via: recruitforesl.com

#1. Cek Dulu

Poin yang satu ini daku alami sendiri. Hanya karena sudah “berbaik sangka” bahwa tempat makan A itu bakal memuaskan, daku mendatanginya begitu saja. Harganya ternyata sangat mahal dibanding menu serupa di tempat makan lainnya. Apalagi tempatnya, pelayanannya, dan rasanya juga tidak terlalu istimewa.

Tetapi pengalaman ini seakan-akan memberitahu kalau lain kali harus mencari tahu dulu. Bila perlu, kita bisa memperhatikan review dari pengunjung lainnya. Mungkin ada blogger atau netizen yang sharing di media sosial.

#2. Pilih Awal Pekan

Pernah juga daku mengunjungi tempat makan di hari wiken, atau hari di mana kondisinya sedang sangat ramai. Mau pesan ini-itu sudah habis. Akhirnya pesan yang ada saja. Dan, hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Bisa kita bayangkan kalau tim “di belakang” restoran dalam kondisi kewalahan menerima pesanan demi pesanan. Sehingga, mungkin saja, mereka tak fokus memasak. Asal jadi saja. Selain itu, harganya juga bisa jadi naik sedikit. Karenanya, kita bisa memilih hari Senin-Kamis sebagai waktu yang longgar.

#3. Diskon atau Promo

Cara lain yang bisa kita terapkan yakni dengan memanfaatkan penawaran menarik dari tempat makan tertentu. Pastikan kalau promo tersebut memang layak untuk dipertimbangkan. Bukan sekadar modus untuk “mengelabui” pengunjung.

makan bareng, sepiring ramai-ramai, makan tengah, sahring makanan, makan bareng sahabat, makan di luar, makan di restoran, tips hemat makan di luar, tips hemat makan di restoran, selfie di restoran, selfie di cafe, poto makanan
Via: keywordsuggest.org

#4. Sharing

Beberapa tempat makan menawarkan paket makan besar. Jika terhitung hemat, kita bisa memilihnya dan berbagi bersama partner makan. Lebih lagi kalau kita merasa tak akan kuat memakannya sendirian.

Ada juga istilah “makan tengah” atau “sepiring ramai-ramai”, di mana kita ingin melahap aneka menu tapi tidak mau boros. Untuk itu, kita bisa mengajak teman-teman dan memesan makanan yang berbeda-beda. Dengan demikian, kita bisa saling mencicipi.

#5. Menu Besar, Bungkus, & Pulang

Biasanya kita berpikir untuk memesan cemilan saja agar hemat. Namun biasanya cemilan itu hanya tergeletak sedikit di piring, sementara harganya tak jauh dari menu utama. Kita pun akan terkesan membayar mahal untuk sesuatu yang ringan atau “sekadar nyelip di gigi”.

Untuk itu, kita bisa memesan menu besar yang “enggak tanggung”. Tetapi karena tak ada teman untuk berbagi, kita bisa meminta untuk dibungkus saja. Sisanya bisa disantap di rumah.

#6. Pesan Air Putih atau Teh

Hal ini pernah terjadi padaku. Karena penasaran dengan nama dan gambarnya, daku memesan saja tanpa berpikir panjang. Begitu diminum, ternyata rasanya kurang enak. Bukan kesegaran yang dirasa, daku malah serasa lebih haus. Padahal harganya lumayan mahal.

Ya, salah-satu pesanan yang merogoh kocek lebih dalam yaitu minuman mahal yang terlihat sangat menggoda. Padahal kita sebaiknya memilih kebutuhan utama saja, yakni air putih. Kalau tidak, kita juga bisa memilih opsi air teh tawar atau manis.

makan di luar, makan di restoran, tips hemat makan di luar, tips hemat makan di restoran, selfie di restoran, selfie di cafe, poto makanan
Via: m2woman.co.nz

#7. Bawa Minum Sendiri

Bukan hal memalukan kalau kita hanya pesan makanan tanpa minumannya. Apalagi kalau kita memang sudah membawa minuman sendiri. Sebab biasanya, harga minuman yang sudah masuk restoran memang agak mahal dari yang biasanya.

#8. Hindari Menu Makanan Pembuka dan Penutup

Menu makanan lengkap dari mulai appetizer, main course, sampai last/ final course alias dessert memang tak wajib kita ikuti. Apalagi kalau kita memang bertekad untuk “mengamankan” angka pengeluaran. Masalahnya, sajian pembuka dan penutup itu biasanya sama mahalnya dengan menu utama. Kalau kita pesan semua, nominal uang yang dibayarkan bisa triple dari yang seharusnya.

#9. Duduk di Bar

Kalau pergi ke restoran tapi tak terlalu lapar, sedang tak ada asupan dana berlebih, dan sekadar ingin bersantai, kita bisa memilih posisi di bar. Di spot tersebut, kita jadi “tak tertuntut” untuk memesan makanan lengkap. Bahkan segelas minuman pun sudah cukup. Bila perlu, kita bisa menghabiskan waktu sambil mengobrol dengan peracik kopi, jus, atau minuman lainnya.

duduk di bar, makan di luar dengan sahabat, minum di luar bersama sahabat, makan di luar, makan di restoran, tips hemat makan di luar, tips hemat makan di restoran, selfie di restoran, selfie di cafe, poto makanan, coffee bar, bar kopi
Via: healdsburgshed.com

#10. Bergabung Menjadi Member

Kalau ada sistem member atau club, tak ada salahnya untuk bergabung. Lebih lagi jika kita sudah cocok dengan tempat makannya, terbayang akan sering berkunjung, dan mendapat keistimewaan berupa potongan harga. Status anggota itu tentu lumayan juga.

#11. Berkenalan dengan Pemiliknya

Kalau sudah memfavoritkan tempat makan tertentu dan frekuensi kunjungannya memang tinggi, tips berikutnya bisa dengan berkenalan dengan pemiliknya. Kalau pemiliknya baik dan mengapresiasi pelanggan setianya, tentu ia tak segan memberi potongan harga. Selain menambah kenalan atau saudara, kita juga bisa menekan biaya.

#12. Tawaran Kerja Sama

Kadang suka iri juga dengan pembawa acara makan, blogger makanan, atau profesi lain yang memungkinkan mereka untuk makan gratis. Tetapi mereka mendapat kesempatan keren itu sebagai hasil dari kesepakatan yang sudah terjalin. Pihak restoran akan menyajikan pelayanan dan hidangan terbaiknya, sementara mereka akan siap membuat review atau mempromosikannya. Dan, daku berterima kasih sama kedai kopi yang sudah memberi kesempatan semacam ini. 😀

~

Sebaiknya keputusan untuk makan di luar bukan karena alasan ‘yang penting perut enggak keroncongan, biar enggak usah masak, enggak usah beres-beres piring-gelas-meja makan, dan lumayan buat update di media sosial’.

Makan tak memiliki tujuan sesempit itu. Selain mempertimbangkan pengeluaran berlebih, alangkah bijaknya kalau kita memerhatikan kehalalan dan kebaikan dari makanan yang disantap. Demikian, 10 Cara atau Tips Hemat Ketika Makan di Luar. #RD

You May Also Like

6 Comments

  1. kalau saya sukanya bawa air putih sendiri. Apalagi kalau kalau tempat makannya mahal jualan air putihnya. Kecuali kalau tempat makannya menwarkan variasi minuman yang unik 😀

Comments are closed.

error: