Home » My Files » Diary Tentang Inspirasi dan Motivasi » 12 Ilustrasi tentang Depresi dan Kandungan Makna Di Dalamnya

12 Ilustrasi tentang Depresi dan Kandungan Makna Di Dalamnya

destinyblue, destinyblue adalah, destinyblue instagram, destinyblue depression, ilustrasi destinyblue, ilustrasi tentang depresi, ilustrasi tentang kesehatan mental

Via: IG @destinyblue

Depresi menjadi salah-satu kata yang sering kita dengar. Bicara tentang depresi, kita jadi ingat berbagai macam kondisi galau dan dramatis. Entah itu kesedihan, penyesalan mendalam, putusnya harapan, hilangnya gairah hidup, dsb.

Depresi itu bikin suasana hati jadi muram dan melankolis. Rasanya motivasi dalam diri ini sudah terserap habis. Dalam keadaan normal, kita akan berhasil dihibur oleh segelas kopi, es krim, jalan-jalan, musik favorit, gadget terbaru, dsb. Tetapi kalau sedang depresi, semua itu sudah tak ampuh lagi.

Durasi depresinya seseorang tentu berbeda-beda, tetapi rasanya kita sepakat kalau depresi tak bisa diatasi secara instan. Perlu waktu dan proses tersendiri. Yang jelas, keadaan emosional ini tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan menurut info via Alodokter, di dunia ini ada sekitar 350 juta orang yang depresi. dan, lebih dari 800 ribu diantaranya sampai nekat bunuh diri!

Ah, sedih dan mengerikan, ya?!

Pengobatan atau perawatan depresi sendiri tentu harus berdasarkan arahan dokter atau ahlinya, ya. Ada yang diberi resep obat antidepresan, terapi, bergabung dengan komunitas yang menghadapi masalah serupa, mengubah gaya hidup, mengurangi konsumsi rokok atau alkohol, memperdalam atau mengamalkan ilmu agama, dll. Termasuk juga dengan menumpahkan ekspresi lewat seni.

Baca Juga :  36 Pikiran yang Membuat Kita Selalu Bersikap Positif

Jalur seni ini diambil oleh seorang perempuan berambut biru bernama Alice De Ste Croix. Tetapi dia lebih dikenal sebagai DestinyBlue, yang memang jadi nama akun Instagram sekaligus nama karyanya. Dia menumpahkan perjuangan tersembunyi dalam dirinya ketika melawan depresi lewat berbagai ilustrasi atau animasi. Tak lupa, dia juga menyisipkan beberapa makna atau pesan mendalam di balik karyanya. Kita coba ulas, ya?! Jom!

  1. Kamu sebenarnya dalam keadaan “enggak baik-baik saja” (depresi), tapi tak semua orang tahu kondisi kamu yang sebenarnya.

By: Destinyblue

~

  1. Kamu melihat luka dan keadaan mengenaskan orang lain (kupu-kupu). Lalu kamu juga teringat akan lukamu sendiri, yang bisa saja tak terlihat oleh mata siapa pun. Kamu tak ingat, ada berapa banyak luka yang tersembunyi di dalam dirimu. Biasanya, luka yang tak kasat mata itu justru menjadi luka yang paling perih dan menyakitkan.

By: DestinyBlue

~

  1. Banyak janji yang membawa-bawa kata “selamanya”. Namun ternyata semua itu “over”, alias berakhir juga. Cinta bisa putus juga, pertemanan bisa renggang juga, muda bisa renta juga, bahkan kehidupan indah pun ada masa usainya. Meski pahit, namun kamu harus belajar menerima aturan hidup yang ada.

By: DestinyBlue

~

  1. Kamu memanfaatkan senyumanmu sebagai topeng agar mereka tak melihat kesedihan, air mata, dan emosimu yang sebenarnya.

By: DestinyBlue

~

Baca Juga :  Nikmatnya Memberi Label Negatif dan Merasa Diri Sendiri Paling Baik
  1. Hatimu retak, hancur, sakit, atau berantakan. Entah karena apa atau karena siapa. Tetapi pada akhirnya, kamu sendiri yang mengobati dan memperbaiki keadaan hati itu.

By: DestinyBlue

~

  1. Kamu sedang dekat, atau mungkin menjalani hubungan dengan seseorang, tetapi ada keraguan dalam dirimu. Sedalam apakah cintamu dan cintanya? Apakah jarak pun tak mampu menggoyahkan cinta itu?

By: DestinyBlue

  1. Di masa lalu, kamu sempat membuat kesalahan fatal. Kamu menyerahkan kunci untuk membuka hati dan jiwamu pada orang yang salah. Kini pintu itu tak lagi sama. Kamu masih terluka, trauma, dan tak lagi mudah percaya.

By: DestinyBlue

  1. Kamu berada di tengah lingkungan atau keadaan sosial yang normal. Namun kamu serasa terbungkam, tak bisa berbaur, tak bisa menjadi “normal”, tak bisa menjadi dirimu sendiri, tak bisa leluasa berekspresi, dan semua perasaan itu sangat menyiksamu. Jadinya, kamu selalu diliputi oleh kegelisahan dan ketakutan.

By: DestinyBlue

  1. Tampang yang oke, senyuman, dan keberanian hanyalah bagian dari permukaan dirimu. Kalau menengok ke dalam, jiwamu hancur, takut, dan berantakan.

By: DestinyBlue

  1. Kamu ada dalam keadaan, di mana sekolah justru jadi sangkar. Ada sesuatu yang membuat tak bebas atau terpenjara.

By: DestinyBlue

  1. Teman sekolahmu, khususnya yang setia dan solid, bisa menjadi sosok “malaikat”. Mereka bisa menolong, menemani, dan membuatmu bebas.

By: DestinyBlue

  1. Kamu ada dalam keadaan terjatuh, sampai kamu menyentuh bagian paling dasarnya. Keadaan di sekitarmu pun begitu buruk. Tetapi tetap saja, selalu ada hikmah dan pancaran harapan yang bisa membuatmu bertahan untuk berjuang.

By: DestinyBlue

Hhh… selesai sudah…

Baca Juga :  5 Tahap Berduka, di Awal Saja Sulit Menerima

Well, artist yang cool ini masih memiliki karya lain yang tak kalah dalem dan menyentuhKalau menurutmu bagaimana? Apa punya interpretasi lain mengenai ilustrasi-ilustrasi ini? 

Baiklah, tetap saling mendukung untuk saling menjaga kesehatan, ya. Tak hanya sehat fisik, melainkan sehat mentalnya juga. Demikian, 12 Ilustrasi tentang Depresi  dan Kandungan Makna Di Dalamnya. #RD

error: