13 Kesalahan Dalam Tidur yang Sering Kita Lakukan

0
SHARE

kopi, ngopi, poto kopi. ngopi sore hari, kopi senja, ngopi di senja hari, cangkir kopi couple
Via: creativescoops.com

#1. Kopi Senja

Ngopi di petang hari memang jadi kolaborasi yang epic. Tapi di waktu yang sama, ternyata dampaknya kurang baik. Di dalam kopi ada kandungan kafein, yang bisa mengundang insomnia. Kalau kopinya bergula, bahan makanan yang manis itu bisa bikin organ yang mustinya istirahat kembali bekerja. Tapi bagaimana kalau kita pengin snack atau ngemil? baiknya hindari kopi, dan memakan sesuatu yang ber-tryptophan. Misalnya telur, pisang, susu, dsb.

#2. Nightcap

Agar mempermudah mata untuk terpejam, seseorang musti meminum alkohol dulu, atau istilahnya “nightcap”. Metode ini biasanya membuat si peminum cepat mengantuk. Metode itu juga mengurangi yang namanya “sleep rem” atau gerakan mata yang cepat ketika tidur karena orangnya tengah dalam keadaan mimpi yang dalam. Namun sebagaimana yang kita tahu, efek alkohol lebih banyak negatifnya ketimbang positifnya. Kita pun menghilangkan ketergantungan, atau mengganti alkohol dengan minuman lain seperti teh herbal (camomile).

#3. Bergantung Pada Obat Tidur

Ingin tidur tapi tak bisa pasti jadi sesuatu yang menyiksa. Banyak orang, yang agar cepat mengatasinya, memilih jalan pintas dengan menenggak sleeping pill atau obat tidur. Padahal cara tersebut terbilang kurang efektif. Apalagi kalau kita sampai kecanduan atau ketergantungan. Ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter dulu.

#4. Tidak Gosok Gigi

Iklan sikat dan pasta gigi di tv-tv memang benar adanya. Khususnya tentang himbauan mereka untuk sikat gigi sebelum tidur. Kalau kita melewatkannya, efeknya enggak akan baik.

#5. Tidak Cuci Muka

Setelah seharian beraktivitas, tanpa terasa banyak noda yang menempel di wajah. Apalagi kalau kita mengenakan make up. Tentunya semua itu musti dibersihkan dulu.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Kebohongan

#6 Mengenakan Daycream

Namanya saja “daycream” atau pelembab yang khusus digunakan untuk siang hari. Jadi pelembab tersebut tak cocok dipakai di malam hari, sebab mataharinya sendiri sedang tidak memancarkan sinarnya. Kalau mau, kita bisa memilih yang “night cream”, karena teksturnya lebih ringan dan cocok.

#7. Gadget Sebelum Tidur

Dulu ada istilah “dongeng sebelum tidur”. Namun kini istilah tersebut bergeser jadi “gadget sebelum tidur”. Ada data yang menyebutkan kalau 78% dari kita menggunakan perangkat teknologi macam smartphone, laptop, atau tablet sebelum tidur. Padahal semua itu bisa menyebabkan melatonin, atau hormon perangsang tidur, jadi malu-malu. Kita pun akan sulit mengantuk, atau tertidur pulas. Apalagi kalau sambil stalking seseorang. Untuk solusinya, tak ada yang lebih baik selain bersikap tegas. Kita bisa mematikan semua perangkat sebelum tidur.

next-page-RD-300x100-1

1
2
3
SHARE