13 Kesalahan Dalam Tidur yang Sering Kita Lakukan

0
SHARE

tidur, main hp sebelum tidur, efek main smartphone sebelum tidur, gadget sebelum tidur, perangkat teknologi sebelum tidur
Via: navbharattimes.indiatimes.com

#8. Ketiduran di Depan TV yang Menyala

Cahaya dan suara yang ditimbulkan TV membuat otak kita stress, meskipun dalam keadaan tidur. Siklus tidur pun jadi berkurang kualitasnya, apalagi kalau si kotak ajaib itu terdapat di dalam kamar.

#9. Tidur Bareng dengan Hewan Peliharaan

Sesayang-sayangnya kita sama kucing, anjing, atau mungkin bekicot peliharaan, alangkah baiknya untuk tetap tidur terpisah. Biasanya pemilik hewan tersebut tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

#10. Balas Dendam Tidur

Kalau kurang makan, biasanya kita “menebus” dengan 1 (atau mungkin 2?) porsi saja. Itu sudah cukup. Namun ketika kurang tidur 6 jam, kita membalasnya selama 6 jam bahkan jauh lebih panjang. Padahal konsep tersebut rupanya keliru. Kurang tidur bisa dibalas dengan 2 atau 3 jam waktu tidur, namun tidurnya musti berkualitas atau nyenyak.

#11. Mengubah-ubah Alarm Bangun

Seseorang biasanya sudah memiliki jam bangun tersendiri. Namun di saat kita melakukan setting alarm untuk waktu bangun yang baru, maka tubuh pun musti ikut menyesuaikan. Kalau tidak bisa beradaptasi, efeknya bisa berimbas pada ketidaknyamanan seperti pegal-pegal. Kalau pun kita pengin membentuk kebiasaan untuk bangun lebih pagi untuk sholat tahajud atau beribadah malam, hal tersebut jadi langkah hijrah yang bagus. Hanya saja pastikan untuk tetap istikomah. Hindari juga sikap untuk terus menunda-nunda alarm, 5 menit lagi, lagi, dan lagi.

#12. Tidur Dalam Keadaan Marah

Sadar atau tidak, suasana hati ternyata memberi pengaruh tersendiri pada kualitas tidur kita. Kalau sedang galau, marah, kecewa, atau intinya bergejolak, pasti kualitas  istirahatnya akan menyusut. Bisa terpejam pun karena sudah amat kelelahan. Itu juga kemungkinan akan terjaga di tengah malam, lalu teringat lagi pada masalah yang belum terselesaikan, dan akhirnya jadi beban pikiran. Kita bisa jadi depresi atau stress.

Baca Juga :  Pilihan Lipstik Wardah yang Ringan dan Nyaman

#13. Tidak Berdoa

Doa sebelum tidur itu “bismiKa Allaahumma ahya wabismiKa amuut”, yang artinya “dengan menyebut namaMu Ya Allah daku hidup dan dengan menyebut namaMu daku mati”.

Seperti yang daku singgung di atas, tidur itu membuat kita berada diantara “mati dan hidup”. Jadi bukan hal mustahil kalau kita tidur, lalu sampai tak bangun. Singkatnya, kita meninggal. Maka doa sebelum tidur menjadi “penyelamat”, kalau kita pulang dalam keadaan menyebut nama Allah Swt. Biasanya tidur yang disertai doa pun lebih tenang dan damai, terhindar dari gangguan atau mimpi yang menggelisahkan.

~

Kalau masih berkesempatan membaca postingan ini, berarti sudah bangun dari tidur, ya. Hehe… Alhamdulillaah, segala puji bagi Allah yang (kembali) menghidupkan daku setelah mematikan daku, dan kepada Allah akan bangkit13 Kesalahan Dalam Tidur yang Sering Kita Lakukan. #RD

1
2
3
SHARE