13 Selebritis Dunia yang Terjatuh dan Bisa Bangkit Lagi

13 Selebritis Dunia yang Terjatuh dan Bisa Bangkit Lagi

Lady Gaga senyum
operationgaga.com

Mendengar kata ‘selebriti’ atau ‘artis’ dunia, apa yang ada dalam benak kita?

Mungkin kita akan segera menyembulkan kata-kata seperti kaya-raya, mewah, banyak fans, mobil bagus, rumah megah, shooping, barang-barang branded, dst. Iya, ‘kan? Iya kalau posisi mereka tengah di puncak.

Toh peribahasa “roda hidup berputar, kadang di atas dan kadang di bawah” itu berlaku untuk semua orang, ya. Mau rakyat jelata sampai selebritis, roda hidup seseorang siapa yang tahu? Dan hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa artis dunia. Mereka pernah bangkrut, terpuruk, memelas, jadi gelandangan, dilupakan dan… sendirian. Aww.

Namun… mereka tidak menyerah di level permainan hidup yang tengah genting itu. Dengan usaha yang gigih, mereka bisa memutar keadaan. Dari bawah, jadi bisa di atas. Dari jatuh, jadi bisa bangkit dan melejit.

Siapa saja dan bagaimana cerita inspiratif mereka? Jom!

13. Nicolas Cage

Nicolas Cage
hdwallpapersinn.com

Udah tua ya beliau? Hehehe. Nicolas ‘Kim Coppola’ a.k.a Nicolas Cage memang bisa dikatakan sebagai aktor kawakan, ya. Karena itu, jumlah kekayaannya juga enggak diragukan. Pundi-pundinya dilaporkan mencapai 150 juta dollar. Kalau dikali ke rupiah (Rp.13.000 per 1 dollar), maka jumlahnya setara 1, 95 Trilyun. Nah di tahun 2014 kemarin, kabar mengejutkan terdengar. Nicolas diberitakan bangkrut. Dia sempat berurusan dengan IRS. Hmm… IRS adalah kepanjangan dari “Internal Revenue Service”. Kalau di kita mah DJP deh, kepanjangan dari Direktorat Jenderal Pajak. Terus ia juga memang diketahui doyan ‘menukar’ uangnya sama rumah-rumah  pribadi yang mewah, mobil-mobil keren, kapal pesiar, jet pribadi sampai pulau pribadi juga!  Meski demikian, kini ia mulai menata diri. Delapan film yang hendak tayang tentunya bisa menutup bahkan memupus kesan bangkrut dari dirinya. Apalagi salah-satu diantara proyek itu ada sekuel yang sangat sukses, apalagi kalau National Treasure? Hohoho…

~

12. Cyndi Lauper

Cyndi Lauper
downloadjpeg.com

Suara penyanyi ‘jadul’ ini sekilas mirip Fatin Shidqia Lubis, ya. Atau Fatin yang mirip Cyndi? Ah, yang jelas pada tahun 1981, penyanyi yang satu ini sempat terjatuh. Grup musik yang ia beri nama Blue Angel bubar. Mereka gagal sukses. Cyndi pun bangkrut. Ia kehilangan segalanya. Sampai-sampai ia mesti kerja di restoran Jepang. Di sana ia bernyanyi sambil mengenakan kostum ala geisha atau geigi. AFAIK, geisha ini semacam wanita penghibur (dalam arti sebenarnya) dengan pakaian ala Jepang yang dibekali berbagai skill, khususnya seni-bermusik-menari. Namun Cyndi kemudian kembali ke dunianya yang dulu. Ia mengadu nasib di jagad musik. Voila! “She’s so Unusual” miliknya jadi hits di tahun 1983. Namanya dikenal dunia. Dan pastinya, keadaan finansialnya membaik.

~

11. Kim Basinger

Kim Basinger
biography.com

Awal tahun 1990-an, tepatnya tahun 1993, memang jadi puncak karier Kim Basinger, ya. Ia bahkan bisa membeli sebuah kota di Georgia. Niatnya sih kota itu mau dijadikan kota turis. Namun sayang sekali, permasalahan kontrak menjeratnya. Basinger dibawa ke meja hijau oleh perusahaan produksi. Hasilnya, Basinger diminta membayar denda yang cukup besar. Ia pun mesti merelakan kota yang sudah dimilikinya. Dari sana, kondisi Basinger buruk. Ia pun bangkrut. Namun kemudian, karyanya tetap diapresiasi. Terbukti ia memenangkan penghargaan prestisius berupa Oscar. Karena itu, Basinger mulai mendapat job lagi. Tahun 1997 jadi tahun kebangkitannya, untuk kembali berkarya dan mengumpulkan uang.

Baca Juga :  10 Perempuan Muda Paling Powerful di Dunia

~

10. Willie Nelson

Willie Nelson, ikon musik country, album IRS
acousticguitarforum.com

Willie Nelson, sang ikon musik country, memiliki hutang yang guila buanget sama IRS. Terlibat masalah pajak, gitu. Angkanya mencapai 16,7 juta dollar! Nah dia pun cuma punya 2 pilihan; bangkrut atau bayar. Pilihan pertama, tentunya enggak deh. Makanya pilihan yang kedua jadi alternatif. Willie Nelson mesti cari cara buat bayar. Cara yang memungkinkan tentunya rekaman. Uniknya dia bikin album yang bertajuk “The I.R.S. Tapes: Who’ll Buy My Memories”. Enggak nutup-nutupin deh, wong niat Nelson emang buat bayar utangnya sama IRS.  Teman-teman sama fansnya pun membantu. Dia juga sampai menjual ini-itu, termasuk real estate-nya. Hutang sebanyak itu terus ia cicil dalam kurun waktu 3-5 tahunan. Setelah itu, Nelson kembali ke dunia rekaman demi memulihkan keadaan finansialnya pasca utang.

~

9. Toni Braxton

Toni Braxton
thatgrapejuice.net

Pada tahun 1998, sebenarnya pelantun ‘Unbreak my Heart’ ini lagi sukses-suksesnya. Albumnya, “Secret”, bisa diterima pasar. Namun sayang, penyanyi ini ternyata memiliki utang sebanyak 4 juta dollar. Karena itulah, Toni mesti menjual apa yang ia punya. Dia bisa sedikit bangkit. Namun lagi-lagi, ujian hidup menerpanya. Pada tahun 2010, kembali Toni mesti menelan pahitnya kebangkrutan. Kali ini bahkan dibumbui ujian lain. Ia didiagnosis menderita lupus, bercerai dengan suami yang menelan banyak biaya serta mesti membesarkan anak autis. Sampai kemudian, Toni membuat semacam show yang berisi dokumentasi kehidupan keluarganya. Tak disangka, tayangan itu jadi hits dan perlahan bisa memperbaiki hidupnya.

~

8. Larry King

Larry King
broadwayworld.com

Pada tahun 1978, kolega bisnis King (sebuat saja LW) sempat menuduhnya yang tidak-tidak. LW bilang kalau King sudah mencuri uang sebanyak 5 ribu dollar. King pun ditangkap dan didakwa dengan kasus pencurian besar-besaran. Kasus itu tentu menjatuhkan reputasinya. Dia dipecat dari pekerjaannya serta tidak diperbolehkan ‘menginjakkan kaki’ di dunia jurnalisme lagi selama 4 tahun lamanya. Karena menganggur, uang King makin bengkak jadi 350 ribu dollar. Namun nasib baik ternyata berpihak padanya. King ditawari sebuah show  radio tengah malam. Proyeknya sukses dan bahkan sampai bisa digaet sama CNN.

~

7. Walt Disney

Walt Disney, quote walt disney, kata-kata bijak
aleanjourney.com

Siapa sangka, salah-satu orang terkaya di dunia ini pernah bangkrut. Jadi sebelum ia memiliki Disney yang sekarang suksesnya minta amplop, dia punya studio bernama Laugh-O-Gram yang bertempat di kota Kansas. Namun studio itu terpuruk. Para investor menjauh. Walt Disney pun disekap sama utang dan kebangkrutan. Malangnya, ia pun diberitakan hidup menderita. Tapi Walt Disney tidak menyerah. Ia pindah ke kota California, memulai semuanya. Dia bangun kembali perusahaan produksi lain. Pelan-pelan usaha yang dirintisnya sukses.

Baca Juga :  10 Artis yang Mengubah dan Memberi Pengaruh Baik Bagi Dunia

Daku suka sama beberapa quote-nya yang terkenal. Misal:

“Semua mimpi bisa jadi kenyataan kalau kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.”

“Orang dewasa itu cuma anak kecil yang tumbuh besar, kok.”

“Jika kamu bisa memimpikannya, kamu bisa melakukannya!”

“Cara untuk memulai sesuatu adalah… berhenti membicarakannya dan segera melakukannya.”

“Kenapa ngerasa khawatir? Kalau kamu sudah melakukan yang terbaik yang kamu mampu, maka khawatir saja enggak bakal membuat semuanya jadi lebih baik.”

Ah, pokoknya banyak deh. Inspiratif, Pak Disney! Hohoho

~

6. Donald Trump

Donald Trump, quote Donald Trump, Kata-kata bijak, tips sukses
foodcourtlunch.com

Ah mana mungkin, Pak Donald Trump ini ‘kan punya kekayaan sampai 3,9 milyar dollar? Nah sebelum menggenggam uang – yang entah muat berapa rumah daku itu – ia memang sempat bangkrut. Bukan cuma sekali, tapi 4 kali! Kebangkrutan pertamanya pada tahun 1991. Hotel sama usaha Kasino di kota Atlantic-nya anjlok. Ceritanya cukup panjang sampai kebangrutan lain muncul. Ia pun belajar dari pengalaman dan sampai sekarang dewi fortuna selalu mendampinginya.

Mungkin pernah mendengar istilah, “think big”. Kalau enggak salah di iklan apa, gitu. Daku kira kreditnya mesti diberikan sama Donald Trump, ya. Quote-nya ‘kan terkenal tuh. Hmm.. btw, kadang quote Bahasa Inggris kalau diterjemahkan ke Indonesia jadi agak aneh. Tapi enggak apa-apa ya daku coba. Ini dia beberapa quote-nya:

“Aku suka berpikir besar. Jika kamu hendak memikirkan sesuatu, berpikir besarlah.”

“Kebanyakan orang berpikir kecil (rendah) karena mereka takut akan kesuksesan, takut akan keputusan dan takut jadi pemenang.”

“Kadang-kadang ketika kalah dalam suatu pertarungan, kamu (sebenarnya) mendapatkan cara baru untuk memenangkan peperangan.”

~

5. Natasha Lyonne

Natasha Lyonne, American Pie,
people.com

Aktris yang satu ini juga sempat jatuh ketika ia tengah naik daun. Alasan anjloknya juga karena dirinya sendiri. Artis “American pie” ini emang terkenal sebagai ‘pemakai’ obat-obatan terlarang. Karena terlalu doyan, uang pun terhisap sama barang haram itu. Sampai kemudian di tahun 2013, Lyonne kembali ke dunia hiburan. Dia rutin bermain di Netflix, membawakan acara yang ngehits bertajuk  “Orange is the New Black” .

~

4. Danny Bonaduce

Danny Bonaduce, Danny Bonaduce tv show
natalieportman.com

Dia ini sudah dikenal sejak cilik, ya. Dulu Danny ini punya tayangan yang cukup populer, yaitu “The Partridge Family”. Namun pada tahun 1974, tayangan itu berakhir. Danny pun jadi pengangguran. Ketika ia tumbuh jadi remaja, hidupnya makin enggak jelas. Ia jadi pecandu obat-obatan terlarang. Bahkan ia sempat jadi gelandangan. Uang dan ‘nama harumnya’ melayang. Sampai kemudian Danny sadar, ia mesti cari uang. Ia pun kemudian mendapat kerja sebagai DJ. Beruntung, show radionya diapresiasi pendengar dan bisa sukses. Namun sayang, Danny kembali jatuh ke dalam jerat obat. Ia mesti berjuang melawan hasratnya dengan menyibukkan diri dan bergelut dalam pekerjaan, termasuk dalam proyek memfilmkan Partridge Family.

Baca Juga :  Mengenal Brit Floyd, Band Tribute untuk Pink Floyd

~

3. Pamela Anderson

Pamela Anderson
es.doblaje.wikia.com

Mendengar nama ini mungkin kita langsung menyebut; oh model Playboy, oh mantannya Tommy Lee, oh artis beeppp… (sensor), oh aktivis hak hewan juga, dsb. Seperti artis lain, dia memang punya sisi positif dan negatifnya. Termasuk sisi utang-piutangnya yang sampai jutaan dollar, sebab Pamela Anderson pengin banget membuat rumah pantai di area Malibu. Dia sampai menjual rumah, kerja di televisi Amerika dan merilis buku kesehatan juga. Meski ia tidak betah berlama-lama, perlahan namun pasti ia bisa mengembalikan utang jutaan dollarnya.

~

2. Chris Tucker

Chris Tucker, Jas Cokelat, Brown Suit
blackenterprise.com

Aktor ini ternyata pernah mengalami gangguan finansial juga, ya. Ia terlilit utang ke pemerintah sampai 13 juta dollar besarnya. Ironisnya, jerat utang itu menimpa ketika ia sukses dalam filmnya, “Rush Hour 3”. Ia bahkan sampai merelakan mansion-nya yang seharga 6 juta dollar. Namun Tucker kemudian eksis kembali di layar lebar. Ia bahkan ikut andil dalam Silver Linings Playbook, film yang jadi nominasi Oscar. Nah penampilannya ini seolah menjawab kalau ia masih cukup mumpuni dan siap comeback dengan Rush Hour 4-nya.

~

1. Lady Gaga

Lady Gaga, Outfit unik Lady Gaga, Lady Gaga di karpet merah
playbuzz.com

Sebelum sebeken sekarang, kehidupan Gaga sempat menukik tajam. Pada tahun 2009, turnya yang bertajuk “Monster Ball” menelan biaya 3 juta dollar, kurang berhasil. Gaga pun mengaku saat itulah ia jatuh, bangkrut. Namun perempuan penuh kontroversi ini terus memeras otak. Ia jadi musisi yang super kreatif. Album berikutnya, “Fame Monster” sama “Born This Way” ‘pecah’ di tangga-tangga lagu. Ia merangkul banyak penggemar sekaligus menyeruput nikmatnya hasil kerja kerasnya. Gaga bisa meraup laba banyak, bahkan melebihi apa yang dulu sudah dikorbankan. Entah berapa kali lipatnya.

Well, cerita-cerita artis dunia di atas cukup menarik, ya. Kita mungkin cuma tahu orang sukses itu dari luarnya saja. Dari keadaan sekarangnya saja. Tak tahunya, mereka pernah gagal juga, pernah terpojok ditonjok-tonjok sama ujian hidup juga. Namun mereka bangkit dan membuktikan bahwa kegagalan bisa diperbaiki kalau kita terus berusaha dan berdoa. Beda ceritanya kalau menyerah. Entahlah… [#RD]

You May Also Like

7 Comments

    1. Hehe… Om Cage bangkrut karena dirinya sendiri, ya? untungnya sekarang udah mulai bangkit, jadi gantengnya enggak hilang deh. *Aish..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.