14 Penyanyi Dunia yang Awalnya Bekerja Sebagai Backup Singers atau Backing Vocals Saja

14 Penyanyi Dunia yang Awalnya Bekerja Sebagai Backup Singers atau Backing Vocals Saja

Siapa sangka, beberapa penyanyi dunia yang sangat populer dan kaya raya memiliki kisah tersendiri ketika mereka belum “menjadi siapa-siapa”. Biasa saja. Ada inspirasi tersendiri ketika menengok bagaimana latar belakang sosok-sosok sukses yang bergerak dari bawah.

Termasuk beberapa penyanyi dunia berikut, yang kita tahu selalu menjadi pusat suatu panggung megah. Ternyata sebelum berada di posisi itu, mereka lebih dahulu rela ditempatkan di bagian belakang. Khususnya sebagai backup singer atau backing vocal.

Daku urutkan berdasarkan abjad saja, ya. Jom!

#1. Cher

cher, cher adalah, cher penyanyi, cher sings, cher singing
Via: chernews.blogspot.com

Seorang produser rekaman bernama Phil Spector merekrut Cher sebagai penyanyi pengiring. Ia bernyanyi untuk beberapa artis lain. Dari sana, kariernya terus benderang.

~

#2. Dido

dido, dido adalah, dido penyanyi, dido sings, dido singing, dido guitar, dido playing guitar
(Photo by: Lloyd Bishop/NBC/NBCU Photo Bank via Getty Images)

Pelantun White Flag ini awalnya menjadi backing vocal bagi grup dance “Faithless”, yang dimotori oleh sang kakak (Rollo Armstrong). Dirinya kemudian berkesempatan merilis album. Yang perdana itu bertajuk “No Angel”. Respons dari publik sangat bagus. Ia pun bisa menelurkan karya lain dan masuk dalam jajaran penyanyi perempuan yang populer, khususnya di tahun 2000-an.

~

#3. Elton John

elton john, elton john adalah, elton john penyanyi, elton john sings, elton john singing, elton john piano, siapa elton john, elton john pianist
Via: saostar.vn

Penyanyi yang sudah disebut “Sir” ini awalnya menjadi backup vocals. Kalau enggak lewat vokal, ia juga menemani dengan pianonya. Tetapi kini dirinya sudah menjadi legenda tersendiri bagi industri musik dunia.

~

#4. Faith Evans

faith evans, faith evans adalah, faith evans penyanyi, siapa faith evans
Via: thatapedeck.com

Janda dari The Notorious B.I.G ini sempat menjadi penyanyi pengiring bagi artis di bawah naungan Bad Boy Records. Termasuk juga mantan backup vocal lain, Mary J. Blige. Namanya yang sudah populer tak mengalami kendala berarti ketika melakukan debut sebagai penyanyi.

 ~

#5. Gwen Stefani

gwen stefani, gwen stefani adalah, gwen stefani penyanyi, siapa gwen stefani, gwen stefani no doubt
Via: billboard.com

Ketika bergabung bersama band yang sudah membesarkannya, posisi Gwen waktu itu masih sebatas penyanyi pengiring. Sampai kemudian sang vokalis asli, John Spence, bunuh diri. Gwen pun didaulat sebagai pengisi kekosongan posisi vokalis. Tetapi ia membayarnya dengan kesuksesan besar.

 ~

#6. John Legend

John Legend, John Legend adalah, John Legend penyanyi, siapa John Legend, John Legend ganteng, John Legend handsome, John Legend smiles
Photos by Gino DePinto, AOL

Di album perdana Kanye West, The College Dropout, John Legend ikut berpartisipasi. Begitu juga dalam hits-nya Jay-Z yang bertajuk “Encore”. Sampai kemudian ia memiliki nasibnya sendiri untuk bernyanyi solo dan merenggut penghargaan prestisius sekelas Grammy, Oscar, dan Golden Globe.

~

#7. Luther Vandross

luther vandross, luther vandross adalah, luther vandross penyanyi, siapa luther vandross, luther vandross sings, luther vandross singing,
Via: billboard

Di balik nama besar David Bowie, Chaka Khan, atau Diana Ross, ternyata terdapat sosok Luther Vandross yang menjadi penulis lagu dan pengiringnya. Tetapi seiring waktu, ia pun mulai merain popularitas. Namanya juga cukup terkemuka di kalangan penyanyi R&B.

#8. Mariah Carey

mariah carey, mariah carey adalah, mariah carey penyanyi, siapa lmariah carey, lagu mariah carey, mariah carey terbaik

Di akhir tahun 80-an, Mimi (seperti nama Mimihku saja :D) menjadi penyanyi pengiring bagi Brenda K. Starr. Waktu itu ia dikenal sebagai penyanyi pop-dance. Sang bintang kemudian mengenalkan Mimi ke produser Columbia Records, Tommy Mottola, yang sudah dinikahi dan diceraikannya.

~

#9. Mary J. Blige

mary j blige, mary j blige adalah, mary j blige penyanyi, mary j blige mariah carey,
Via: billboard

Ratu Hip Hop Soul ini tak ujug-ujug bertahta di posisinya sekarang. Kalau falshback ke tahun 1989, dia mulai menjadi artis bungsunya Uptown Records. Waktu itu job yang diterimanya baru sekadar menjadi penyanyi di belakang Father MC dan Jeff Redd.

~

#10. Mick Jagger

mick jagger, mick jagger adalah, mick jagger penyanyi rock, siapa mick jagger, mick jagger sings, mick jagger vocal, mick jagger singing
Via: axs.com

Siapa sangka, salah-satu legenda rock ini pernah berada di posisi penyanyi pengiring. Waktu itu ia menyumbangkan suara dalam track “You’re So Vain”-nya Carly Simon. Kontras dengan sekarang, dia tampil sebagai pusat perhatian.

~

#11. Phil Collins

Phil Collins, Phil Collins adalah, Phil Collins genesis, Phil Collins drummer, Phil Collins penyanyi, siapa Phil Collins, phil collins drum
Via: progarchy.com

Phil Collins memang sudah bergabung dengan Genesis pada tahun 1970. Namun waktu itu ia masih menjadi drummer dan backing vocal. Lima tahun kemudian, Peter Gabriel mengundurkan diri sebagai vokalis band. Phil pun mengisi kekosongan yang ada, tetapi hasilnya memang memuaskan.

~

#12. P!nk

pink, pink adalah, pink penyanyi, siapa pink, pink sings, pink vocal, pink singing

Ibu yang nyentrik ini memang sudah berkarier di usia belia. Tetapi berdasarkan informasi via Majalah People, P!nk bahkan sudah “beraksi” sejak berusia 13 tahun. Waktu itu dirinya sudah biasa dengan yang namanya dancing, menulis lagu, dan menjadi backing vocal.

 ~

#13. Sheryl Crow

sheryl crow, sheryl crow adalah, sheryl crow penyanyi, siapa sheryl crow, sheryl crow sings, sheryl crow vocal, sheryl crow singing, sheryl crow guitar, sheryl crow playing guitar
Via: ultimateclassicrock.com

Ada fakta menarik selain Sheryl Crow menjadi penyanyi pengiring sesuai judul postingan ini. Nyatanya dia juga sempat menjadi guru musik di SD. Ia juga menjadi sosok di belakang suara-suara Michael Jackson, Don Henley, dan Stevie Wonder.

~

#14. Whitney Houston

whitney houston, whitney houston adalah, whitney houston penyanyi, siapa whitney houston, whitney houston sings, whitney houston vocal, whitney houston singing, whitney houston sudah meninggal
Via: buzz.eewmagazine.com

Suara emasnya belum terlalu diperhatikan dunia ketika ia masih menjadi backing vocal bagi Chaka Khan, Jermaine Jackson, Lou Rawls. Sampai kemudian penyanyi ini menelurkan karya dan langsung diapresiasi para penikmatnya.

Demikian, 14 Penyanyi Dunia yang Awalnya Bekerja Sebagai Backup Singers atau Backing Vocals Saja. #RD

You May Also Like

2 Comments

Comments are closed.

error: