15 Momen yang Sering Bikin Orang Introvert Jadi Stress

0
SHARE
introvert stres, memahami introvert, sifat introvert, introvert adalah penyakit, faktor penyebab introvert, blog tentang introvert
Image via: quietrev.com

Orang introvert, ambivert, atau pun ekstrovert memiliki momen stres tersendiri. Wajar saja, toh kita ini manusia biasa.

Namun biasanya ada masa-masa khusus, yang menurut ekstrovert itu biasa saja, tetapi bagi introvert cukup merepotkan. Sehingga introvert jadi cepat lelah, pusing, panik dan stres sendiri. Apa saja momen tersebut?

1Basa-basi

Image via: preply.com

Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan, kalau basa-basi itu adalah ungkapan yang digunakan hanya dalam rangka sopan-santun, bukan untuk memberi informasi. Jadi skill basa-basi itu penting untuk berkomunikasi dan bersosialisasi.

Basa-basa sebenarnya perkara sederhana. Tetapi bagi introvert, basa-basi kadang bikin mati gaya. Otak serasa beku dan lidah jadi kelu. Tidak tahu harus bicara apa dulu.

2Ngobrol

Image via: wsj.com

Poin ini memang tergantung siapa teman ngobrolnya, apa topiknya, dan di mana tempatnya. Tetapi pada dasarnya, ngobrol yang asyik dan mengalir itu cukup sulit dirancang introvert. Ternyata tidak semudah menghabiskan uang.

3Teleponan

Kamu memang tidak harus bertatap muka dan sekadar bersuara. Tetapi rasa grogi itu tetap ada. Sehingga introvert itu cenderung akan diam tak tahu apa yang harus dibicarakan, atau justru menjelaskan terlalu panjang.

Seringkali chattingan dan ketemu langsung itu lebih nyaman.

4Video Call

Mirip seperti teleponan, mestinya VC juga tidak membuat kamu gugup, karena komunikasinya tidak langsung. Tetapi tetap saja kamu suka canggung dan salah tingkah. Apalagi kalau kamu sedang tidak dalam penampilan terbaik.

5Interview/wawancara/interogasi

Ketika melamar pekerjaan, di sekolah, di rumah mertua, di kantor kepolisian atau pun benar-benar diinterview wartawan sepertinya akan menjadi momen menegangkan bagi introvert. Sebab, semua perhatian tertuju padamu. Si penanya begitu fokus pada jawaban-jawabanmu.

Sekali saja keseleo lidah, tamatlah riwayatmu (haha berlebihan).

Baca Juga :  24 Introji atau Emoji Khusus Introvert dan Artinya

Pasalnya, introvert itu butuh proses untuk berpikir. Apa yang hendak diucapkan itu harus dipertimbangkan matang-matang. Sehingga pertanyaan todongan kadang bikin stres enggak keruan.

6Kenalan/ketemu orang baru

Image via: eharmony.com

Orang bilang, kesan pertama itu sangat menentukan. Hal ini bikin introvert merasa tertekan. Ketika kenalan atau ketemuan untuk pertama kalinya, kadang ada kekhawatiran tersendiri. Cemas kalau orang lain menganggap kamu judeslah, ketuslah, lebaylah, dll. Sehingga kamu merasa jadi serba salah.

Mau sedikit bicara, takut dinilai ‘dingin’. Mau bicara terus, takut dinilai sok kenal sok dekat (SKSD).

7Berurusan dengan orang-orang

Sulit juga ketika kamu harus bersikap netral di hadapan orang-orang, padahal suasana hatimu sedang panas. Kamu harus tetap ramah ketika berhadapan dengan pembeli, rekan kerja, bos, klien, dll, seakan-akan semuanya baik-baik saja.

Padahal kamu sebenarnya membutuhkan jeda untuk meredakan hatimu yang mendidih, atau mendinginkan pikiranmu yang bergolak.

8Kedatangan tamu dadakan

Tidak masalah kalau introvert dikunjungi seseorang. Tetapi sebaiknya jangan serba mendadak. Sebab introvert perlu waktu untuk mempersiapkan mental dan memastikan tidak ada jadwal me time yang terganggu. Dengan demikian, introvert bisa menyambut dan memperlakukan tamu sebaik mungkin.

9Kerja kelompok/group project

Di sekolah saja sudah terlihat, kalau introvert itu kadang kurang nyaman bekerja kelompok. Kamu bukannya membenci teman-temanmu atau enggan berkumpul dengan mereka. Tetapi kamu sering merasa ragu untuk menyampaikan idemu, takut kurang cocok dengan yang lain.

Kamu juga kadang melakukan tugas setengah hati, jika kesepakatan yang diambil tidak sesuai hati nurani. Sehingga kamu kadang berkeinginan agar diberi tugas individu saja.

10Bicara di depan umum

Banyak introvert yang sukses bicara di depan khalayak, karena memang sudah terbiasa. Tetapi perasaan stres itu tetap membuntuti. Soalnya kamu akan menjadi pusat perhatian semua mata. Bukan tidak mungkin kalau susunan kata yang sudah kamu persiapkan malah jadi berceceran.

Baca Juga :  11 Hal Tentang Cinta Di Mata Orang Introvert

11Menyampaikan kritik

Image via: ted.com

Orang introvert kadang identik dengan sosok yang punya rasa empati tinggi. Sehingga kamu bisa merasakan bagaimana jengkelnya seseorang kalau diberi feedback yang negatif, meski pun kenyataannya memang demikian.

Kamu pun selalu berpikir berkali-kali untuk menyampaikan kritikan. Kamu takut menyakiti hatinya, takut dipandang jahat, takut dianggap tidak mengapresiasi usaha seseorang, dll.

12Memimpin diskusi/pertemuan

Kamu jadi ‘pengendali’ acara. Semua pihak tergantung pada aturanmu. Kalau tidak berjalan lancar, pertemuan atau diskusi yang kamu pimpin hanya akan terisi oleh keheningan dan kekikukan.

13Bekerja di ruang terbuka

Kalau kondisinya begini, kamu mungkin kesulitan konsentrasi. Rasanya kamu begitu mudah terusik oleh tatapan mata dan suara-suara. Tidak adanya ruang privasi benar-benar bikin kamu stres.

14Menjadi pusat perhatian

Di saat yang lain berlomba untuk diperhatian, introvert justru memilih untuk menepi. Rasanya tidak nyaman saja kalau semua mata tertancap matamu, dalam momen apa pun itu.

Termasuk ketika kamu berkumpul dengan kawan-kawan. Lalu ada yang ‘mempreteli’ kehidupan pribadimu, sampai-sampai semua badan menghadap padamu dan menunggu bagaimana tanggapanmu.

Di saat itu, rasa stresmu mungkin berlipat-lipat. Kamu tidak suka jadi pusat perhatian, kamu tidak suka kehidupan pribadimu diobrak-abrik di depan umum, kamu juga tidak suka menjawab pertanyaan dadakan.

15Lama tidak menyendiri

Berurusan dengan manusia, walau pun keharusan, seringkali bikin introvert lelah lahir-batin. Sehingga kamu perlu jeda untuk menyendiri dulu.

Kamu butuh momen untuk membaca buku kesukaan, mendengarkan musik, menulis, dan melakukan hobi lain sendirian. Kalau kebutuhan ini tidak dipenuhi dalam waktu lama, energimu bisa terkuras. Peluang untuk stres jadi tinggi.

~

Introvert bisa menikmati momen-momen berinteraksi dan bersosialisasi. Misalnya ketemuan keluarga besar, reunian sekolah, seminar, dll. Namun semua itu bisa memeras tenaga introvert dengan cukup cepat. 15 Momen yang Sering Bikin Orang Introvert Jadi Stress. #RD

Baca Juga :  5 Kesalahan Utama atau Dosa Tak Terasa Dari Seorang Introvert
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + nineteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.