16 Tanda-tanda Kalau Kita dan Pekerjaan yang Sekarang Sudah Saling Cocok

0
SHARE

  1. Jarang Tengok-Tengok Jam

Sering lirik-lirik jarum jam? Sebenarnya makna gesture ini cukup ambigu. Ada yang memang kesal dan pengin cepat selesai. Ada juga yang takjub, sebab selalu merasa waktu melayang dengan cepat. Namun kalau yang kedua itu frekuensinya cukup jarang. Sudah lima jam bekerja, cek jam, dan agak terkejut sebab jam pulang ternyata ada di hadapan. Ini jadi pertanda betapa enjoy-nya kita atas apa yang sedang dikerjakan.

  1. Memandang Aneh Terhadap Mereka yang Membenci Pekerjaannya Sendiri

Sangat banyak orang yang sudah bekerja, tapi banyak juga yang membenci pekerjaannya. Kalau kita tidak dalam posisi itu, tentunya mesti bersyukur. Apalagi kalau kita tak habis pikir, kok ada yang benci pekerjaan sendiri?

  1. Bos atau Atasan Kita adalah Seorang Pemimpin

Poin ini berlaku jika kita bekerja di tempat yang struktural, terorganisir, hierarki, atau apalah namanya. Ada posisi A, B, dan C. Kalau kebetulan memiliki atasan, kita bisa renungi apa dia termasuk sumber yang bikin mood memburuk atau tidak. Bos atau atasan tak selamanya berjiwa leader atau pemimpin, sehingga ada yang terkesan menyebalkan. Beda lagi jika ia memang mampu mengarahkan semua bawahannya dengan baik dan asyik.

  1. Kita Memiliki Peluang untuk Tumbuh Berkembang

Posisi bisa naik, penghasilan/ gaji bisa merangkak, skill bisa menanjak, dsb, bisa menjadi motivasi tersendiri bagi kita untuk bertahan atas pekerjaan yang sedang diseriusi. Kadang ada orang yang begitu lemas membicarakan pekerjaannya, sebab ia terasa sudah stuck atau terperangkap. Rasanya pekerjaan tersebut tak memberinya kesempatan untuk berkembang dari segi manapun. Kita bisa tengok kesibukan yang sekarang, segera fokus mencintainya ketimbang membencinya, kalau-kalau job tersebut membuat kita ikut berkembang.

  1. Mencintai Job atau Tugas yang Dikerjakan

Cinta selalu tampil menjadi senjata yang kuat dalam menghadapi apapun, termasuk juga pekerjaan. Kita mungkin tak bisa memahami, ada orang yang bekerja dari pagi buta sampai tengah malam dengan gaji sedikit, tapi orang tersebut nampak bahagia menjalankannya. Banyak lagi contoh keadaan (yang kita anggap) buruk, yang mampu dihadapi dengan efektif oleh kecintaan seseorang. Bisa dibilang, rasa cinta atas pekerjaan itu adalah modal yang bagus untuk ke depannya. Kita jadi lebih fokus pada sisi positifnya ketimbang segala kekurangannya.

  1. Weekday dan Weekend itu Sama Saja

Seringkali kita perhatikan betapa lesunya para pekerja begitu menghadapi akhir dari Hari Minggu. Mereka juga tak segan-segan menampakkan kekecewaannya terhadap Senin pagi yang tiba dengan begitu cepat. Tapi jika kita tidak begitu, itu ciri bahwa pekerjaan yang tengah disandang tidak membedakan “cita-rasa” wikdey atau wiken. Kita patut mensyukuri anugerah yang nampak sepele namun sebenarnya besar itu.

  1. Tidak Merasa Tertekan oleh Pekerjaan

Namanya juga pekerjaan, pastinya ada setumpuk kewajiban yang mesti ditunaikan. Tapi kita mesti terus mengapresiasi pekerjaan tersebut jika keberadaannya tidak terlalu menekan. Kita tidak seperti sedang perang tiap hari, yang berusaha terlalu kencang seolah-olah hidup dan mati ada di genggaman pekerjaan.

  1. Lebih Mengundang Rasa Syukur Ketimbang Umpatan

Hidup selalu memberikan opsi solusi berupa sabar dan syukur. Bersabar kalau kita menghadapi sesuatu yang tak dikehendaki, dan sebaliknya bersyukur kalau apa yang didapatkan itu memang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Jika job yang sekarang kita geluti lebih sering mengundang rasa syukur, tentu kita mesti menambah ungkapan rasa terima kasihnya. Setidaknya kita terhindar dari mengeluhkan atau mengumpat pekerjaan sendiri.

Baca Juga :  Untukmu, Jilboobs

Segala Puji bagi Allah Swt, yang sudah mengatur rezeki semua umat dan makhluknya.

Jika kita dan pekerjaan sudah saling cocok, tak ada sikap yang lebih bijak ketimbang mensyukurinya. Sebaliknya jika kita dan pekerjaan dirasa kurang matching, kita bisa belajar lebih fokus pada sisi positif ketimbang negatifnya. Atau, kita juga masih bisa mengusahakan pekerjaan yang lebih baik. Semoga Allah Swt selalu dilibatkan dalam segala rencana dan niatan baik apapun. 16 Tanda-tanda Kalau Kita dan Pekerjaan yang Sekarang Sudah Saling Cocok. #RD

1
2
SHARE