17 Band Dunia dan Cerita Dibalik Pembuatan Namanya

17 Band Dunia dan Cerita Dibalik Pembuatan Namanya

The Beatles, sejarah nama band dunia, asal usul nama band dunia
Cr Pict: morethings.com

Jika Bro-Sist hendak membuat sebuah band, namanya mau apa nih? Smash, One Direction atau T-Ara?

Eh udah ya itu mah. -_-

Nah nama memang menjadi salah-satu elemen penting bagi kita. Entah bagi seorang manusia, sebuah usaha, merek, blog, dll. Termasuk grup musik atau band. Bagaimanapun, nama menjadi identitas sesuatu. Akan sedikit berbeda ‘nilainya’ antara nama “Ariel (aja)” dan “Ariel Noah”.

Umumnya band memiliki sejarah tersendiri terkait pembuatan nama mereka. Ada yang berasal dari singkatan nama-nama personilnya, dari tokoh film, buku, hasil bertapa (?), suatu kejadian atau mungkin yang didapat secara tidak sengaja. Jarang ada yang ‘asal jadi aja’. Ada juga yang terkesan misterius atau disembunyikan, sehingga maknanya jadi imbigu.

Ada banyak nama band yang begitu berkesan dan melegenda. Karena masih suasana Agustusan, daku bahas 17 saja. Hehe… Jom!

#1. AC/DC

ac dc
Cr Pict: elcuarteldelmetal net

Band AC/DC dibuat pada tahun 1973 oleh dua bersaudara Malcolm dan Angus Young. Ide nama bandnya sendiri datang dari saudara perempuan mereka, Margaret Young. Kebetulan waktu itu ia melihat ada inisial “AC/DC” di sebuah mesin jahit. Para personilnya pun menyukai nama itu dan membuat kepanjangan AC/DC dari “Alternating Current/Direct Current”. Pada tahun 1980, band ini berduka karena vokalis asli mereka (Bon Scott) meninggal. Posisi kosong itu kemudian diisi oleh Brian Johnson.

#2. Backstreet Boys

Photo by: Casey Curry/Invision/AP

Nick Carter, AJ McLean, Kevin Richardson, dan Howie Dorough adalah para pemuda asal Orlando yang berteman dan membentuk grup musik. Suatu hari mereka membaca iklan di koran. Disebutkan bahwa Loe Pearlman tengah mencari 5 remaja untuk diorbitkan sebagai grup musik atau grup vokal. Mereka daftar dan voila! mereka diterima, namun ditambah dengan personil lain (Brian Littrel), yang tak lain adalah sepupu Kevin. Di Orlando itu, hangout merupakan salah-satu hal yang popular di kalangan remaja. Karenanya, Pearlman menerapkan nama “Backstreet Boys” pada boyband besutannya. Tak salah, mereka kemudian menjelma jadi boygroup paling sukses dan popular di dunia.

#3. Duran Duran

Duran Duran
sfgate.com

Memang, band ini terkenal dengan video klinya yang kerap kontroversial. Namun karya mereka juga patut diapresiasi, termasuk lagu kerennya yang berjudul “ordinary world” itu. Nah Nick Rhodes dan John Taylor yang membentuk band ini di tahun 1978, tepatnya di Birmingham. Soal nama, mereka mendapatkannya dari sebuah film sains fiksi ala Prancis-Italia yang rilis tahun 1968. Judulnya Barbarella. Di dalamnya terdapat tokoh bernama Dr. Duran Duran.

#4. Green Day

Green Day
Cr Pict: thehardtimes.net

Pada tahun 1986, Billie Joe Armstrong dan Mike Dirnt membentuk band ini. Grup musik trio ini terdiri dari Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt dan Tre Cool. Kemudian Jason White gabung. Mereka menjelma jadi grup musik yang sukses, dengan penjualan album tinggi serta meraih 5 Grammy. Dulunya band mereka bernama “Sweet Children”. Namun kala itu ada band lain yang bernama “Sweet Baby”. Agar fans tidak bingung, mereka pun menggantinya dengan nama “Green Day”. Istilah ini menjadi slang untuk kegiatan merokok cannabis atau tanaman ganja sepanjang hari. Armstrong sendiri memang menulis sebuah lagu berjudul “Green Day”, yang berisi pengalamannya merokok ganja sejak pertama kali.

#5. KISS

Poto Band KISS
Cr Pict: CBS

Pada tahun 1973, Gene Simmons dan Paul Stanley membentuk band ini. Tapi susunan personilnya meliputi Simmons, Stanley, Criss dan Freshley. Mereka begitu berpengaruh, khususnya dalam musik rock dan heavy metal. Banyak hal yang membuat mereka dirasa begitu “berbeda”. Selain gemar mengenakan make up, mereka juga terkenal kerap menyuguhkan penampilan live yang liar. Lebih lagi album mereka juga laris. Dan pada saat itu, beberapa pihak merasa bahwa KISS membawa efek buruk terhadap remaja.

Baca Juga :  Why Do Young People Love The Corrs? Here are the 11 Reasons!

Dari situlah berbagai spekulasi tentang makna nama KISS menyeruak. Bahkan ada yang bilang kalau KISS adalah “Knight’s In Satan’s Service”, atau “Ksatria Dalam Pengabdian Pada Syetan”. Sebagian berpendapat kalau KISS merujuk pada Nazi SS. Rumor ini pun langsung ditepis oleh Gene Simmons. Dia kemudian menceritakan latar-belakang nama band mereka. Waktu itu Simmons, Paul dan Peter sedang berada di mobil dan mendiskusikan calon nama band mereka. Paul kemudian bilang, “Bagaimana dengan KISS?”. Yang ada di mobil menyukai ide itu dan jadilah Band KISS.

#6. Lynyrd Skynyrd

Lynyrd Skynyrd
Cr Pict: braingell.com

Pada tahun 1964, Ronnie Van Zant, Allen Collins dan Gary Rossington membentuk band ini. Namanya My Backyard. 5 tahun kemudian, nama bandnya diganti jadi Leonard Skinnerd. Nama band itu berasal dari nama orang, yang tak lain adalah “musuh lama” mereka semasa sekolah. Ya Leonard Skinner adalah guru gym yang terkenal begitu ketat, banyak aturan dan cukup annoying. Bahkan guru itulah yang jadi penyebab Gary Rossington di-drop out dari sekolah.

Namun kemudian nama bandnya sedikit dipelesetkan jadi Lynyrd Skynyrd. Adapun guru mereka, Pak Leonard Skinner? Beliau dan semua personil band jadi teman. Rossington Cs bahkan memperkenalkan sang guru ketika mereka menggelar konser, termasuk mencantumkan tanda-tangan “Leonard Skinner Reality” dalam album mereka. Tepat 5 tahun kemarin (2010), sang guru meninggal. Namanya kemudian dikenal sebagai guru gym paling berpengaruh di dunia.

#7. No Doubt

No Doubt

Pada tahun 1986, Gwen Stefani, Eric Stefani dan John Spence membentuk band ini di California. Ide muncul ketika mereka masih bekerja di Diary Queen. Waktu itu Spence gemar sekali mengatakan “No Doubt”. Mereka pun menggunakan istilah itu sebagai nama band. Spence sendiri yang menjadi vokalis utamanya. Sayang sekali, di tahun 1987, penyanyi utama tersebut bunuh diri. Band sempat bubar. Sampai kemudian mereka kembali, tapi tetap mempertahankan nama “No Doubt”, warisan dari vokalis aslinya. Sekarang personilnya terdiri dari Gwen Stefani sebagai pengganti Spence, Tony Kanal, Adrian Young dan Tom Dumont.

#8. Pearl Jam

pearl jam
Cr Pict: consequenceofsound.net

Pada tahun 1990, Jeff Ament, Mike McCready, Steve Gossard dan Eddie Vedder membentuk band ini di Seattle, Washington. Di tahun 90-an, Pearl Jam hadir dan memberikan pengaruh tersendiri bagi perkembangan musik aliran grunge. Mereka mengaku ketika proses brainstorming atau pencarian ide secara acak, kata “Pearl” muncul. Mereka kemudian menghadiri konser Neil Young. Konsernya perlahan berubah jadi sesi jamming. Sepulangnya dari konser, mereka kemudian menambahkan istilah ‘Jam’ terhadap istilah yang sudah ditemukan sebelumnya. Jadi deh Pearl Jam.

#9. Spice Girls

Spice Girls
Cr Pict: walesonline.co.uk

Beberapa waktu kemarin, Spice Girls sempat jadi trending topic di twitter karena kabar come back mereka. Hehe… Nah seperti Boyband Backstreet Boys, girlband yang satu ini juga terbentuk dari hasil audisi. Bedanya, yang versi perempuan ini diaudisi secara personal. Mereka pun dekat dan membangun intimasi dari proses audisi. Awalnya band yang beranggotakan Victoria Beckham, Emma Bunton, Melanie Brown, Geri Halliwell dan Melanie Chisholm ini bernama Touch. Sampai kemudian ketika mereka tengah belajar aerobik, Geri mengusulkan nama “Spice”. Emma merespons positif, sebab nama itu ‘cocok’ bagi karakter mereka yang ‘beda’. Sayangnya pada waktu ada seorang artis Amerika dengan nama itu. Mereka pun membubuhkan kata ‘Girls’ di belakangnya; Spice Girls.

Baca Juga :  Kabar Terbaru The Corrs 2017, Siap dengan Lagu Tentang Syiria!

#10. The Beatles

The Beatles
Cr Pict: turningcirclesolutions.com

Rasanya kita sepakat kalau band ini jadi salah-satu yang melegenda, paling sukses dan berpengaruh di dunia. Dibalik nama besarnya, ternyata band ini pernah gonta-ganti panggilan. Mereka pernah memakai nama Johnny  and the Moondogs, The Silver beatles, The Silver Beats, The Beatals dan Long Johng and the Beetles. Banyak pendapat dibalik asal-usul nama The Beatles. Dalam Wikipedia, disebutkan Stuart Sutcliffe (mantan member) mengusulkan nama “The Beetles” karena ia kagum dengan “The Crickets” dan “Budy  Holly”.

Ada yang bilang kalau Stuart Sutcliffe mengajukan nama ‘The Beetles’ karena terinspirasi dari film “The Wild One”. Kebetulan di dalamnya terdapat sebuah geng motor yang diberi nama ‘the Beetles’. Begitu disampaikan pada Lennon, ia langsung menyetujuinya namun dengan mengganti huruf ‘e’ dengan ‘a’, jadilah “The Beatles”. Dan ada juga yang mengatakan kalau nama ini berasal dari Lennon sendiri. Di beberapa interview, para personil tidak terlalu spesifik menjelaskannya. Seolah-olah nama itu hanya tersembul begitu saja dan disetujui semua pihak. Kalau menurut Paul, mereka terus-terusan ganti nama. Mereka pikir hal itu enggak bagus, jadi mesti ada 1 nama yang pasti. Disepakatilah “The Beatles”.

#11. The Lumineers

The Lumineers
Cr Pict: Erika Goldring dari Getty Images

Wesley Schultz dan Jeremiah Fraites membentuk band pada tahun 2002. Awalnya mereka bernama Wesley Jeremiah dan kemudian ganti jadi Free Beer. Suatu hari, Josh Fraites meninggal. Josh Fraites sendiri adalah sahabatnya Wesley Schultz, sekaligus kakak dari Jeremiah Fraites. Keduanya sangat sedih dan kehilangan. Untuk memupus duka dari tragedi itu, keduanya terus berkarya dalam bidang musik.

Sampai kemudian dalam sebuah pertunjukan, seorang host membuat kesalahan dengan menyebut band mereka sebagai “The Lumineer”, bukan Free Beer. Namun insiden itu tidak lantas menyulut emosi, Schultz dan Fraites malah menggunakannya sebagai nama band baru mereka. Di tahun 2012, The Lumineers merilis album debut mereka. Tambahan personil barunya ada Neyla Pekarek, Stelth Ulvang dan Ben Wahamaki.

Baca Juga: Fakta Lengkap Band Keluarga, “The Corrs”

#12. The Ramones

The Ramones
Cr Pict: drfrankensguitar.com

Semua personel The Ramones memiliki nama panggilan masing-masing, namun nama belakangnya sama-sama “Ramone”. Waktu itu Paul McCartney (personil The Beatles) kerap menggunakan nama sama Paul Ramone ketika menginap di hotel. Dari situ, Douglas Colvin (bassist The Ramones) mulai membuat nama samaran untuk dirinya sendiri. Ia menyebut dirinya sebagai Dee Dee Ramone. Rekan-rekannya yang lain jadi followers. Jeffery Hyman, sang vokalis, jadi Joey Ramone. John Cummings, sang gitaris, jadi Johnny Ramone dan Thomas Erdelyi, sang drummer, jadi Tommy Ramone. Jadi The Ramones. Mereka terbentuk di tahun 1974 di Kota New York. Kini keempat punggawa The Ramones tersebut sudah meninggal.

#13. The Rolling Stones

The Rolling Stones kini
Cr Pict: fasterlouder.com.au

Kelompok musik ini sering disebut-sebut sebagai “band rock & roll paling keren di dunia”. Mereka memang sudah memahatkan karya yang berkesan. Belum lagi dengan kekompakan para personilnya. Ya, mereka sempat vakum, namun tak pernah putus atau bubar. Susunan personilnya yang sekarang meliputi Mick Jagger, Charlie Watts, Keith Richards, dan Ronnie Wood.

Waktu itu masih ada Jones, Stewart, Taylor dan Tony Chapman. Ketika Jones dan Jazz News sedang berbincang via telepon, pihak mereka menanyakan apa nama bandnya. Ketika itu juga Jones melihat album Muddy Waters di lantai. Ada lagu mereka yang berjudul “Rollin’ Stone”. Ia pun menjawab persis dengan judul track itu. Jadi jelas, nama “Rolling Stones” sendiri ternyata berasal dari salah-satu judul lagu Muddy Waters, “Rollin’ Stone”, dengan tanpa sengaja.

Baca Juga :  Review Lagu “Just Like Fire” – P!nk

#14. The Goo Goo Dolls

The Goo Goo Dolls
Cr Pict: billboard.com

Bicara band ini, jadi teringat salah-satu lagu mereka yang sangat berkesan; Iris. Siapa sangka, awalnya John Rzeznik (sang vokalis) tak mau bertugas menjadi penyanyi utamanya karena ia malu. Hehe… Namun kemudian dia, George Tutuska dan Robby Takac tetap mendirikan band. John bilang waktu mereka diundang bermain gig dan tentunya memerlukan nama. Enggak ada nama lain. Mereka terinspirasi oleh iklannya Tru Detective, tentang bonekanya yang bernama Goo Goo Doll. Ya sudah nama itu diambil. John sempat mengaku, andai mereka diberi waktu 5 menit saja lagi, maka mereka akan memikirkan nama lain yang lebih bagus. Hehe… tapi akhirnya nama The Goo Goo Dolls ini terbentuk, jadi unik dan berkesan.

#15. U2

U2
Cr Pict: billboard.com

Bisa dibilang, U2 ini adalah band paling dibanggakan oleh Irlandia. Betapa tidak, mereka sudah memenangkan 22 penghargaan Grammy. Begitu pun dengan penjualan albumnya yang selalu laris. U2 ‘dilahirkan’ di Dublin, Irlandia. Waktu itu Bono, Adam Clayton, The Edge dan Larry Mullen Jr masih remaja. Namun dulu mereka dikenal sebagai Feedback and The Hype. Sampai kemudian mereka diberi daftar nama band lain yang dinilai lebih potensial. Terpilihlah nama U2. Beberapa rumor kemudian beredar terkait pemilihan nama ini. Ada yang bilang, nama U2 ini yang tidak terlalu dibenci oleh para personil. Ada lagi yang bilang U2 ini mengacu pada jagoan pesawat. Ada lagi yang mengaitkan U2 ini sebagai istilah untuk pengangguran di Irlandia. Namun dalam suatu wawancara, Bono bilang tidak terlalu memerdulikan soal nama itu.

#16. UB40

UB40
Jajaran Personil Awal Band UB40 [Cr Pict: smh.com.au]

Pada tahun 1978, band ini dibentuk di Inggris. Personil utuh yang paling terkenal itu terdiri dari Ali Campbell, Robin Campbell, Mickey Virtue, Astro, Norman Hassan, Brian Travers dan Earl Falconer. Selain dipersatukan dalam band, mereka memang sahabatan. Tak hanya di Amerika Serikat, mereka juga popular di seluruh dunia. Untuk penamaannya sendiri, mereka terinspirasi dari bentuk pengangguran. Departemen Tenaga Kerja yang membuat isu tersebut di Inggris. Bentuk itu dikenal dalam Bahasa Inggrisnya sebagai “Unemployment Benefit, Form 40”. Jadi deh UB40.

#17. Wu-Tang Clan

Wu-Tang Clan
Cr Pict: intermissionbristol.co.uk

Penyuka hip-hop sejati tentu sudah tak asing dengan grup musik ini. Mereka mulai terbentuk pada awal tahun 90-an. Band ini aslinya beranggotakan RZA, GZA, Method Man, U-God, Raekwon, Inspectah Deck, Ghostface Killah, Masta Killa, Cappadonna dan yang baru yaitu Ol’ Dirty Bastard. Selain album band, mereka juga merilis album solo masing-masing. Kebetulan para personilnya menyenangi seni bela diri. Mereka pun mendapat ilham nama band dari film yang terkait dengan bela diri, yaitu Shaolin & Wu Tang. Namun para personil juga memberi kepanjangan dari nama Wu Tang itu, yaitu “Witty Unpredictable Talent and Natural Game”.

Kalau dipikir-pikir, memberi nama untuk band itu memang gampang-gampang susah. Rasanya semua istilah keren sudah dipakai orang. Namun kadang, ilham berupa nama itu datang tanpa diundang juga. Haih… #RD

You May Also Like

2 Comments

Comments are closed.