17 Band Dunia dan Cerita Dibalik Pembuatan Namanya

2
SHARE

#10. The Beatles

The Beatles
Cr Pict: turningcirclesolutions.com

Rasanya kita sepakat kalau band ini jadi salah-satu yang melegenda, paling sukses dan berpengaruh di dunia. Dibalik nama besarnya, ternyata band ini pernah gonta-ganti panggilan. Mereka pernah memakai nama Johnny  and the Moondogs, The Silver beatles, The Silver Beats, The Beatals dan Long Johng and the Beetles. Banyak pendapat dibalik asal-usul nama The Beatles. Dalam Wikipedia, disebutkan Stuart Sutcliffe (mantan member) mengusulkan nama “The Beetles” karena ia kagum dengan “The Crickets” dan “Budy  Holly”.

Ada yang bilang kalau Stuart Sutcliffe mengajukan nama ‘The Beetles’ karena terinspirasi dari film “The Wild One”. Kebetulan di dalamnya terdapat sebuah geng motor yang diberi nama ‘the Beetles’. Begitu disampaikan pada Lennon, ia langsung menyetujuinya namun dengan mengganti huruf ‘e’ dengan ‘a’, jadilah “The Beatles”. Dan ada juga yang mengatakan kalau nama ini berasal dari Lennon sendiri. Di beberapa interview, para personil tidak terlalu spesifik menjelaskannya. Seolah-olah nama itu hanya tersembul begitu saja dan disetujui semua pihak. Kalau menurut Paul, mereka terus-terusan ganti nama. Mereka pikir hal itu enggak bagus, jadi mesti ada 1 nama yang pasti. Disepakatilah “The Beatles”.

#11. The Lumineers

The Lumineers
Cr Pict: Erika Goldring dari Getty Images

Wesley Schultz dan Jeremiah Fraites membentuk band pada tahun 2002. Awalnya mereka bernama Wesley Jeremiah dan kemudian ganti jadi Free Beer. Suatu hari, Josh Fraites meninggal. Josh Fraites sendiri adalah sahabatnya Wesley Schultz, sekaligus kakak dari Jeremiah Fraites. Keduanya sangat sedih dan kehilangan. Untuk memupus duka dari tragedi itu, keduanya terus berkarya dalam bidang musik.

Sampai kemudian dalam sebuah pertunjukan, seorang host membuat kesalahan dengan menyebut band mereka sebagai “The Lumineer”, bukan Free Beer. Namun insiden itu tidak lantas menyulut emosi, Schultz dan Fraites malah menggunakannya sebagai nama band baru mereka. Di tahun 2012, The Lumineers merilis album debut mereka. Tambahan personil barunya ada Neyla Pekarek, Stelth Ulvang dan Ben Wahamaki.

Baca Juga :  Review Lagu dan Video Klip “Out of the Woods” - Taylor Swift

Baca Juga: Fakta Lengkap Band Keluarga, “The Corrs”

#12. The Ramones

The Ramones
Cr Pict: drfrankensguitar.com

Semua personel The Ramones memiliki nama panggilan masing-masing, namun nama belakangnya sama-sama “Ramone”. Waktu itu Paul McCartney (personil The Beatles) kerap menggunakan nama sama Paul Ramone ketika menginap di hotel. Dari situ, Douglas Colvin (bassist The Ramones) mulai membuat nama samaran untuk dirinya sendiri. Ia menyebut dirinya sebagai Dee Dee Ramone. Rekan-rekannya yang lain jadi followers. Jeffery Hyman, sang vokalis, jadi Joey Ramone. John Cummings, sang gitaris, jadi Johnny Ramone dan Thomas Erdelyi, sang drummer, jadi Tommy Ramone. Jadi The Ramones. Mereka terbentuk di tahun 1974 di Kota New York. Kini keempat punggawa The Ramones tersebut sudah meninggal.

#13. The Rolling Stones

The Rolling Stones kini
Cr Pict: fasterlouder.com.au

Kelompok musik ini sering disebut-sebut sebagai “band rock & roll paling keren di dunia”. Mereka memang sudah memahatkan karya yang berkesan. Belum lagi dengan kekompakan para personilnya. Ya, mereka sempat vakum, namun tak pernah putus atau bubar. Susunan personilnya yang sekarang meliputi Mick Jagger, Charlie Watts, Keith Richards, dan Ronnie Wood.

Waktu itu masih ada Jones, Stewart, Taylor dan Tony Chapman. Ketika Jones dan Jazz News sedang berbincang via telepon, pihak mereka menanyakan apa nama bandnya. Ketika itu juga Jones melihat album Muddy Waters di lantai. Ada lagu mereka yang berjudul “Rollin’ Stone”. Ia pun menjawab persis dengan judul track itu. Jadi jelas, nama “Rolling Stones” sendiri ternyata berasal dari salah-satu judul lagu Muddy Waters, “Rollin’ Stone”, dengan tanpa sengaja.

#14. The Goo Goo Dolls

The Goo Goo Dolls
Cr Pict: billboard.com

Bicara band ini, jadi teringat salah-satu lagu mereka yang sangat berkesan; Iris. Siapa sangka, awalnya John Rzeznik (sang vokalis) tak mau bertugas menjadi penyanyi utamanya karena ia malu. Hehe… Namun kemudian dia, George Tutuska dan Robby Takac tetap mendirikan band. John bilang waktu mereka diundang bermain gig dan tentunya memerlukan nama. Enggak ada nama lain. Mereka terinspirasi oleh iklannya Tru Detective, tentang bonekanya yang bernama Goo Goo Doll. Ya sudah nama itu diambil. John sempat mengaku, andai mereka diberi waktu 5 menit saja lagi, maka mereka akan memikirkan nama lain yang lebih bagus. Hehe… tapi akhirnya nama The Goo Goo Dolls ini terbentuk, jadi unik dan berkesan.

Baca Juga :  12 Rapper Dunia yang Tidak Memakai Obat atau Drugs

#15. U2

U2
Cr Pict: billboard.com

Bisa dibilang, U2 ini adalah band paling dibanggakan oleh Irlandia. Betapa tidak, mereka sudah memenangkan 22 penghargaan Grammy. Begitu pun dengan penjualan albumnya yang selalu laris. U2 ‘dilahirkan’ di Dublin, Irlandia. Waktu itu Bono, Adam Clayton, The Edge dan Larry Mullen Jr masih remaja. Namun dulu mereka dikenal sebagai Feedback and The Hype. Sampai kemudian mereka diberi daftar nama band lain yang dinilai lebih potensial. Terpilihlah nama U2. Beberapa rumor kemudian beredar terkait pemilihan nama ini. Ada yang bilang, nama U2 ini yang tidak terlalu dibenci oleh para personil. Ada lagi yang bilang U2 ini mengacu pada jagoan pesawat. Ada lagi yang mengaitkan U2 ini sebagai istilah untuk pengangguran di Irlandia. Namun dalam suatu wawancara, Bono bilang tidak terlalu memerdulikan soal nama itu.

#16. UB40

UB40
Jajaran Personil Awal Band UB40 [Cr Pict: smh.com.au]

Pada tahun 1978, band ini dibentuk di Inggris. Personil utuh yang paling terkenal itu terdiri dari Ali Campbell, Robin Campbell, Mickey Virtue, Astro, Norman Hassan, Brian Travers dan Earl Falconer. Selain dipersatukan dalam band, mereka memang sahabatan. Tak hanya di Amerika Serikat, mereka juga popular di seluruh dunia. Untuk penamaannya sendiri, mereka terinspirasi dari bentuk pengangguran. Departemen Tenaga Kerja yang membuat isu tersebut di Inggris. Bentuk itu dikenal dalam Bahasa Inggrisnya sebagai “Unemployment Benefit, Form 40”. Jadi deh UB40.

#17. Wu-Tang Clan

Wu-Tang Clan
Cr Pict: intermissionbristol.co.uk

Penyuka hip-hop sejati tentu sudah tak asing dengan grup musik ini. Mereka mulai terbentuk pada awal tahun 90-an. Band ini aslinya beranggotakan RZA, GZA, Method Man, U-God, Raekwon, Inspectah Deck, Ghostface Killah, Masta Killa, Cappadonna dan yang baru yaitu Ol’ Dirty Bastard. Selain album band, mereka juga merilis album solo masing-masing. Kebetulan para personilnya menyenangi seni bela diri. Mereka pun mendapat ilham nama band dari film yang terkait dengan bela diri, yaitu Shaolin & Wu Tang. Namun para personil juga memberi kepanjangan dari nama Wu Tang itu, yaitu “Witty Unpredictable Talent and Natural Game”.

Baca Juga :  Review Lagu "Just Give Me A Reason" – Pink feat. Nate Ruess

Kalau dipikir-pikir, memberi nama untuk band itu memang gampang-gampang susah. Rasanya semua istilah keren sudah dipakai orang. Namun kadang, ilham berupa nama itu datang tanpa diundang juga. Haih… #RD

1
2
SHARE

2 COMMENTS

Comments are closed.