Home » My Files » Diary Tentang Inspirasi dan Motivasi » 17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain

17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain

17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain

17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain, berhenti berharap, jangan terlalu berharap pada seseorang, jangan terlalu berharap nanti kecewa, kata kata jangan terlalu berharap cinta, jangan menggantungkan harapan pada sesuatu selain Allah Swt

Via: simplykashonna.com

Harapan dan kenyataan menjadi dua hal yang kurang akur, tetapi mereka tetap hidup bersama-sama.

~

Harapan itu indah. Bisa bikin kita bahagia. Hidup pun serasa memiliki arah tujuan. Dan, kita jadi semangat menjalani semuanya.

Namun ekspektasi tersebut kerap dibikin limbung oleh realita; sesuatu yang datang dari arah tak terduga dan kita tak bisa mengendalikannya.

Kita pun harus rutin “menampar” diri sendiri kalau harapan itu memiliki dua sisi. Ada yang baik nan memotivasi, banyak juga yang jahat dan bikin kita sekarat. Keadaan bisa semakin berbahaya ketika kita menggantungkan harapan tersebut pada sesuatu atau seseorang yang bukan Tuhan, Dzat yang Maha Kuasa atas segalanya.

Nah, apa saja harapan-harapan yang tak bisa kita andalkan dari orang lain? Jom!

#1. Berhenti Berharap Kalau Mereka akan Memberikan Cinta dan Kasih Sayang yang Sama

Terkadang kita harus menawarkan cinta dan kasih sayang dulu, agar semua itu bisa kembali pada diri sendiri. Tetapi tak semuanya berlaku demikian. Ada orang yang sudah total memberikan cintanya, namun ia malah mesti gigit jari sebab cinta yang diharapkan itu tak kunjung datang. Ketulusan kita benar-benar diuji.

#2. Jangan Perfeksionis (Berharap Kesempurnaan)

Sebenarnya wajar kalau kita memiliki harapan tinggi pada seseorang. Namun kalau sampai terobsesi, kita bisa kecewa abadi. Manusia seindah, sesaleh, atau semanis apa pun pasti memiliki bercak yang mengurangi nilainya. Siapkah kita merangkul sisi baik dan buruknya sekaligus?

#3. Jangan Berharap Selalu Ditanggung Orang Lain

Ditraktir atau dibayarin memang asyik. Makan-minum, pulsa atau kuota, make up, dsb, ditanggung. Tetapi kita tak bisa mengandalkan harapan tersebut terus-terusan. Sebaiknya kita mulai mencari solusi finansial untuk diri sendiri. Bagaimana pun, mandiri akan lebih menyenangkan ketimbang dengan terlalu ketergantungan.

Baca Juga :  Kisah Inspiratif; Tentang Kebohongan

#4. Jangan Berharap Orang-orang Akan Berlaku Adil Semuanya

Meski pahit, namun faktanya memang demikian. Orang-orang dan keadaan tak selamanya menyediakan keadilan. Ada saat-saat di mana kerja keras kita tak terbayar dengan jumlah yang seharusnya, pengorbanan kita terabaikan, niat baik kita disalah-artikan, dsb.

#5. Jangan Berharap Mereka Akan Berubah Sesuai Keinginan Kita

Kita memiliki adat dan kebiasaan. Sebagian bahkan sudah begitu nempel. Kalau pun hendak berubah, maka kita harus super sabar. Mengotak-atik adat atau kebiasaan memerlukan waktu yang cukup panjang. Bahkan kita bisa sebal sendiri kalau ternyata perubahannya tidaklah signifikan.

#6. Jangan Berharap Mereka itu Baik dan Benar Sesuai Standard Kita

Ada beberapa hal yang memengaruhi perbedaan etika dan selera. Entah itu pengaruh dari tempat asal, kebudayaan, kepercayaan, atau mungkin prinsip tersendiri. Kita tak bisa memandang jelek pada mereka yang makan serangga, hanya karena hewan tersebut masih tak lazim di lidah sendiri. Selama tak merugikan, menyakiti, atau menyalahi norma apa pun, sebaiknya kita berjiwa besar untuk memakluminya.

#7. Jangan Berharap Mereka Bisa Membaca Pikiran Kita

Tak semua orang memiliki intuisi dan kepekaan yang tajam. Untuk itu, kita tak bisa menggantungkan harapan agar orang lain mampu membaca pikiran atau menerjemahkan kode yang kita berikan. Sebaiknya kita mengekspresikan diri secara langsung, sehingga tak ada kesalahpahaman dan kekecewaan akibat “kode” yang tak tertangkap. Komunikasikan saja secara terbuka.

jangan berharap pada manusia, 17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain, berhenti berharap, jangan terlalu berharap pada seseorang, jangan terlalu berharap nanti kecewa, kata kata jangan terlalu berharap cinta, kata-kata harapan

Via: mollyfletcher.com

#8. Jangan Berharap Mereka Selalu Siap Ketika Kita Jatuh atau Terpuruk

Baca Juga :  10 Hal Sederhana yang Perlu Diingat Ketika Jatuh Terpuruk Dalam Hidup

Poin ini tidak bermaksud untuk berburuk sangka. Tentu saja keluarga dan sahabat yang baik akan selalu mengulurkan tangan dan menawarkan bahu sebagai sandaran. Tetapi sebaiknya kita tak terlalu bergantung pada mereka, dan langsung mengibarkan bendera permusuhan ketika mereka menghilang di saat yang dibutuhkan. Jika kita tukar posisi, mungkin saja mereka ingin menolong, namun apa daya situasinya tak mendukung. Ketiadaan mereka di saat kita terjatuh tak bisa langsung diasumsikan sebagai bentuk ketidakpedulian.

#9. Berhenti Berharap Mereka akan Memahami Kita

Apa kita juga memahami mereka? Well, seringkali memahami diri sendiri pun sulit. Iya, ‘kan?  Berharap agar orang-orang selalu memahami diri kita pun akan lebih sulit lagi.

#10. Berhenti Berharap Agar Mereka Memperlakukan Kita Seperti Kita Memperlakukan Mereka

Kita tak hidup di dunia yang tanpa cacat. Tak selamanya perbuatan baik kita itu mantul. Dermawan pada Si A bukan berarti Si A akan balik dermawan lagi. Kita tak bisa memaksakan keadaan kalau mereka harus berbuat sesuai dengan perbuatan kita ke mereka. Keikhlasan itu terus ditempa. Tetapi jika selalu berharap demikian, ada kemungkinan kita akan kecewa dan sakit berkepanjangan.

#11. Berhenti Berharap Kalau Mereka Tak Akan Pernah Berubah

Semuanya mengalami perubahan. Lingkungan dan pengalaman memegang peranan besar. Tak ada kuasa untuk mengontrolnya. Hanya saja, bisakah kita tetap menerimanya?

#12. Berhenti Berharap Kalau Mereka akan Selalu Seiya Sekata

Semua orang berhak berpendapat, tapi tak semua pendapat disetujui oleh pihak lainnya. Semua orang memiliki suara, opini, dan keputusan masing-masing. Jika menurut kita Pink Floyd itu bagus, tak perlu memaksa orang lain harus ngefans juga.

Baca Juga :  10 Langkah Ketika Latihan Memaafkan, Agar Jiwa Lebih Damai dan Tenang

#13. Berhenti Berharap Kalau Mereka akan Memberi Hormat, Apresiasi, dan Perhatian

Manusia memang memerlukan pengakuan. Apalagi kalau kita merasa pantas mendapatkannya. Sakit rasanya ketika tak dihargai atau dalam posisi diabaikan.  Tapi apa daya, keinginan tersebut tak bisa diperoleh dengan mudah. Lebih lagi kalau kita belum berperan banyak.

#14. Berhenti Berharap Kalau Mereka Mengharapkan dan Membutuhkan Kita Sebagaimana Kita Mengharapkan dan Membutuhkan Mereka

Kadang ironis juga. Kita membutuhkan seseorang yang justru mengabaikan, membuat kita serasa tak berharga dan tak diinginkan. Sebaliknya, kita malah tidak peduli pada mereka yang benar-benar mensyukuri keberadaan kita.

#15. Berhenti Berharap Kalau Mereka adalah Figur Ideal yang Kita Dambakan

Biarkan mereka menjadi diri mereka sendiri, yang memiliki kelebihan dan kekurangan sekaligus. Tak semestinya kita langsung menyimpulkan kalau si anu itu begini, padahal faktanya begitu. Kadang kita tak pernah tahu seseorang secara utuh.

#16. Berharap Mereka Merasakan apa yang Kita Rasakan

Tak semua orang bisa memahami kesedihan, kerinduan, kehilangan, kehampaan, dan segala perasaan buruk lain yang kita rasakan. Akan sangat sakit jika kita terlalu berharap kalau mereka merasakan hal yang sama padahal tidak. Perih juga kalau kita di sini sedang tersiksa oleh kerinduan pada seseorang di sana yang justru sedang tak memikirkan kita sama-sekali.

#17. Berhenti Berharap Kalau Mereka Akan Selalu Hidup

Kita dan mereka sama-sama makhluk biasa. Jantung kita tak selamanya berdetak. Tubuh kita tak selamanya hangat. Kita fana; lama-lama akan tiada.

~

Kita tentu berhak berharap yang terbaik, tapi sebaiknya tak terlalu membumbungkannya terlalu tinggi. Demikian, 17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain. #RD

error: