17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain

8
SHARE

jangan berharap pada manusia, 17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain, berhenti berharap, jangan terlalu berharap pada seseorang, jangan terlalu berharap nanti kecewa, kata kata jangan terlalu berharap cinta, kata-kata harapan
Via: mollyfletcher.com

#8. Jangan Berharap Mereka Selalu Siap Ketika Kita Jatuh atau Terpuruk

Poin ini tidak bermaksud untuk berburuk sangka. Tentu saja keluarga dan sahabat yang baik akan selalu mengulurkan tangan dan menawarkan bahu sebagai sandaran. Tetapi sebaiknya kita tak terlalu bergantung pada mereka, dan langsung mengibarkan bendera permusuhan ketika mereka menghilang di saat yang dibutuhkan. Jika kita tukar posisi, mungkin saja mereka ingin menolong, namun apa daya situasinya tak mendukung. Ketiadaan mereka di saat kita terjatuh tak bisa langsung diasumsikan sebagai bentuk ketidakpedulian.

#9. Berhenti Berharap Mereka akan Memahami Kita

Apa kita juga memahami mereka? Well, seringkali memahami diri sendiri pun sulit. Iya, ‘kan?  Berharap agar orang-orang selalu memahami diri kita pun akan lebih sulit lagi.

#10. Berhenti Berharap Agar Mereka Memperlakukan Kita Seperti Kita Memperlakukan Mereka

Kita tak hidup di dunia yang tanpa cacat. Tak selamanya perbuatan baik kita itu mantul. Dermawan pada Si A bukan berarti Si A akan balik dermawan lagi. Kita tak bisa memaksakan keadaan kalau mereka harus berbuat sesuai dengan perbuatan kita ke mereka. Keikhlasan itu terus ditempa. Tetapi jika selalu berharap demikian, ada kemungkinan kita akan kecewa dan sakit berkepanjangan.

#11. Berhenti Berharap Kalau Mereka Tak Akan Pernah Berubah

Semuanya mengalami perubahan. Lingkungan dan pengalaman memegang peranan besar. Tak ada kuasa untuk mengontrolnya. Hanya saja, bisakah kita tetap menerimanya?

#12. Berhenti Berharap Kalau Mereka akan Selalu Seiya Sekata

Semua orang berhak berpendapat, tapi tak semua pendapat disetujui oleh pihak lainnya. Semua orang memiliki suara, opini, dan keputusan masing-masing. Jika menurut kita Pink Floyd itu bagus, tak perlu memaksa orang lain harus ngefans juga.

Baca Juga :  7 Ciri Seseorang Kurang Mementingkan dan Memerdulikan Diri Sendiri

#13. Berhenti Berharap Kalau Mereka akan Memberi Hormat, Apresiasi, dan Perhatian

Manusia memang memerlukan pengakuan. Apalagi kalau kita merasa pantas mendapatkannya. Sakit rasanya ketika tak dihargai atau dalam posisi diabaikan.  Tapi apa daya, keinginan tersebut tak bisa diperoleh dengan mudah. Lebih lagi kalau kita belum berperan banyak.

#14. Berhenti Berharap Kalau Mereka Mengharapkan dan Membutuhkan Kita Sebagaimana Kita Mengharapkan dan Membutuhkan Mereka

Kadang ironis juga. Kita membutuhkan seseorang yang justru mengabaikan, membuat kita serasa tak berharga dan tak diinginkan. Sebaliknya, kita malah tidak peduli pada mereka yang benar-benar mensyukuri keberadaan kita.

#15. Berhenti Berharap Kalau Mereka adalah Figur Ideal yang Kita Dambakan

Biarkan mereka menjadi diri mereka sendiri, yang memiliki kelebihan dan kekurangan sekaligus. Tak semestinya kita langsung menyimpulkan kalau si anu itu begini, padahal faktanya begitu. Kadang kita tak pernah tahu seseorang secara utuh.

#16. Berharap Mereka Merasakan apa yang Kita Rasakan

Tak semua orang bisa memahami kesedihan, kerinduan, kehilangan, kehampaan, dan segala perasaan buruk lain yang kita rasakan. Akan sangat sakit jika kita terlalu berharap kalau mereka merasakan hal yang sama padahal tidak. Perih juga kalau kita di sini sedang tersiksa oleh kerinduan pada seseorang di sana yang justru sedang tak memikirkan kita sama-sekali.

#17. Berhenti Berharap Kalau Mereka Akan Selalu Hidup

Kita dan mereka sama-sama makhluk biasa. Jantung kita tak selamanya berdetak. Tubuh kita tak selamanya hangat. Kita fana; lama-lama akan tiada.

~

Kita tentu berhak berharap yang terbaik, tapi sebaiknya tak terlalu membumbungkannya terlalu tinggi. Demikian, 17 Hal yang Tak Bisa Kita Harapkan Dari Orang lain. #RD

Baca Juga :  Alasan Utama Kenapa Ada Hari Anak Perempuan Sedunia
1
2
SHARE

8 COMMENTS

  1. Bakalan kecewa sih ya kalo masih berharap sama yang bukan selain Tuhan. Yang penting sih kita harus memeperlakukan orang sebagaimana kita ingin diperlakukan. Bener nggak, sih?

  2. Kuncinya, jangan terlalu berharap apa yang kita lakuin ke orang tersebut, dia pun melakukan hal yang sama. Kalau kita berbuat baik, bisa jadi kita dapat balasan dari tangan mana yang tidak terduga. Inspiratif sekali mba tulisannya 🙂

    • Boleh, tapi kemungkinan untuk kecewa akan sangat besar. Jadi sebaiknya tidak terlalu berharap. Orang bilang, sebaiknya hanya berharap pada Tuhan semata. Hehe..

Comments are closed.