17 Sikap atau Karakter Menyebalkan Dari Seorang Perempuan yang Bisa Jadi Membuatnya Super Kuat Secara Mental

0
SHARE
perempuan, karakter perempuan, perempuan menyebalkan, perempuan strong, wanita kuat, wanita tegar, wanita hebat, wanita bermental kuat, dibalik sikap perempuan yang menyebalkan
Via: pexels.com

Kalau disuruh menuliskan kebiasaan jelek atau karakter buruk seorang perempuan, sebenarnya daftarnya bisa lebih dari 17, ya. Hehe…

Di balik semua puja-puji pada seorang wanita, kaum hawa memang memiliki sisi yang sering dinilai bitchy. Setidaknya hal itulah yang dirasakan oleh orang sekitarnya. Tetapi kesan tersebut tak sepenuhnya benar. Sebab di balik sisi jelek tersebut, bisa jadi terdapat ciri akan kekuatan mental yang terpendam.

Kalau ada seorang perempuan yang berkata kasar di depan umum sambil menuding-nudingkan telunjuknya pada seseorang, publik pasti langsung terbagi. Sebagian orang mendukung keberaniannya, sebagian lagi hanya geleng-geleng kepala, dan mayoritas pasti mencela; dasar perempuan enggak bisa nyaring omongan, enggak pernah masuk sekolahan, enggak dewasa banget, (maaf) jalang, dst. Masih mending ada yang pengertian, mungkin sedang PMS.

Tanpa sadar, kita langsung tersulut untuk ngejudge tanpa tahu motif apa yang membuat sang perempuan sampai kalap begitu.

Ada banyak momen, di mana wanita harus bersikap menyebalkan, yang membuat orang-orang sekitarnya kegerahan. Tetapi keberanian sang wanita untuk bersikap, dengan risiko dibenci atau dibully, bisa menjadi indikasi betapa kuat mentalnya.

Well, tulisan ini terinspirasi oleh Holly Riordan via Allwomenstalk. Nah apa saja karakter menyebalkan yang bisa menjadi bocoran kekuatan mentalnya? Jom!

wanita pura pura strong, kata kata pura pura tegar, pura pura bahagia, senyum palsu, wanita dengan topeng, wanita pura pura strong
Via: wallpapersxl.com

#1 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Nolak

Tak semua lelaki siap akan penolakan. Sebagian dari mereka harus marah dan dendam dulu karena cintanya ditolak oleh sang pujaan. Tetapi perempuan sendiri memiliki hak dan alasan kuat untuk tidak menerimanya. Kamu tak harus menerima semua cinta, hanya karena kasian, tak tega, demi status belaka, dan ‘daripada enggak ada sama-sekali’. Atau, hanya karena kamu enggak disebut sebagai wanita kejam dan kurang bersyukur. Uh, oh.

#2 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Pura-pura Strong

Kamu adalah tipikal perempuan yang tertawa terbahak-bahak sampai berairmata, dengan tujuan untuk menutupi isak tangismu yang sebenarnya. Hiks. Kamu bawa topeng berwajah ceria, tenang, tegar, dan baik-baik saja ke mana-mana. Hanya sosok-sosok terdekat dan paling memahamimu yang sudah tahu aktingmu. Atau mungkin, tak ada seorang pun yang tahu!

Baca Juga :  3 Syarat dan Ketentuan Berlaku Kalau Ingin Berubah Menjadi Lebih Baik

#3 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Blak-Blakan

Banyak sekali orang yang kurang respect terhadap perempuan yang bicara tanpa difilter lebih dahulu. Kalau hati dan pikiranmu bilang ‘jelek’, kamu akan mengemukakannya langsung. Tak ada yang namanya pura-pura memuji agar dibilang orang baik, atau agar tidak menyakiti orang lain.

#4 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Memiliki Standard Tinggi

Banyak yang memandang sebelah mata karena kamu dipandang sebagai perempuan perfeksionis yang berselera tinggi. Padahal kamu hanya satu dari sekian kaum hawa yang berusaha mendapatkan apa yang layak didapatkan. Kamu rasa tak ada salahnya kalau manusia, khususnya wanita, berusaha dulu meraih segala sesuatu yang terbaik.

#5 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Mandiri

Sosok yang independen itu memang mengagumkan. Tetapi kamu juga memiliki haters, yang selalu menganggap kalau wanita mandiri itu berlagak atau belagu. Sok enggak butuh orang lain. Nah apa pun itu, kemandirian justru menjadi salah-satu senjata yang wajib dikenakan perempuan.

#6 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Bossy

Kamu bertingkah laksana bos besar. Kamu menyuruh dan melarang ini-itu. Sebenarnya kamu sadar kalau potensi kebencian pasti semakin besar. Tetapi sebagai seorang leader, kamu merasa berhak bersikap demikian. Kamu rasa tak ada yang salah selama instruksimu baik, benar, dan profesional.

#7 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Berkemauan Sangat Keras

Orang sampai geleng-geleng kepala atau memutar bola mata melihat tingkahmu yang tak patah semangat. Kamu memang sempat ambruk, tetapi segera bangkit dan keukeuh memperjuangkan apa yang diinginkan. Semua pandangan sinis sudah biasa bagimu.

potografi perempuan, potografi anak perempuan, potografi superhero perempuan, sikap wanita, karakter wanita, wanita perkasa, perempuan kuat
Josh Rossi Photography via Huffington Post

#8 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Outgoing

Yang suka main ke sana- ke mari, bertemu banyak orang, dan update terus di media sosialnya kadang jadi cibiran orang. Tetapi kamu tak ambil pusing. Bagimu, kamu memang orang begitu, jadi tak perlu berpura-pura menjadi wanita rumahan yang suka duduk di pojok paling belakang agar tak diperhatikan.

#9 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Nekad

Namanya perempuan, seringkali kamu menerima nasihat untuk sangat berhati-hati. Jangan anu, takut anu. Jangan merantau, takut menderita. Jangan berbisnis, takut rugi. Dlsb. Tetapi kamu sosok yang berani dan bisa menanggung risiko. Yang penting tanggung-jawab.

Baca Juga :  Kini Dia Pun Jadi Orang Asing yang Tahu Banyak Tentangmu

#10 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Terlalu Jutek

Ketika kamu dirayu, tetapi langsung menampakkan ketidaktertarikan, orang bisa saja membencimu lantaran dianggap terlalu jutek dan sadis. Namun kamu memang berusaha untuk menjadi yang apa adanya. Suka ya suka, enggak ya enggak. Tak ada harapan palsu.

#11 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Menganut Paham Feminisme

Paham yang satu ini sering disalahartikan. Feminisme dianggap sebagai pembenci lelaki, kurang respect sama pernikahan, upaya untuk menyalahi kodrat, dst. Untuk itu, banyak pihak yang menghujankan penolakan dan kebencian pada para perempuan feminis – yang sebagian hanya memiliki tujuan untuk menyuarakan dan memperjuangkan haknya saja.

#12 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Datar (Enggak Ekspresif)

Kritik yang sering kamu terima tak jauh dari ‘harus sering senyum’, atau ‘ekspresinya mana?’. Pas bercermin, kamu memang menampilkan wajah yang datar. Sulit terbaca. Hampir seperti tanpa emosi. Kamu hanya tak ingin menyunggingkan senyuman hanya untuk memikat seseorang, atau hanya agar disebut sebagai wanita ramah.

perempuan jutek, dibalik sikap wanita, dibalik karakter menyebalkan seorang wanita, perempuan strong, perempuan independen, perempuan mandiri
By Marcello Piras on Pinterest

#13 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Membangkang

Menjadi sosok yang “susah diatur” memang bisa menjadi bahan pikiran bagi orang di sekitar. Orang tuamu ingin kamu menjadi guru, tetapi kamu sendiri bersikukuh untuk menjadi entrepreneur. Masyarakat di sekitarmu ingin kamu sekolah sampai SMA saja dan menjadi ibu rumah tangga, tetapi kamu ngotot menjadi lulusan S3 dan mengejar karier. Kamu memang “membangkang”, tetapi kamu bukan kriminal. Kamu rasa hidupmu tak harus sesuai dikte orang lain.

#14 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Mencintai Kariernya

Hati dan pikiranmu dipenuhi dengan pekerjaan atau karier. Sampai-sampai tak ada porsi untuk cinta atau kehidupan pribadimu. Orang-orang kemudian mulai melayangkan masukan dan judgement-nya. Kamu sendiri tentu harus meluangkan ruang untuk mendengarkan nasihat baik dan benar mereka. Tetapi kalau mereka sudah melabeli tanpa tahu duduk persoalannya, rasanya kamu berhak untuk mengabaikannya saja.

Baca Juga :  30 Quotes atau Kata Mutiara Gus Mus Tentang Kehidupan

#15 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Passionate atau Penuh Passion

Passion atau gairah menjadikan hidup lebih hidup. Ada yang memiliki passion di bidang menulis, di bidang perlindungan hewan, di bidang musik, di bidang pertanian, dsb. Kamu menjelma menjadi perempuan yang bahagia dan menikmati apa yang menjadi passion-mu itu, dan tak peduli bagaimana komentar orang.

#16 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Sangat Percaya Diri

Tak keraguan bagimu untuk sharing poto selfie dengan aneka pose. Mulai dari pose dimanis-manisin, sampai dijelek-jelekin. Kamu tetap merasa memesona. Well, sedikit narsis sih, dan bisa mengundang kebencian atau kecemburuan orang. Tetapi ya begitulah kamu.

#17 Perempuan itu Nyebelin Kalau… Selalu Terlihat Cantik dan Bahagia

Kedengarannya ada yang iri, ya? Hehe…

Perempuan menjadi makhluk yang memiliki segudang masalah dan alasan untuk bersedih, merasa down, atau menjadi drama queen kehidupan ini. Banyak perempuan yang mudah terguncang karena berat badan, karena jerawat, karena tak update outfit, karena followers-nya sedikit, karena tak diperlakukan romantis oleh pasangan, karena idolanya tak memenangkan kompetisi, dsb.

Tak heran kalau ketika kamu selalu terlihat percaya diri dan bahagia, entah beneran atau hanya kemasan belaka, yang lain akan jealous. Mereka merasa hidup ini tak adil, sebab kamu sepertinya jarang mengeluh dan merasa kecewa. Jadinya, di mata mereka, kamu itu sosok yang nyebelin.

Selamat Hari Kartini. Selamat menerima dan mensyukuri keadaan diri sendiri. Kamu bebas. Bisa bersikap apa saja. Tetapi kamu tak pernah bebas dari segala risikonya. Tetap perlu menakar atau mempertimbangkan dulu.

Selama baik dan benar,  tetap pertahankan perjuangan. Abaikan kesalahpahaman, gosip, dan pandangan buruk orang tentangmu. Mereka tak benar-benar tahu, dan mereka tak benar-benar memahami.

Jangankan tindakan, senyuman dan sikap diammu pun sering menjadi misteri yang tak mudah dipecahkan. Bahkan sering disalahartikan. 17 Sikap atau Karakter Menyebalkan Dari Seorang Perempuan yang Bisa Jadi Membuatnya Super Kuat Secara Mental. #RD

SHARE