17 Situasi Ini Hanya Bisa Dimengerti Oleh Orang-Orang yang Suka Menyendiri

2
SHARE
orang yang suka menyendiri, orang yang suka menyendiri disebut, orang yang suka menyendiri di kamar, tipe orang yang suka menyendiri, istilah orang yang suka menyendiri
Image via: aarp.org

Ada yang suka menghabiskan waktu sendirian?

Biasanya introvert nih yang suka menyendiri.

Kamu akan lega sendiri ketika masuk ke rumah atau ke kamar; lalu segala suara hiruk-pikuk dan kesibukan dunia langsung reda. Sensasi pusing, jemu, lelah, sesak dan penat langsung lenyap. Kamu seperti memasuki fase ‘isi ulang energi’ yang menyegarkan.

Suka menyendiri bukan berarti anti sosial dan tidak suka manusia.

Hanya saja, kebutuhanmu untuk menikmati me time memang lebih banyak dari yang lain. Well, orang-orang sepertimu pasti akan mengerti sendiri. Menghabiskan waktu bersama orang lain itu kadang seru dan menyenangkan, namun energimu cepat melemah.

Untuk memulihkan rasa letih itulah, kamu memerlukan waktu sendiri.

penyendiri, penyendiri itu kuat, penyendiri itu mandiri, penyendiri adalah, orang yang suka menyendiri
image via: introvertdear.com

Berikut ini situasi-situasi yang hanya bisa dimengerti oleh orang-orang yang suka menyendiri:

#1. Hari libur, hari santai, hari tanpa tanggung jawab dan hari tanpa rencana ke mana-mana menjadi salah-satu hari terbaik yang kamu punya.

#2. Kadang kamu enggan memberitahu orang tentang “hari nganggurmu”, karena kamu tidak mau terganggu. Ingin fokus menikmati me time.

#3. Kamu bisa betah berlama-lama dengan buku, film, karya, album musik, atau pekerjaan yang dikerjakan sendirian. Kontras ketika kamu pergi ke acara pernikahan, pesta ulang tahun, atau tempat nongkrong – justru energi terasa cepat terkuras, cepat bosan dan ingin segera pulang.

#4. Bepergian sendirian dengan perjalanan panjang menjadi salah-satu momen berkesan. Sebab kamu bisa menikmati kesunyian yang berharga. Kamu bisa berimajinasi, memikirkan sesuatu, atau menghayati pemandangan di luar kendaraan. Apalagi kalau diiringi musik kesukaan.

#5. Kamu cenderung siap menerima tantangan untuk makan di restoran atau nonton di bioskop sendirian. Padahal hal ini menjadi ujian berat bagi kebanyakan orang.

Baca Juga :  22 Keganjilan dan Keanehan Orang Introvert

#6. Sebenarnya kamu tidak tahan dengan pasangan, teman, atau bahkan keluarga yang “terus nempel” – seakan kamu tidak diberi kesempatan untuk menikmati ruang pribadi.

#7. Ketika kamu terpesona dengan seseorang, kamu tidak berpikir harus ada bersamanya secara fisik selama 24 jam. Kadang kamu butuh waktu untuk menyendiri dan menjaga kewarasan diri sendiri.

laki laki menyendiri, laki laki penyendiri, laki laki sendiri, laki laki ngopi sendirian
Image via: pixabay.com

#8. Kamu nyaman bersama seseorang yang bisa “menemanimu menyendiri”. Dengan kata lain, orang tersebut memahami kecenderunganmu. Dia tidak akan memaksa kamu untuk berubah, misalnya dengan membuat kebersamaan jadi lebih berisik. Justru dia bisa betah berada bersamamu dalam keadaan senyap dan kalem.

#9. Sebutan “mandiri” bagimu adalah sesuatu yang tidak mengagetkan.

#10. Ketika baru putus dan kembali menyendiri, kamu cenderung ‘santai’ – tidak grusa grusu memasang target harus menjalani hubungan yang baru.

#11. Meski menyendiri, namun kamu pastikan kesendirian itu ‘produktif’. Kamu senang jika mengeksekusi proyek yang sesuai hobimu.

#12. Kalau pun hang out bersama kawan, kamu lebih menikmati kebersamaan dalam grup yang lebih kecil. Kalau bisa, kamu lebih memilih bepergian dengan satu atau dua orang saja dan membicarakan topik-topik yang mendalam.

wanita menyendiri, menyendiri di kamar, menyendiri quotes, lebih nyaman menyendiri, introvert adalah, kata kata menyendiri
image via: depositphotos.com

#13. Jika harus memilih, kamu cenderung lebih suka hujan dan cuaca dingin. Dengan demikian, kamu seperti “didukung” untuk tetap berada di dalam rumah atau kamar. Suasananya juga cocok dijadikan waktu untuk membaca, merenung, menulis, membuat lukisan, dll.

#14. Ngopi bersama kawan-kawan, bagimu, sangat menyenangkan. Namun kamu juga lebih menikmati momen ketika ngopi sendirian. Paling ditemani buku bacaan atau hewan peliharaan.

#15. Jalan-jalan atau traveling solo ke tempat asing itu selalu membuatmu semangat dan antusias. Tidak ada yang merecoki petamu, rencanamu, destinasimu, pilihan kulinermu, dsb. Kamu bebas lepas.

Baca Juga :  Ketika Introvert Melakukan Solo Traveling, Apa Enaknya dan Ke Mana Destinasinya?

#16. Seringkali kamu menerjemahkan, ‘bahagia itu adalah … ketika rencana yang berhubungan dengan banyak orang tidak jadi dilaksanakan’.

#17. Seringkali kamu merasa “bersalah tapi tidak bersalah” ketika orang rumah sedang ke luar atau belum pulang, sebab waktu dan tempat seakan jadi milikmu seutuhnya.

Situasi-situasi di atas mungkin cenderung aneh bagi orang-orang yang aktif bergerak dan gencar bersosialisasi. Namun bagi orang-orang introvert, waktu menyendiri penting dialokasikan demi keseimbangan, kesehatan dan kewarasan. Mohon saling memaklumi, ya. 17 Situasi Ini Hanya Bisa Dimengerti Oleh Orang-Orang yang Suka Menyendiri. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.