Home » et cetera (etc.) » Artis Korea atau KPOP » 19 Kata atau Istilah yang Paling Sensitif untuk Para Fans KPOP

19 Kata atau Istilah yang Paling Sensitif untuk Para Fans KPOP

istilah kpop, istilah korea, istilah korea yang paling sensitif bagi fans, kata kata kpop, kamus istilah korea, istilah korea dan artinya, istilah korea dan maknanya

Via: aminoapps.com

Jika bukan fans Kpop atau baru saja tahu Kpop, kemungkinan besar kamu akan kebingungan dengan beberapa istilah yang kerap terlontar. Tetapi jika kamu menjadi fans Kpop musiman sepertiku, setidaknya istilah-istilah itu sudah lumayan familier. Beda lagi kalau kamu adalah fans sejati, semua istilah Kpop pasti tak perlu di-googling lagi.

Kalau membahas kata, istilah, atau ungkapan yang ada di dunia Kpop tentu sangat banyak, ya. Kali ini daku akan mengangkat beberapa saja yang paling sensitif. Intinya, kalau muncul istilah-istilah ini, fans akan ‘terpelatuq’. Hehe… istilah apa saja, sih? Jom!

  1. Dating/ In Relationship/ Pacaran
arti dating, arti in relationship

Via: soompi.com

Agensi para idols bisa saja menerapkan aturan ketat untuk tidak berpacaran. Namun hal itu tak bisa menahan mereka untuk tetap dekat dan menjalin hubungan. Dan, bam! Mata fans terbelalak begitu membaca judul media yang menyatakan Si A pacaran sama Si B. Apalagi ketika manajemen mereka pun sampai angkat bicara dan mengkonfirmasi hubungan itu.

Kamu sadar kalau idol juga manusia biasa yang punya rasa. Tetapi di saat yang sama, kamu tak bisa menampik perasaan sakit dan terkhianati begitu saja. Ya, fans biasanya memiliki jiwa posesif tersendiri terhadap idolanya. Kalau mereka pacaran, kamu merasa seolah-olah sudah ‘diduakan’. Duh!

  1. Married/ Marriage/ Menikah/ Pernikahan
sungmin menikah, istri sungmin, pernikahan sungmin, kim sa eun

Via: soompi.com

Idol pacaran atau selfie intim dengan seseorang saja bisa bikin fans gerah hati, apalagi kalau mereka menikah. Pupuslah harapan dan imajinasi fans. Karena itu, banyak idol yang menikah di usia senja.

Mereka seperti sengaja menepi dulu dari ingar bingar dunia hiburan. Barulah setelah perhatian fans teralihkan pada para idol baru, mereka pun mulai terbuka atas hubungan pribadinya, dan merasa lebih nyaman untuk menyampaikan kabar pernikahannya.  Bagaimana pun, mereka juga seakan perlu ‘menghormati’ perasaan fans.

  1. Scandal
skandal top kpop, skandal top bigbang, top bigbang scandal, drug scandal kpop

Via: Koreaboo.com

Warganet pasti langsung heboh kalau ada artis Korea yang terlibat skandal. Entah itu mabuk ketika berkendara, dituding melakukan pelecehan, terlibat dalam pemakaian atau pengedaran narkoba, dsb. Satu istilah ini saja bisa membuat publik terpolarisasi. Ada yang menghujankan kritikan atau makian, ada juga yang terus memberikan dukungan.

  1. Dispatch
dispatch korea, media korea dispatch, dispatch korea adalah, dispatch adalah

Via: koreadispatch.com

Yang satu ini adalah nama media Korea. Bedanya, Dispatch sangat berani dan blak-blakan membongkar rahasia para idol, khususnya yang sudah ‘punya nama’. Mereka tak segan-segan mempublikasikan poto para idola yang sedang kencan, atau momen lain yang biasanya disembunyikan.

  1. Disband/ Bubar, Disbandment/ Pembubaran
2ne1 bubar, 2ne1 disband, disband korea adalah

Via: inquisitr.com

Satu kata ini bisa meluluhlantakkan fans setia boyband, girlband, atau duo yang disband. Kata ini juga bisa membangkitkan nyinyiran para anti fans alias haters. Jadi ada yang sangat berduka, ada juga yang malah jahat menertawakan.

Baca Juga :  5 Vokalis Grup KPop Terbaik dan Pendapat Pakar Musik

Yang pasti, momen bubarnya sebuah grup Kpop itu menyedihkan. Lebih lagi kalau mereka sudah berkecimpung cukup lama, bonding-nya tampak erat,  dan meninggalkan banyak karya yang berkesan di hati para fansnya. Butuh waktu juga untuk move on dari situasi ini.

  1. Contract/ Renew/ Renewal
kontrak artis korea, renew contract, renewal contract kpop

Via: allkpop.com

Fans tahu betul kapan idolanya menandatangani kontrak, dan kapan kontrak itu berakhir. Dalam hal ini, mereka bisa jadi ingin agar idolanya bertahan di agensi tertentu, apalagi kalau yang berbentuk boyband, girlband, atau duo. Kalau kontraknya diperpanjang, artinya masa depan grup musik pun terjamin. Kecil kemungkinan ada member yang ke luar, dikeluarkan, atau terjadi pembubaran grup.

Beda lagi kalau ada yang sampai tidak memperpanjang kontraknya. Hal itu menandakan adanya konflik serius yang terjadi. Namun ada juga fans yang mendorong agar pujaannya pindah agensi saja.

  1. Debut/ Debuting
Cha Yoon Ji, debut penyanyi solo korea wanita terbaru, penyanyi solo wanita I, I Cha Yoon Ji

Via: allkpop.com

Ada yang debut berarti ada boyband, girlband, duo, atau penyanyi solo baru yang siap menghiasi blantika musik Kpop. Fans sendiri mulai siaga dan menganalisa apakah pendatang baru itu layak diapresiasi lebih. Momen debut ini bahkan sering menggoyahkan kesetiaan fans terhadap idol lamanya.

Fans sejati pasti akan ingat kapan idolanya debut.  VIP tahu kapan Bigbang mulai berkarya. ARMY tahu kapan BTS mulai berkarya. ONCE tahu kapan Twice mulai berkarya. TYSONE tahu kapan Kim Taeyeon menelurkan album debut solonya. Dsb. Bagaimana pun, waktu debut menjadi suatu momen yang bersejarah.

  1. Comeback
kpop comeback, comeback adalah, comeback korea adalah

Via: sbs.com.au

Penggemar pasti sumringah dengan kabar comeback. Sesuai artinya, ‘comeback’ menjadi momen di mana idol kembali dari masa hiatus atau masa vakumnya. Ketika ada wacananya saja, fans bisa begitu antusias, apalagi kalau sang idola sudah terlalu lama tidak berkarya. Fans juga bisa senyum-senyum sendiri ketika para idols tampak mengubah penampilannya.

Baca Juga :  Review Lagu Make Me Love You – Kim Taeyeon

Yang paling kentara bisa dilihat dari style atau warna rambutnya. Kalau sudah terlihat tampil beda, aroma comeback pun semakin kuat saja. Karena itu, fans akan terus update kabar. Entah itu mengenai waktu comeback-nya, poto teaser-nya, video teaser-nya, konsepnya, judul mini album atau full albumnya, daftar lagu barunya, first single-nya, dll.

  1. Sajaegi
sajaegi adalah, apa itu sajaegi, sajaegi dalam industri musik kpop

via: Allkpop.com

Istilah yang satu ini sangat sensitif dan memiliki citera negatif. Bagaimana pun, sajaegi menjadi praktik manipulasi chart musik. Jadi ada oknum tertentu yang sengaja memborong album, atau membuat banyak akun palsu untuk melakukan streaming.

Dengan cara demikian, penyanyi atau grup bisa tiba-tiba melejit dan karyanya bertengger di posisi atas. Tak heran kalau ‘idol instan’ kerap menjadi target para warganet. Mereka menuding kalau seleb Kpop itu melakukan praktik sajaegi.

  1. Plagiarism/ Plagiat/ Penjiplakan/ Copy/ Ikut-ikutan
plagiat kpop, kpop plagiarism, kpop copy

Via: https://www.youtube.com/watch?v=4JrOnnst1X4

Plagiarisme dalam karya memang jadi perkara besar , penting, nan serius. Masalahnya, fenomena ini berkaitan erat dengan hak cipta. Karya yang populer dan laris manis bisa sangat ternoda apabila diterpa isu plagiat, lebih lagi kalau isu tersebut disertai bukti yang kuat dan absah. Idol bisa terancam kehilangan kepercayaan. Penjiplakan sendiri bisa dialamatkan karena adanya kesamaan atau kemiripan kostum, konsep, nada, video klip, isi lirik, dsb.

  1. Sasaeng
sasaeng, sasaeng fans, sasaeng adalah, sasaeng korea adalah

Via: blog.kpopchart.net

Singkatnya, sasaeng adalah fans yang terlalu terobsesi. Mereka bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan perhatian idola, atau untuk mengetahui sisi terdalam pujaannya. Ada yang sampai stalking tempat tinggal idola, tidur di depan pintu gerbang dorm atau asrama idola, nge-hack akun medsos idola, membuntuti ke mana pun idola pergi, dan melakukan aksi lain yang terlalu menerobos privasi, sehingga idolanya sendiri merasa terganggu dan takut.

Ulah mereka kadang berimbas pada penggemar lainnya. Pihak manajemen bisa jadi menambah personil bodyguard-nya, melarang fans untuk mengirim paket atau surat, mempersulit keinginan fans untuk poto bareng atau meminta tanda tangan, dsb.

  1. Military Service/ Wajib Militer
wamil kpop, wajib militer adalah, artis kpop wajib militer

Via: Hellokpop.com

Oppa yang sudah memenuhi syarat memang harus melaksanakan wamil alias wajib militer. Kewajiban Korsel ini ‘memaksa’ mereka harus berpisah dengan gemerlapnya dunia hiburan selama 2 sampai 2,5 tahunan. Mereka harus fokus. Fans pun pasti terkena dampaknya. Apa lagi kalau bukan kangen berat?

  1. Ideal type
ideal type adalah, kpop ideal type

Via: Soompi.com

Kalau ada judul berita tentang ideal type atau tipe idealnya para idola, fans pasti tak mau ketinggalan. Mereka sangat kepo akan kategori atau kriteria yang disukai idola favoritnya. Bagi mereka, info ini sangat penting.

  1. Role Model
role model, role models, role model kpop, role model rookie korea

Via: koreaboo.com

Penggemar akan memasang telinga ketika idola ditanya soal role model atau sosok yang menjadi panutannya. Mereka kerap penasaran, siapa figur berpengaruh di balik sepak terjang idolanya sendiri. Kalau kebetulan role model-nya adalah idolanya juga, penggemar pasti langsung ceria.

  1. All-Kill
all kill adalah, apa itu all kill, all kill kpop adalah, arti all kill, makna all kill

Via: sbs.com.au

Fenomena keren yang satu ini pasti menyita banyak pihak. All-Kill sendiri terjadi kalau lagu atau album idol bertengger di puncak tangga lagu Korea ternama. Sebut saja MelOn, Mnet, Genie, Bugs, dan Soribada.

  1. Triple crown
triple crowns, triple crowns kpop, triple crowns adalah, arti triple crowns

Via: allkpop.com

Selain All-Kill, istilah ini juga menunjukkan prestasi dan popularits idol beserta karyanya. Dengan mendapatkan triple-crown, berarti karya itu sukses menjadi ranking #1 di tiga acara musik terkemuka Korea. Acara itu tak lain adalah Music Bank, MCountdown, dan Inkigayo. Kalau ada yang berhasil merebut gelar ini, biasanya mereka tak lagi dipandang sebagai rookie, junior, atau newbie lagi. Posisi mereka seakan langsung sejajar dengan para seniornya.

  1. The Daesang Award
daesang, daesang adalah, exo daesang, exo menang daesang, arti daesang

Via: Allkpop.com

Salah-satu impian mayoritas idols pasti ingin menggenggam penghargaan Daesang. Bagaimana pun, Daesang menjadi pencapaian tertinggi bagi seorang penyanyi atau grup musisi. Daesang memang fokus pada pencapaian karya yang terjual, baik itu digital atau fisik. Daesang ini biasa dianugerahkan dalam ajang Seoul Music Awards dan Golden Disk Awards.

  1. Gayo
gayo, gayo adalah, gayo kpop, arti gayo

Via: Soompi.com

Tiga perusahaan broadcasting atau penyiaran Korea, KBS-SBS-MBC, akan mengadakan acara khusus akhir tahun yang sama-sama menggunakan istilah Gayo. Ada KBS Gayo Daechukje, SBS Gayo Daejun, dan ada juga MBC Gayo Daejejun. Acara ini biasanya mengundang antuasiasme penggemar. Setiap pertunjukan kerap menyajikan performa yang spesial. Misalnya dengan menghadirkan kolaborasi yang tidak disangka-sangka atau yang langka.

  1. KCON
kcon, kcon adalah, kcon 2017, kcon 2017 australia

Via: koreaboo.com

Acara tahunan ini sangat menjungjung konvensi musik dan budaya khusus Korea yang digelar di luar negeri Korea, dan biasanya diadakan tiap summer atau musim panas. Begitu ada agenda KCON, maka para idols akan berbondong-bondong terbang dari Seoul ke tempat acara. Berbagai kegiatan menarik pun digelar, dan tentu fans sangat menanti-nanti momen ini.

Baca Juga :  Artis Korea atau Kpop yang Mendirikan Agensi Sendiri, Khusus untuk Satu Idol Saja!

Hmm… sepertinya masih banyak kata atau istilah sensitif lain yang terlewat, ya. 19 Kata atau Istilah yang Paling Sensitif untuk Para Fans KPOP. #RD

error: