2 Makna Kesepian Versi Orang Introvert

0
SHARE
sepi sendiri, kesepian di tengah keramaian, orang introvert, kelebihan orang introvert, kelemahan orang introvert, makna kesepian versi orang introvert, introvert kesepian
Cr image: Nicole Xu via economist.com

Introvert merasa kesepian? Kok bisa? Bukankah introvert dan rasa sepi itu memang akrab? Lagipula, introvert sendiri ‘kan senang menyendiri?

Hmm … syarat utama kesepian sepertinya bukanlah kesendirian.

Seseorang bahkan masih bisa merasa kesepian di tengah keramaian, bukan?

Seseorang bahkan masih bisa merasa kesepian di tengah ingar-bingar, bukan?

Dulu saya pernah membaca artikel, di mana seorang penyanyi Kpop – yang fansnya banyak dan pengikut media sosialnya melimpah – juga masih merasa kesepian.

Sebaliknya, menyendiri tidak selalu berarti merasa sepi. Kebanyakan orang introvert malah betah menikmati waktu sendiri.

Bisa dibilang, merasa nyaman dengan kesendirian justru bisa bikin kamu ketagihan. Sebab kamu tidak lagi menggantungkan keadaan dan rasa bahagiamu pada seseorang.

Kesepian sendiri merupakan kondisi lumrah yang dirasakan oleh setiap orang. Entah itu introvert atau ekstrovert. Hanya saja, orang introvert memiliki makna sepi versi sendiri.

1Sepi Karena Butuh Koneksi Sejati

Image via: onlymyhealth.com

Orang lain mungkin merasa sepi, sebab dia hanya sendirian dan suasananya hening. Sehingga dia ingin ada yang menemani. Semakin banyak; semakin seru dan ramai.

Beda lagi dengan introvert. Jumlah tidak jadi soal. Mau sendirian atau bersama satu individu saja sudah oke, asal kesendirian dan teman tersebut memiliki hubungan atau koneksi yang nyaman.

Seekor kucing, sebuah buku, daftar lagu, atau sesosok manusia kadang sudah cukup membuat introvert merasa bahagia, bersyukur, dan terhibur. Bahkan di saat-saat tertentu, keheningan atau kesunyian pun bisa jadi kondisi yang nyaman.

Sebaliknya, meski introvert berada di tengah kerumunan, tetap saja rasanya sepi jika tidak ‘connect’ satu sama lain.

2Sepi Karena Butuh Sosok yang Memahami

Image via: sixtyandme.com

Salah-satu kelemahan introvert adalah sulit untuk terbuka atau mengekspresikan diri. Keadaan ini diperparah dengan keinginan seorang introvert untuk dimengerti dan dipahami tanpa harus menjelaskan panjang lebar. Nah, cukup membingungkan, ya?

Baca Juga :  3 Catatan Tentang Berkenalan dan Berteman Ala Orang Introvert

Di tengah kelompok orang-orang, bisa saja seorang introvert merasa sepi dan terasingkan. Sebab dia merasa tidak ada satu pun yang memahami keadaannya. Sehingga introvert akan cenderung diam atau menghindar.

Jadi, kondisi sepi versi introvert bukan karena butuh lebih banyak orang. Melainkan butuh koneksi dan pemahaman yang lebih dalam. 2 Makna Kesepian Versi Orang Introvert. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.