20 Fakta Unik dan Menarik Seputar Labu

20 Fakta Unik dan Menarik Seputar Labu

labu, buah labu, sayur labu, labu in english, manfaat labu, khasiat labu, labu dan halloween, fakta tentang buah labu, fakta unik dan menarik labu
Via: Wallpapercave.com

Labu menjadi salah-satu buah yang selalu mendadak tenar ketika akhir Oktober tiba. Halloween, katanya mah. Well, sebenarnya keadaan di sekitar rumah dan di pasar terdekat, kondisi labu masih begitu-begitu saja. Tak ada yang aneh. Orang juga tetap memanfaatkannya untuk dibikin kolak, campuran bolu, dan aneka makanan lain.

Tetapi di media sosial atau di beberapa area tertentu, penampilan labu agak lain. Buah kuning tersebut diukir menyerupai wajah. Ada mata, hidung, dan bibirnya. Bahkan di dalamnya menyala laksana lentera. Orang-orang juga menamainya sebagai Jack O’Lantern.

Kenapa, ya? Kenapa Halloween identik dengan labu? Labu itu buah horror atau bagaimana, sih?

Jadi pengin lebih tahu banyak tentang labu, euy! 😀 Jom!

buah labu, pertanian buah labu, panen buah labu, labu buah kuning
Via: pumpkin.biz.ua

#1. Karena memiliki biji, labu dikategorikan sebagai buah. Tapi kalau sudah memasuki dunia masak, labu kerap dimasukkan ke dalam squad sayuran.

#2. Labu itu buah yang terlihat kuat dari luar, tapi ternyata rapuh dari dalam. Begitu dia terluka (teriris atau tergores), organisme lain akan cepat-cepat menggerogotinya.

#3. Dulu (tahun 1584-an) seorang petualang bernama Jacques Cartier menemukan buah yang ia sebut sebagai “melon besar”. Bahasa Yunaninya “pepon”. Kalau diterjemahkan ke Bahasa Inggris menjadi “pompions”. Tetapi kosa-kata itu kemudian berubah menjadi “pumpkin”, alias labu dalam Bahasa Indonesia.

#4. Berat rata-rata buah ini antara 5-10 kg.

#5. Banyak yang percaya kalau labu bisa menghilangkan bintik-bintik dan membantu menyembuhkan luka akibat gigitan ular.

pertanian buah labu, panen buah labu, labu buah kuning, berpoto di dekat buah labu, pumpkin photography, fotografi buah labu
Via: Pinterest Fail

#6. Labu mengandung serat, Vitamin A, pottasium, dan zat besi yang cukup banyak.

#7. Dulu orang-orang Amerika asli memanfaatkan biji labu sebagai obat, makanan, bahkan tikar. Sekarang pun bijinya masih digunakan sebagai makanan ringan.

Baca Juga :  Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya (Bagian 18)

#8. Biji labu dipercaya bisa mencegah kanker prostat.

#9. Labu bisa diolah sebagai makanan dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Entah dijadikan sebagai sup atau kolak, pie, dan juga bolu atau roti.

#10. Tak hanya buah dan bijinya, bunga labu pun bisa dimakan.

buah labu, labu buah kuning, berpoto di dekat buah labu, pumpkin photography, fotografi buah labu, makanan dari buah labu, resep masak buah labu manis, food photography pumpkin
Via: Vinoge.com

#11. Labu mengandung 90% air. Tak ayal kalau buah ini rendah kalori.

#12. Jika diperkirakan, satu buah labu bisa memiliki sekitar 500 biji.

#13. Labu itu mudah dicari, sebab habitatnya ada di seluruh dunia, kecuali di benua Antartika.

#14. Labu termasuk dalam keluarga Cucurbita, “gourd”, atau kundur (labu manis). Anggota-anggota lainnya seperti semangka, timun, blewah, dsb.

#15. Labu memiliki lebih dari 45 varietas. Warnanya pun beragam. Bisa kuning, oranye, merah, atau hijau.

buah labu dan halloween, buah labu identik dengan halloween, cara membuat labu halloween, asal usul halloween menurut islam, 10 makhluk menyeramkan di hari halloween, sejarah halloween menurut islam, jenis labu halloween
Via: WallpaperSafari

#16. Seni ukir labu berasal dari kawasan Irlandia. Dulu mereka gemar mengukir kentang dan lobak. Hanya saja ketika melakukan imigrasi ke Amerika, mereka mengubah medianya menjadi labu. Hal tersebut dikarenakan labu memang mudah ditemukan.

#17. Buah labu merupakan simbol “panen”, sehingga kerap jadi ikon juga dalam acara “Thanksgiving” juga. Biasanya buah ini dihadirkan dalam bentuk makanan, seperti pumpkin pie atau pie labu.

#18. Di Amerika sana (khususnya daerah illinois, California, Ohio, dll), labu mulai ditanam pada Mei-Juni. Petani kemudian memanennya pada September-Oktober. Sesuai dengan momen Halloween.

#19. Labu yang dipakai untuk Halloween biasanya berukuran 5-12,5 kg.

#20. Hubungan labu dengan Halloween adalah… mendongeng dulu, ya.

Tepat di Irlandia sana, ada cerita rakyat yang bertajuk “Si Jack”. Dia digambarkan sebagai seorang petani yang cerdik, tapi pemalas. Suatu hari ia berhasil mengurung iblis. Mereka kemudian membuat deal atau perjanjian. Entah pake materai atau enggak. 😀 Katanya Jack bakal melepas iblis itu, asalkan dia tidak membawa serta roh Jack ke neraka sana. Lalu Jack yang hanya manusia biasa pun menemui ajalnya.

Baca Juga :  Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya (Bagian 9)

Rencana roh Jack memang akan dibawa ke neraka, sebab rupanya dia bersifat kikir dan kerap berulah semasa hidupnya. Iblis yang sudah terikat perjanjian pun memenuhi janjinya. Dia menghalang-halangi upaya tersebut. Orang-orang percaya kalau roh Jack itu galau, menggantung entah di mana.

Jack sendiri dikabarkan keliling dunia demi menempati spot terbaik untuk beristirahat dengan tenang. Untuk menakut-nakutinya, masyarakat kemudian membuat lentera yang berasal dari ukiran lobak, lengkap dengan wajah yang mengerikan. Ukiran yang identik dengan iblis itu kemudian diganti dengan labu, buah yang memang lebih murah-meriah… cerita ini kemungkinan bisa berbeda, ya.

Wah… senangnya belajar tentang buah serba-guna ini. ^_^ Demikian, 20 Fakta Unik dan Menarik Seputar Labu. #RD

~~~

Referensinya cukup banyak. Ada pumpkin-patch, sparefoot.com, todaysparent.com, goodhousekeeping.com, dsb.

You May Also Like

2 Comments

Comments are closed.