20 Ilustrasi yang Menggambarkan Manusia dan Hewan Kalau Bertukar Peran

20 Ilustrasi yang Menggambarkan Manusia dan Hewan Kalau Bertukar Peran

18

Selain penyayang anak-anak, daku juga selalu kagum terhadap mereka yang mengasihi hewan atau tumbuhan. Rasanya ada nilai plus tersendiri. Jadi sekalipun ada orang yang tampangnya sangar ala pembegal, namun ketika ia memperlakukan kucing dengan gentle, daku akan percaya kalau dirinya memiliki sisi yang lemah-lembut.

Bagi para pecinta hewan, hati mereka akan ikut hancur tatkala melihat penderitaan makhluk yang katanya tak berakal tersebut. Para aktivis tak segan-segan menangis ketika melihat binatang-binatang dikuliti untuk dijadikan outfit manusia, bagian-bagian tubuhnya dijadikan aksesoris, menjadi korban tabrak lari, “dimutilasi”, atau pun dikonsumsi. Hati mereka begitu tak tega.

Daku juga sering tercenung dengan pola pikir para vegan. Mereka merasa tak sampai hati untuk memakan daging-daging para hewan. Terbayang ketika binatang tersebut meronta, disembelih, dipotong-potong, direbus, dimasak, sampai kemudian dikunyah dengan lahap.

Daku bukan pegiat perlindungan hewan yang taat, bukan juga seseorang yang makan ala vegetarian. Namun paling tidak, isi pikiran mereka bisa kita rasakan juga, ya. Dan kebetulan sekali, daku menemukan beberapa ilustrasi yang sangat menyindir keadaan ini.

20 ilustrasi di bawah ini menggambarkan bagaimana jadinya kalau kita bertukar peran dengan hewan. Nah, sebetulnya koleksi ilustrasi yang daku temukan cukup banyak, namun beberapa diantaranya musti dieliminasi karena beberapa pertimbangan. Dan sayang juga, daku tak mengetahui semua seniman atau ilustrator yang menciptakannya. Huft!

Hhh… baiklah, jom!

Lumba-lumba Ngajak Selfie Sama Manusia

1

~

OMG! Manusia Jadi Bahan Buat Syal.

10

~

Udang-udang Merebus Manusia

14

~

Singa Berpose Bangga Atas Hasil Buruannya

4

~

Burung Mengira Jeritan Manusia adalah Nyanyiannya

18

~

Akhir Dari Perburuan Para Rusa; Pesta

8

~

Tikus dan Kelinci Sedang Melakukan “Manusia Percobaan”

6

~

Lalat Merasa Jijik Ketika Ada Manusia yang Hinggap Bahkan “Berenang” Dalam Makanannya

20

~

Bagi Hewan, Fashionable itu… Kulit Manusia

11

~

Terkurung dan Jadi Bahan Tontonan di Kebun Manusia

9

~

Pemberontakan Hasil Eksperimen

7

~

Manusia Jadi Menu-Menu Pilihan di Warung Makan

13

~

Ketika Hujan… Tuannya Merasa Hangat, Bisa Ngopi dan Nyantai di Dalam

16

~

Hiiiy…! Jadi Umpan Buat Ikan!

19

   ~

Bagian-Bagian Tubuh Manusia untuk Menu Masak Hari Ini

12

~

Hasil Buruan Dijadikan Karpet atau Pajangan

5

~

Sesudah Latihan Sampai Mampus, Saatnya Manusia Bermain di Pentas Sirkus

17

 ~

Di Tempat Jagal Hewan

15

  ~

Kalau Mood Majikan Sedang Stabil

3

~~~

Memang, kita diciptakan sesuai dengan kodrat. Manusia dan hewan memiliki posisi dan peranannya sendiri. Sudah nasibnya ayam, kambing, kerbau, sapi, dll untuk disembelih dan dikonsumsi. Itu pun musti dengan prosedur yang sesuai ajaran agama. Agar sama-sama ridho, begitu.

Sementara untuk kejahatan terhadap binatang, kita masih bisa buka suara untuk menentangnya. Entah itu perburuan ilegal, menggunakan hewan untuk kepentingan manusia yang tak primer, ataupun aksi eksploitasi demi menggondol materi. Hal-hal semacam itu seyogyanya terus diperangi.

Nah, ada rasa “ngeri” juga ya ketika memerhatikan ilustrasi-ilustrasi di atas. Rasanya begitu miris. Tak berlebihan kalau kita merasa ikut tersayat. Kita juga jadi diingatkan akan perlakuan manusia terhadap mereka. Ya ampun…

Namun kita tak bisa minta maaf. Kalau pun mau, kita bisa memulai dengan memperlakukan mereka sebaik mungkin. Pandang mereka sebagai makhluk yang sama-sama diciptakan oleh satu Pencipta. 20 Ilustrasi yang Menggambarkan Saat-saat Manusia dan Hewan Bertukar Tempat. #RD

 

You May Also Like

2 Comments

  1. jadi inget lagunya Omnia “I Don’t Speak Human”
    bumi dan binatang yang menggugat manusia, suka baper kalo dengerin lagu itu

Comments are closed.

error: