11 Hal Tentang Cinta Di Mata Orang Introvert

Posted on
introvert cinta, introvert jatuh cinta, laki laki introvert, perempuan introvert jatuh cinta, bahasa tubuh pria introvert jatuh cinta, sifat wanita introvert
Image via: journal.thriveglobal.com

Introvert pun manusia biasa. Introvert bisa berbuat khilaf, lupa, jatuh cinta, dan ingin dicintai juga.

Namun khusus orang introvert, momen jatuh cinta dan dicintai itu cukup unik. Di satu sisi, kita senang bisa dekat, saling memahami, saling mengisi dan saling menerima dengan pasangan. Di sisi lain, ada sesuatu yang selalu bikin khawatir.

Bagaimana kalau partner tidak memahami kepribadian kita? Bagaimana kalau waktu me time jadi terganggu? Bagaimana kalau dia terlalu berisik dan annoying? Serta masih banyak lagi bagaimana bagaimana yang lainnya.

Namun, berikut ini pandangan umum orang introvert tentang cinta. Jom!

perempuan introvert jatuh cinta, wanita introvert adalah, sifat wanita introvert, cara menaklukan wanita introvert, menghadapi wanita introvert, laki laki introvert
Image via: journal.thriveglobal.com
  1. Cinta itu Sederhana Saja

Kita tidak memimpikan kencan yang heboh dan menarik perhatian publik, apalagi sampai menyatakan cinta di depan teman-teman atau di pusat perbelanjaan. Kita juga cenderung tidak sering update selfie berdua, melakukan shoutout, mention, atau tag sana-sini. Tidak perlu demikian.

Kita sudah sangat senang kalau bisa menikmati ‘quiet time’ bersama pasangan. Kita  membaca dan dia main game, menonton film pilihan berdua, atau sekadar mengobrol saja.

  1. Kunci Bagi Gembok Hati

Kita adalah pribadi yang biasanya sulit terbuka, kecuali pada orang-orang yang benar-benar dipercaya, disayang, dan dipedulikan. Diri kita seperti digembok. Tak sembarang orang bisa memegang kunci dan membukanya sesuka hati. Karena itu, bagi kita, pasangan pilihan adalah sosok spesial yang berhak memiliki kunci itu.

Kita sadar. Ketika membiarkan seseorang masuk ke hati, orang itu boleh jadi memecahkan sesuatu di dalamnya. Kita berpeluang untuk sakit dan kecewa. Tapi kita bersedia mengambil risiko itu semua.

Baca Juga: 6 Tanda Sederhana Ketika Seorang Introvert Sudah Sayang, Peduli, dan Percaya Pada Kita

  1. Cenderung Mudah Jatuh Cinta pada Ekstrovert

Ketika memerhatikan orang ekstrovert, kita seringkali kagum sekaligus iri. Kok bisa ya mereka itu supel, mudah bergaul, pandai basa-basi, bisa menjaga obrolan tetap cair, enggak bisa diam, dan seperti terus berenergi gitu? Kata orang sih ‘opposites do attract’, yang saling berbeda itu biasanya menarik.

Di satu sisi, kita merasa bersyukur memiliki pasangan ekstrovert. Soalnya dia akan menjadi semacam penyeimbang. Namun di sisi lain, ada kekhawatiran tersendiri kalau dia akan mudah bosan, sulit memahami, atau merasa aneh dengan kecenderungan introvert. Di awal-awal kenal juga biasanya perlu waktu tersendiri untuk saling memahami kepribadian masing-masing.

introvert jatuh cinta, laki laki introvert, wanita introvert adalah, perempuan introvert jatuh cinta, sifat wanita introvert, bahasa tubuh pria introvert jatuh cinta, cara mendekati wanita introvert
Image via: davidwolfe.com
  1. Introvert Bisa Keluar Dari Zona Nyaman

Demi orang-orang terkasih, kita bisa menjadi ‘ekstrovert sementara’, bahkan lebih gokil dan fun. Sesekali kita bersedia menjelajah ke luar rumah, mengunjungi teman atau saudara, pergi ke acara pesta bersama, dsb. Meski mudah lelah, kita akan senang karena sudah mampu ‘berkorban dan membuktikan sayang’ demi dia.

  1. Butuh Waktu Sebelum Memutuskan atau Berdebat

Jangan mengharapkan jawaban secepat kilat untuk semua pertanyaan, khususnya pada introvert. Kita memerlukan masa untuk berpikir jernih, merangkai kata, atau menyiapkan materi. Apalagi kalau topiknya tidak ringan. Ada rasa tidak tenang tersendiri ketika harus memutuskan atau terlibat dalam argumen secara spontan.

Rasanya perlu proses ketika ada yang tiba-tiba bertanya ‘pilih daku atau kariermu?’, ‘bulan depan daku lamar ya?’, ‘wiken kali ini main ke taman ok?’, atau ‘patungan modal buat bikin usaha yuk?’.

  1. Sudah Biasa dengan Kesalahpahaman

Bagi yang mulai menjalin hubungan spesial dengan introvert, pasti ada momen di mana kamu merasa tersisihkan. Tak ada kabar, tak ada update sedang di mana, tak ada chat iseng, dsb. Selalu harus kamu yang memulai. Kadang ada prasangka kalau introvert yang kamu sukai itu tidak serius, egois, dan hanya sibuk dengan dunianya saja.

Kita seakan sudah biasa dengan ‘tudingan’ itu. Memang butuh waktu untuk lebih cair dan terbuka. Kadang kita juga perlu menepi dan menyendiri sementara. Banyak hal yang dipikirkan atau dipertimbangkan. Bukan berarti kita main-main. Hanya saja semuanya masih dalam proses.

  1. “Haus” Dimengerti/ Dipahami

Bisa dibilang, introvert itu cukup kompleks atau rumit. Kita cenderung over-thinking, tidak mudah membuka diri, terkesan plin-plan karena banyak pertimbangan, ingin menyampaikan sesuatu tapi seringkali malah terus memendamnya, sering mendambakan momen me time, dsb. Orang-orang yang tidak paham tentu akan memandang dengan aneh dan merasa capek.

Baca Juga: 10 Hal Asyik Kalau Bersahabat dengan Orang yang Blak-Blakan

Karena itu, kita sangat menghargai siapa pun yang bisa memahami. Kamu sangat membantu. Ketika kita diam saja atau tidak ngechat, kamu berinisiatif blak-blakan atau menghubungi duluan. Ketika kita berlagak kikuk seolah ada yang ingin disampaikan, kamu peka dan langsung bertanya. Ketika kita tengah nyaman membaca atau menulis, kamu tidak mengganggu atau memaksa untuk ke luar.

pasangan introvert dan introvert, pasangan introvert dan ekstrovert, pasangan sesama introvert, introvert pacaran, istri introvert, kekasih introvert
Image via: biohazardcoffee.com
  1. Sangat Menghargai Sosok yang Bisa Menyimak

Introvert dikenal sebagai pendengar yang baik. Kalau ucapan kita disimak dengan baik juga, rasanya pasti bahagia. Kita merasa diperhatikan dan betul-betul disayang.

Jarang-jarang ada orang introvert yang curhat. Kalau ada yang dipercaya untuk mendengarkan curahan hati kita, orang itu pasti istimewa.

  1. Senang Seru-seruan

Ketika sudah saling percaya, kita bisa menunjukkan sisi-sisi lain dengan nyamannya. Citera di mata orang lain/ orang asing mungkin tenang, kalem, pendiam, dan pemalu. Tetapi semua itu bisa luruh kalau sudah akrab, apalagi menjadi pasangan yang sering menikmati kebersamaan. Kita juga senang bercanda, terbahak, ngerjain, dll.

  1. Ikut Bahagia Kalau Tahu Dia Bahagia (Bersama Kita)

Kita yang sudah tahu dan menerima kepribadian introvert tidak ingin berubah menjadi orang lain. Namun kita selalu berharap, dengan menjadi diri sendiri saja, pasangan sudah bisa bahagia. Kalau ingin protes atau menyatakan rasa tidak bahagia, sebaiknya sampaikan saja.

Introvert memang dikaitkan sebagai sosok yang lihai mengobservasi. Tetapi tetap saja kita pun butuh keterbukaan. Sebaiknya tetap saling dikomunikasikan agar hubungannya tetap seimbang. Kita pun akan terus belajar untuk lebih terbuka dan memahami keadaan.

  1. Tidak Main-Main

Biasanya, ya, mayoritas introvert itu setia dan suportif. Kita ‘total bersahabat’ dengan segelintir orang, ketimbang menebar pesona dengan miliaran yang ada di luar. Kita juga bisa total menjalin hubungan dengan satu orang, ketimbang saling gombal dengan beberapa ‘cadangan’.

Kalau sudah membuka lebar-lebar pintu hati pada seseorang, maka orang itu adalah sosok pilihan yang sangat spesial. Mohon jangan disia-siakan. Demikian, 11 Hal Tentang Cinta Di Mata Orang Introvert. #RD

One thought on “11 Hal Tentang Cinta Di Mata Orang Introvert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.