Kamu Tidak Bisa Mempercepat Proses Pemulihan Hati, ‘kan?

Posted on
sakit hati, motivasi saat patah hati, cowok patah hati, patah hati dalam islam, cara bangkit dari rasa sakit hati, sikap wanita saat patah hati, cerita motivasi patah hati
Image via: kb4images.com

Sakit hati agak berbeda dengan sakit biasa. Waktu penyembuhannya tak bisa tergesa-gesa. Tak bisa dipaksa untuk segera reda.

Kamu hampir tidak mungkin mendapat masalah, lalu pagi harinya langsung melupakan orang-orang atau kejadian yang sudah membebanimu. Tak apa merasa sedih dan kecewa. Kamu hanya manusia.

Akan ada masanya bagimu untuk mengklaim, kalau segala sesuatu yang sudah terjadi, sudah berstatus sebagai masa lalu. Hari demi hari akan berjalan. Nama, wajah, tempat, peristiwa, atau pengalaman baru akan mengisi waktumu.

Kamu akan mulai merasakan kenyamanan lama yang sempat hilang. Kalau dulu kamu masih marah, masih sedih, masih terpuruk, belum memaafkan, belum melupakan, dan terjebak dalam kegetiran, waktu akan membantu menyamarkan semua itu. Hidupmu akan kembali normal. Semuanya sudah jadi nostalgia.

Baca Juga: 10 Hal Sederhana yang Perlu Diingat Ketika Jatuh Terpuruk Dalam Hidup

Tak perlu memikirkan ‘jalan pintas’ untuk mengobati luka hati. Jangan pernah memercayakannya pada minuman keras, melampiaskannya pada orang lain, apalagi sampai menyakiti dirimu sendiri. Semua itu justru akan menambah daftar panjang kesulitanmu. Bukan hanya kamu, orang-orang yang menyayangimu jadi ikut menderita. Kamu enggak mau itu, ‘kan?

Masa lalu sudah rapi dalam lacinya. Kalau dibongkar, nanti bisa berantakan. Silakan kamu lihat dan ingat, tapi jangan sampai mengobrak-abriknya kembali.

Semakin berjalannya waktu, yang disertai dengan kesabaranmu, maka rasa sakit atau nyeri itu akan semakin menipis. Perlahan namun pasti, hatimu terus berjuang dalam proses pemulihan. Biarkan dia sembuh total secara alami.

Semua duka, air mata, dan kegalauan memiliki durasinya sendiri. Kadang-kadang semua itu justru mendekatkanmu pada dirimu sendiri. Atau, pada Dzat yang sebenarnya sangat dekat. Kamu Tidak Bisa Mempercepat Proses Pemulihan Hati, ‘kan? #RD

4 thoughts on “Kamu Tidak Bisa Mempercepat Proses Pemulihan Hati, ‘kan?

  1. Sakit hati, marah, sedih, kecewa dll merupakan bagian kecil dari siklus kehidupan dunia, semua ada masanya jalani dan nikmati saja ! Diri ini bukan milik kita, hati ini bukan milik kita, kehidupan ini bukan tentang kita hanya Dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.